Migrasi Teropongku, Dari Blogspot ke WordPress Self Hosting
Sudut Pandang

Migrasi Teropongku, Dari Blogspot ke WordPress Self Hosting – oleh +Arief Putera

Mungkin jika anda memang pembaca setia teropongku, anda mungkin akan bertanya-tanya kenapa tampilan teropongku berubah total. Bahkan bukan hanya dari segi tampilannya teropongku berubah, melainkan juga dari mesin (engine) yang digunakan.

Jika sebelumnya teropongku menggunakan blog gratisan dari blogspot yang di custom domain dengan domain berbayar, sekarang kami sudah berpindah menjadi menggunakan hosting berbayar.

Sebuah keterpaksaan sebenarnya bahwa kami berpindah ke tempat penyedia web hosting. Entah mengapa, teropongku ini sering tidak bisa dibuka. Mungkin karena bermasalah dengan domainnya atau apa, yang jelas saya nggak tau. Saya nggak tau sejak kapan blog teropongku mati, yang jelas ketika itu saya teringat kembali dengan blog personal ini setelah mengerjakan proyek-proyek blog lainnya. Maklum karena sekarang saya menjadi blogger matre.

Setelah sudah mulai lelah dengan blog-blog lainnya, saya menyempatkan diri untuk merefres sejenak pikiran saya dan berkunjung ke teropongku. Sungguh shock hati saya ketika menemui bahwa teropongku tidak bisa dibuka lagi. Saya nggak tau kenapa, tapi yang jelas saya tidak pernah merasa melanggar kebijakan google, sang pemilik blogspot tersebut.

Sialnya, tak ada backup untuk teropongku. Dengan demikian, seluruh postingan yang pernah saya publish sebelumnya hampir ak bisa diselamatkan. Beruntung mesin pencarian google masih mencatat beberapa cache artikel blog ini, jadi setidaknya saya bisa mengcopy paste tulisan-tulisan tersebut secara manual. Namun tak semua tulisan saya masih tercatat di mesin penncarian, ada beberapa yang memang sudah hilang atau halaman tidak ditemukan. Selain itu, seluruh komentar kawan-kawan yang pernah masuk ke blog ini juga tak bisa diselamatkan. Ini juga mungkin akan berdampak pada visitor yang berkunjung ke teropongku. Ya woles ae lah.

Setelah sebelumnya saya selalu memuja-muja blogspot yang saya anggap sebagai anak emasnya google, saya seakan merubah mainstream secara ektreme sejak saat itu.

Yang jelas, sekarang saya sudah sepenuhnya berpindah ke WP Self hosting. Tidak gratis memang, tapi merasa lega karena merasa tenang tak terzhalimi google via blogspotnya. Ini sudah kesekian kalinya Google menzhalimi saya.

Terima Kasih, emmmmuach . . . .

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Migrasi Teropongku, Dari Blogspot ke WordPress Self Hosting - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892