10 Merk Terbaik Hardisk Eksternal dan Cara Memilihnya
Gadget

Ketika memilih komputer, kapasitas memori sering kali menjadi pertimbangan penting bagi para pembeli. Ya, hal ini dikarenakan kapasitas memori yang tersedia pada sebuah perangkat tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Oleh sebab itu, mau tidak mau pengguna harus menggunakan hardisk eksternal yang memiliki kapasitas lebih besar. Namun dari sekian banyak hardisk ekternal, mungkin Anda bingung manakah yang terbaik dan paling tahan lama.

Nah untuk Anda yang sedang mencari hardisk eksternal untuk menyimpan file-file penting Anda, berikut ini adalah beberapa daftar merk hardisk eksternal terbaik di dunia.

  1. Hitachi

Bagi Anda yang sudah akrab dengan merk-merk komponen komputer, mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Hitachi. Ya, produsen hardisk eksternal yang memiliki nama lengkap Hitachi Global Storage Technologies ini merupakan produsen hardisk terbaik di dunia.

Dimana padatahun 2012 lalu, Western Digital mengakuisi Hitachi Global Stoage Technologies senilai 3.9 milyar dolar lengkap dengan 25 juta saham Western Digital.

Untuk saat ini, Hitachi sendiri masih terus memproduksi hardisk eksternal dengan nama Touro.

  1. Western Digital

Selai Hitachi, Wester Digital Company juga merupakan produsen raksasa dunia yang telah berhasil memimpin pasaran stoage. Sebagai salah satu produsen terbesar di dunia, tentu kualitas hardisk eksternal yang ditawarkan Western Digital sudah tak perlu Anda tanyakan lagi.

Berbagai varian hardisk tersedia dengan kinerja yang begitu gahar. Kapasitas yang ditawarkan pun cukup besar dengan daya ketahanan yang begitu bagus. Dengan kelebihan ini bahkan Anda bisa mendapatkan harga yang bisa dibilang sangat ekonomis dan sesuai standar.

  1. Toshiba

Toshiba merupakan salah satu provider atau perusahaan pembuat barang elektronik terbesar di dunia. Berbagai produk dengan merk Toshiba sudah bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasaran, mulai dari perabot rumah tangga, smartphone hingga semikonduktor.

Perusahaan ternama dari Jepang ini adalah perusahaan dengan pendapatan terbesar ke empat dari produksi semikonduktornya. Dan pada tahun 2009, Toshiba telah mengakuisi bsnis HDD dari Fujitsu.

  1. Seagate

Di pasaran Indonesia, Seagate merupakan salah satu produk hardisk eksternal terlaris. Dimana produk asal Amerika ini tidak hanya menawarkan kinerja yang tinggi akan tetapi juga kapasitas memori yang besar dan daya tahan yang begitu baik.

Untuk harganya pun produk Seagate dibandrol dengan harga yang cukup bersahabat. Ya, perusahaan yang telah bekerja sama dengan Western Digital ini bahkan berhasil memimpin pasaran storage di dunia.

  1. Adata

Pada tahun 2007, Adata berhasil menjadi salah satu produser DRAM terbesar ketiga di dunia, yaitu dengan pencapaian pangsa pasar 7,6% serta merupakan salah satu produsen flash drive terbesar di dunia ke empat.

Dengan prestasi yang telah dicapainya tersebut, lantas tak membuat perusahaan asal Taiwan ini puas. Akan tetapi justru menjadi cambuk agar selalu menghasilkan produk berkualitas terbaik, termasuk untuk hardisk eksternal.

  1. Buffalo Inc

Berawal sebagai perusahaan produsen peralatan audio, saat ini Buffalo Inc telah berhasil menjadi raja di pasaran hardisk eksternal dunia. Perusahaan asal Jepang ini bahkan telah mendapat rekor sebagai salah satu perusahaan hardisk terlaris.

Kelarisan ini tentu saja karena produk yang dihasilkan oleh Buffalo Inc merupakan yang terbaik, dengan ketahanan guncangan yang begitu bagus Buffalo mampu bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.
untuk kapasitas memorinya sendiri cukup besar dan beragam, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  1. LG

Sebelum mengenal hardisk eksternal dari LG mungkin Anda sudah lebih dulu familiar dengan produk smartphone dan perabot rumah tangganya. Namun meski LG belum lama meluncurkan produk hardisknya, kualitas yang diberikan sudah terjamin.

