Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Bagian yang Kerap Terjadi Kerusakan Berikut Ini!
Otomotif

Mobil menjadi salah satu kebutuhan tersendiri untuk sebagian orang. Dengan menggunakan mobil maka Anda bisa menggunakannya untuk mengangkut banyak barang atau penumpang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, karena harga mobil baru yang mahal, tidak heran jika banyak yang akhirnya memilih untuk membeli mobil lama atau mobil bekas baik di dealer langsung ataupun di toko online terpercaya yang khusus untuk menjual kendaraan bermotor termasuk mobil.

Namun, sebelum Anda membeli mobil second, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk bagian berikut ini yang rawan rusak.

Pertama adalah bagian kaki mobil. Di bagian ini merupakan komponen yang menghubungkan antara roda dengan sasis dan bagian yang lainnya. kaki roda menjadi salah satu bagian yang vital karena jika bermasalah bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat sedang mengendarai kendaraan bahkan bisa menyebabkan kecelakaan. Di bagian sistem kaki mobil yang kerap bermasalah adalah di bagian ball joint, rack end dan tie rod.

Masalah pada kaki roda yang bisanya terjadi yaitu:

  • Ball jint: suara menganggu seperti gludak-gludek ketika digunakan untuk melintasi jalanan yang tidak rata. Bisa juga dilihat saat mobil didongkrak dan ketika digerakkan menyerong terdengar suara gluda-gluduk berarti bagian tersebut sedang bermasalah.
  • Tie rod yang jika bermasalah akan berpengaruh pada kinerja stir dan keseimbangan mobil. Anda bisa mendeteksi ada masalah atau tidaknya di bagian ini lewat suara kletek-kletek saat sedang berbelok.
  • Rack end untuk pengatur lurusnya ban atau roda saat sedang melaju. Jika bagian ini bermasalah akan mempengaruhi keseimbangan dari kendaraan Anda. Cara mengetahui bagian yang rusak jika saat mobil melaju lurus, terdengar suara kletek-kletek.

Kedua adalah bagian karburator. Saat mengecek mobil bekas yang akan Anda beli, cek bagian karburatornya terutama di bagian katupnya. Cek apakah katup karburator terlalu tinggi atau tidak karena jika terlalu tinggi bisa menyebabkan banjir.

Ketiga adalah distributor. Bagian ini merupakan komponen yang fungsinya untuk menyuplai tenaga hasil pengapian ke komponen penggerak mesin. Jika bagian ini rusak maka bisa menyebabkan gangguan pada kerja mesin.

Keempat adalah koil. Bagian ini fungsinya adalah untuk memberikan tenaga listrik ke busi. Jika komponen pada mobil ini rusak maka bisa membuat proses pengapian menjadi tidak bisa berjalan. Ciri dari koil yang sudah mulai melemah adalah percikan apinya yang sudah berwarna merah. Jika bagian ini bermasalah akan menyebabkan mobil mati secara mendadak ketika mesin sudah panas atau saat mobil sudah berjalan agak jauh. Cara pengecekannya, jika mobil Anda tidak memiliki distributor maka Anda bisa mendeteksinya dari mesin yang tiba-tiba bergetar.

Kelima adalah busi. Pada bagian ini berfungsi untuk pembakar bensin yang sudah dikompresi oleh piston. Sehingga jika bagian ini rusak atau bermasalah bisa menyebabkan mobil tidak bisa berjalan dengan baik. Cara untuk mengecek apakah busa tersebut bermasalah adalah dengan melihat bentuk dari kepala busi tersebut apakah sudah merenggang atau masih dalam kondisi yang bagus.

Keenam adalah sistem injeksi. Cek bagian dari sistem injeksi mobil bekas yang akan Anda beli dengan pengecekan berikut ini:

  • Nyalakan kendaraan roda empat tersebut dan posisikan gigi di posisi netral.
  • Injak pedal gas secara penuh dengan kondisi tertahan seperti saat Anda hendak memulai balapan.
  • Jika mesin bergetar kasar, maka kemungkinannya terdapat kotoran di bagian sistem injeksi sehingga tersumbat.
sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Bagian yang Kerap Terjadi Kerusakan Berikut Ini! - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892