Seni Menikmati Masalah
Sudut Pandang, Tetap Bugar

“Anggap saja masalah itu sebagai lumpia apalagi ditambah sebuah cabai, walaupun sampai menitikkan air mata etap saja kita bisa menikmatinya”

Secara tidak sengaja aku menemukan kata-kata itu keluar begitu saja dari mulutku ketika ku sedang bercanda dengan kedua orang temanku. Walau dengan kalimat bercanda, tetap saja kalimat itu mempunyai makna yang sangat luar biasa. Mungkin prinsip inilah yang membuatku merasa sangat pede dalam menjalani hidup, tidak berlarut pada kesedihan, dan tidak menyerah pada keadaan. Setiap aku menghadapi masalah, aku tidak pernah mengeluh dan berputus asa. Biasanya aku akan menuliskan ngomel di facebook, blog, atau sebuah buku. Dan setelah itu aku pun siap menjalani hidup lagi. percuma kita melampiaskan kemarahan kita pada orang lain, karena itu akan menimbulkan masalah baru. Mungkin ni juga yang mendorongku untuk mempunyai blog serta fb. Kembali ke pokok bahasan, menikmati masalah bukan berarti kita membiarkan masalah berlarut-larut atau berharap kita akan mendapat keajaiban. Tetapi kita juga harus berusaha untuk menyelesaikannya. Bukankah ketika kita menikmati lumpia,akhirnya kita harus menelannya tidak mungkinkan kita hanya menahannya didalam mulut? Begitulah kira-kira perumpamaannya.
Pertanyaannya mengapa kubilang seni menikmati masalah? Dalam dunia seni ada 3 kemampuan yang wajib hukumnya, yakni; kreativitas, pemahaman dan pemikiran terbalik, dan full kesabaran.
Lalu hubungannya dengan menikmati masalah ?

  1. Kreativitas. dengan berfikir kreatif, semua hal pasti akan menjadi luar biasa. Begitu pula masalah, semakin kita kreatif maka semakin terasa luar biasa menarik masalah tersebut.
  2. Pemahaman dan pemikiran terbalik. Apabila kita memiliki kemampuan ini tantunya kita akan dapat melihat hal-hal yang sangat hebat walaupun bagi sebagian orang itu biasa saja. Apabila kita dapat menganggap suatu masalah bukan seperti masalah seperti anggapan kebanyakan orang, maka bersiap-siaplah untuk merasakan nikmatnya sebuah masalah.
  3. Full kesabaran. Apapun masalah yang kita hadapi, kalau kita mengarunginya dengan kesabaran dapat dipastikan masalah tersebut akan terselesaikan dengan cara yang nyaris sempurna.

Bagaimana cara mengaktifkan ketiga kemampuan tersebut? Caranya ya dengan berlatih untuk menghadapi berbagai situasi, lalu berusahalah untuk menimbulkan ketiga kemampuan tersebut. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk merangsang kemampuan-kemampuan tersebut antara lain;

  1. Bertemanlah dengan orang yang memiliki banyak masalah, pelajari masalahnya dan pelajari bagaimana cara dia menghadapi masalah tersebut. Bayangkan jika anda berada pada posisi teman anda, pikirkan apa yang akan anda perbuat terhadap masalah tersebut. Bukankah pengalaman adalah guru yang sangat berharga? dan salahkah kita menjadikan pengalaman orang lain sebagai guru kita?
  2. Jangan sering mengeluh terhadap berbagai masalah. Jika kita tidak bisa menahannya utarakan saja dalam bentuk tulisan, boleh disimpan atau di publikasikan. Tetapi jangan sampai kita mengungkapkan keluhan kita dengan berbicara langsung karena biasanya mulut orang yang sedang kesal tidak bisa di kontrol
  3. Kalau terpaksa mengungkapkan masalah dengan ngomong langsung, maka bicarakanlah dengan orang yang kita percaya dan betul-betul memahami inti permasalahan kita.
  4. Berfikirlah positif, dengan berfikir positif maka masalah apapun yang dihadapi akan berbuah positif, begitu juga sebaliknya
  5. Berserah diri kepada tuhan. Bagaimanapun keadaan kita, percayalah tuhan melihat kita dan tidak akan menimpakan masalah yang tidak bisa kita hadapi. Percayalah
  6. Bersungguh-sungguh dalam menghadapi masalah

Ingat kata mutiara ini !!!

  • Semakin tinggi pohon maka semakin deras pula angin yang menerpanya
  • Ada rahasia dibalik rahasia
  • Masalah itu Bagaikan Lumpia

Note: aku tidak bermaksud menggurui, tetapi hanya mengingatkan. Jadi aku berharap semoga kalian terus mengingatkanku.
Mohon doanya semoga aku berhasil menghadapi berbagai masalah yang menimpa
GOOD LUCK…;-)

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Seni Menikmati Masalah | arief16 | 4.5