Dengan kapasitas yang begitu besar, dan daya tahan yang cukup baik nampaknya LG mampu Anda gunakan dalam jangka waktu bertahun-tahun. Tak hanya itu, Hardisk dari LG juga dikenal begitu kreatif, inovatif dan baru, seperti produk andalannya XD-7.

  1. Sony

Perusahaan yang juga telah sukses dengan berbagai produk elektronik non semikonduktor ini pun berhasil merilis hardisk eksternal terbaik. Dimana hardisk dari Sony tak hanya menawarkan kapasitas yang tinggi namun juga kinerja yang tinggi dan tahan lama.

Untuk masalah harga Sony pun membandrol setiap produknya sesuai dengan kualitas yang diberikan. Atau bisa dibilang sekalipun cukup mahal namun akan sesuai dengan kualitasnya yang terbaik.

  1. Apple

Bagi Anda pecinta smartphone, mungkin iPhone adalah produk andalan Anda. Dengan keunggulan diberbagai sekmen, tak heran jika iPhone mencapai jumlah penjualan yang begitu menakjubkan.

Produk yang merupakan produksi Apple ini telah membuktikan betapa bagusnya kualitas yang diberikan Apple untuk setiap produknya, termasuk hardisk eksternal. Ya, beberapa tahun lalu Apple pun ikut serta dalam persaingan  produk storage dan berkat kualitasnya yang begitu bagus Apple berhasil menguasai pasaran.

  1. Transcend

Nama perusahaan produsen hardisk eksternal terbaik di dunia berikutnya adalah Transcend. Perusahaan asal Taiwan ini telah berdiri sejak bertahun-tahun lalu dan sudah cukup berpengalaman dalam sekmen storage.

Hal ini dibuktikan dengan rekor yang telah dicapai Transcend yaitu sebagai perusahaan produsen flash drive terbesar ketiga di dunia. Peringkat ini bahkan dicapai Transcend dalam waktu yang bisa dibilang singkat sejak didirikannya perusahaan ini.

Itulah 10 merk hardisk eksternal terbaik di dunia yang saat ini bisa dengan mudahnya Anda dapatkan.

Nah jika Anda masih bingung untuk menentukan manakah merk favorit Anda, perhatikan dahulu beberapa tips untuk memilih hardisk eksternal berikut ini.

  • Pilih hardisk eksternal yang memiliki kapasitas memori besar. Namun jika kemungkinan Anda membutuhkan hardisk dengan kapasitas kecil, maka sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.
  • Lihat bagaimana daya kerjanya. Apakah hardisk eksternal tersebut mampu tahan terhadap goncangan yang tinggi atau tidak.
  • Bagaimana keawetannya. Ya, salah satu masalah yang sering kali dialami oleh para pengguna hardisk eksternal adalah keawetannya yang cukup rentan. Dimana hanya dalam jangka waktu yang singkat saja hardisk tersebut sudah rusak dan tidak dapat digunakan untuk media penyimpanan lagi.
  • Desain, meskipun bukan faktor utama untuk dipertimbangkan namun apabila hardisk eksternal memiliki desain yang simple dan minimalis nampaknya akan jauh lebih menarik.
  • Harga, untuk mempertimbangkan harga sendiri sebaiknya jangan pilih harga terrendah akan tetapi yang paling sesuai dengan kualitas yang diberikan. Sebab saat ini harga rendah bisa saja menggambarkan produk yang kurang berkualitas.

Ya, selain mempertimbangkan merk hardisk eksternalnya, Anda juga bisa menjadikan beberapa hal tersebut sebagai pertimbangan sebelum memilih hardisk yang tepat. Sebab pada dasarnya semua merk memiliki keunggulan tersendiri.

Hanya saja, untuk membuatnya lebih tahan lama maka harus dilakukan perawatan yang sesuai. Seperti tidak digunakan dengan maksimal (memori tidak digunakan sampai habis) dan tidak dituntut untuk bekerja dalam guncangan tinggi.

Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda untuk menentukan hardisk eksternal terbaik dan tahan lama, namun pastikan dalam penggunaannya harus hati-hati supaya awetnya bisa lebih lama.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - 10 Merk Terbaik Hardisk Eksternal dan Cara Memilihnya - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892