Tips Agar Anak Berhenti Membangkang
Buah Hati, Sudut Pandang

Banyak orang tua yang mengeluhkan kelakuan anaknya yang pembangkang. Terutama pada anak-anak berusia remaja. Mereka mengakui bahwa dulu saat kecil, anak mereka tak sebandel ini. Tapi ketika berusia remaja, mereka menjadi begitu keras kepala. Apa yang sebenarnya terjadi.

Sebelumnya lihat dulu hal-hal yang anda anggap sebuah pembangkangan anak anda. Apakah pembangkangan tersebut bernilai positif ataukah negatif. Apabila pembangkangan itu bernilai positif, anda cukup mendukung pembangkangan tersebut agar itu tidak lagi berlabel sebuah pembangkangan. Jika negatif, maka perlu kiranya anda mengarahkan dia kejalan yang lebih positif.

Lalu, apa itu pembangkangan positif dan pembangkangan negatif ?

Pembangkangan positif adalah perlawanan terhadap suatu hal yang jika itu dilawan tidak akan membuat sipembangkang mendapat citra buruk dari Tuhan, Manusia, dan Alam. Contoh pembangkangan ini adalah seorang anak yang selalu mendalami musik dan memilih jenjang pendidikan dibidang seni. Padahal orang tuanya tidak mengizinkan dia bermain musik serta menginginkan dia menjadi seorang dokter. Dalam hal ini pasti si orang tua menganggap sang anak melakukan pembangkangan. Padahal mendalami musik dan pendidikan seni bukanlah sesuatu yang memalukan ataupun buruk dimata Tuhan, manusia, dan alam semesta.

Pembangkangan negatif adalah perlawan kepada suatu hal yang menyebabkan sipembangkang mendapat citra buruk dari Tuhan, manusia, maupun alam. Contohnya pemakaian narkoba. Menurut survei yang dilakukan kepada beberapa remaja pengguna narkoba, 70 persen dari mereka mengkonsumsi narkoba karena orang tua mereka tidak setuju jika mereka melakukan sesuatu hal yang padahal hal tersebut bukanlah hal yang memalukan.

Sebelum lanjut kebagian selanjutnya, jawablah pertanyaan berikut.

1. Untuk apa berbagai peraturan yang anda buat bagi anak anda? Untuk kebahagiaan anda atau kebahagiaan anak anda?

2. Apakah kebahagian anak anda akan menjadi kebahagiaan anda?

3. Apakah kebahagiaan anda menjadi kebahagiaan bagi anak anda?

4. Siapakah yang menjalani hidup anak anda? Anda atau anak anda?

5. Bagaimana perasaan anda jika dalam hidup anda terlalu banyak yang ikut campur?

Seorang remaja bukanlah seorang anak kecil lagi. Dia sedang beranjak dewasa maka perlakukanlah dia bak orang dewasa. Dengarkan pendapat-pendapatnya. Hargai prinsip-prinsipnya.

Jangan menganggap bahwa orang tua selalu benar dan sang anak tak pernah tahu apa-apa. Sesungguhnya inilah yang mendorong anak untuk melakukan pembangkangan.

Tanyakan lewat perantara apa yang anak anda inginkan. Hargai prinsip-prinsip hidupnya. Dengarkan pendapat-pendapatnya. Cobalah berfikir seperti apa yang anak anda pikirkan. Ubahlah pembangkangan negatif anak anda menjadi bernilai positif. Jadikan pembangkangan positif anak anda sebagai sesuatu hal yang anda dukung.

Caranya . . ?
Anda adalah orang dewasa maka berfikirlah layaknya orang dewasa lalu tentukan caranya dengan cara orang dewasa.
Ingatlah, cara orang dewasa berbeda dan tak sama dengan cara orang emosi.
Jadi putuskan dengan hati dan pikiran orang dewasa, bukan dengan emosi.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Tips Agar Anak Berhenti Membangkang - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892