Trik Sederhana Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Menawan
Otomotif

Membeli sebuah mobil bukan hal sulit untuk sebagian orang, terutama kaum menengah atas. Harga mobil yang beragam membuat pilihan pun semakin bervariasi, mulai dari harga termurah sampai harga selangit. Banderol harga tersebut sebenarnya tak semahal biaya perawatan bulanan yang harus dikeluarkan.

Bila ditimbang-timbang, biaya perawatan eksterior dan interior mobil jauh lebih tinggi dari harga belinya. Coba saja Anda perhitungkan berapa banyak uang yang Anda keluarkan selama mengendarai mobil yang dimiliki?

Jika Anda bandingkan dengan harga beli mobil itu di awal, mungkin Anda akan mendapat jawabannya.

Biaya perawatan mobil sebenarnya tergantung pada ketelatenan Anda membersihkan mobil secara berkala. Terutama bagian eksterior mobil yang kerap terlihat kusam dan berdebu. Tak sulit sebenarnya untuk membuat tampilan mobil tetap kinclong dan bersih, yaitu dengan cara berikut:

  • Hindari sinar matahari

Cat bodi mobil gampang terkelupas dan kusam akibat paparan sinar matahari terlalu lama. Sinar UV yang sangat tajam mampu mengikis warna asli cat secara perlahan.

Sebagai solusinya, hindari paparan langsung sinar matahari pada bodi mobil Anda. Contohnya dengan tidak memarkir mobil di ruang terbuka dan pilihlah tempat yang lebih teduh. Bila sulit menemukan tempat teduh, manfaatkan sarung atau penutup mobil yang sudah mudah didapat di pasaran.

  • Gunakan sabun cuci mobil

Kebiasaan terburuk saat mencuci mobil adalah menggunakan sabun colek atau deterjen untuk membersihkan debu dan kotoran. Padahal kedua sabun cuci tersebut tidak dianjurkan digunakan pada bodi mobil. Kadar zat kimia aktif pada keduanya tidak sesuai dengan standar cat bodi mobil, sehingga rentan merusak warna asli cat.

Penggunaan sabun colek dan deterjen pun bisa membuat tekstur cat jauh lebih kasar dan tak sama rata. Solusi paling tepat adalah mengganti sabun colek maupun deterjen dengan shampo mobil.

  • Pakailah kanebo

Mengelap bodi mobil pun tak boleh sembarangan, Anda harus memperhatikan penggunaan kainnya. Sebaiknya pilih kain bertekstur lembut dan halus, seperti kanebo yang mampu menyerap air pula. Kanebo didesain untuk membersihkan bagian terluar mobil tanpa merusak tekstur dan warna asli cat bodi.

Kebanyakan lap kain memiliki tekstur yang jauh lebih kasar dan tak begitu efektif mengangkat sisa kotoran. Malah sebaliknya, sisa noda pada kain lap menempel pada bodi mobil dan terlihat tak begitu bersih.

  • Cuci mobil secara rutin

Sekali dalam seminggu pastikan Anda mencuci mobil dengan benar. Intensitas ini akan meningkat tatkala musim penghujan datang. Saat mobil kehujanan, sebaiknya segera siram dengan air bersih kembali. Hal ini dikarenakan kadar asam pada air hujan yang cukup tinggi dapat memicu pengikisan pada lapisan cat mobil Anda tanpa disadari.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Trik Sederhana Menjaga Cat Mobil Agar Tetap Menawan - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892