Fenomena SEO
Pemasaran Digital, Sudut Pandang

“””Aku paham betapa senangnya berburu backlink. Tapi aku juga tidak menginginkan blog ini di anggap spam””

Berburu backlink, memperbaiki Alexa Rank dan Page Rank sudah terjadi sejak blog ini terbentuk. Tapi karena ketidaktahuan dan kepedulian admin blog, kegiatan-kegiatan tersebut diatas tidak kami lakuken. Maklum dulu kami sama sekali tentang SEO serta kegunaannya.

Pada pertengahan Maret 2011, ketilka itu saya sedang aktif di forum adsense id . ketika itu saya sedang berdiskusi tentang script-script dengan kawan-kawan. Didalam sana saya tak sengaja menemukan berbagai hal dalam ngeblog. Dan yang paling menarik perhatian saya adalah tentang SEO. Pada saat itu didalam pikiran saya bukanlah bagaimana memperbaiki kualitas SEO blog ini. Melainkan untuk memperbaiki traffic. Dengan traffic tinggi maka persentase tulisan-tulisan saya akan terbaca meningkat. Apa gunanya punya blog tapi tidak ada yang ngebaca. Untuk itu saya mengusahakan perbaikan-perbaikan tentang SEO di blog ini terutama memperbaiki posisi di Alexa Rank dan Page Rank.

Adapun hal-hal ang sudah saya lakukan antara lain ;
1. Mengikuti saran kawan-kawan blogger, terutama yang aktif di forum adsense id
2. Mulai berburu backlink, tapi tidak membabi buta seperti kebanyakan blogger lain
3. Mulai mendaftarkan blog ke berbagai web direktori
4. Memaksimalkan tools yang mendukung kelangsungan sebuah blog
5. Mengubah blog ini menjadi DOFOLLOW
Setelah 2 minggu berlangsung melakukan kegiatan-kegiatan tersebut diatas, ternyata benar traffic blog ini menaik signifikan. Tapi disayangkan, hampir semua kawan-kawan yang berkomentar di blog ini nge-spam dan terpaksa saya harus menghapus satu persatu. Saya mengharapkan kawan-kawan memperhatikan kaidah-kaidah dalam berkomentar.

Kaidah-kaidah berkomentar di blog agar tidak dianggap spam antara lain;
a. Membaca entri dengan seksama sebelum berkomentar
b. Menggunakan kata-kata sopan
c. Berkomentar sesuai topik
d. Memberikan komentar yang berbobot, bukan hanya menuliskan “sangat bermanfaat”
e. Jangan tinggalkan link di dalam isi komenntar karena ini merugikan kedua belah pihak. Melainkan gunakan kolom “Beri Komentar Sebagai” dan pilih “Nama/URL”

Tapi bagaimanapun yang penting dari sebuah blog bukanlah posisinya dalam pagerank atau alexa rank. Menghadirkan postingan yang bermanfaat bagi kita semua jauh lebih penting dari segalanya.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Fenomena SEO - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892