Kampanye Cerdas Lewat Internet dan Sosial Media
Pemasaran Digital

Kampanye Cerdas Lewat Internet dan Sosial Media
Oleh +Arief Putera


Teropongku – Disadari atau tidak, penggunaan internet di Indonesia dari hari kehari semakin meningkat. Hal ini juga sedikit merubah gaya hidup masyarakat yang secara sedikit demi sedikit mulai menggunakan Internet sebagai tempat berinteraksi.

Komunikasi politik lewat internet di Indonesia pun semakin menggeliat. Sedikit terinspirasi oleh Barrack Obama yang mengandalkan Twitter dalam berkampanye, para calon wakil rakyat dan calon kepala daerah semakin melirik internet sebagai alternatif berkampane seain cara-cara yang sudah biasa dilakukan.

Sudah banyak sekarang ini para pejuang yang akan berlomba di pemilu tahun depan yang mulai menggunakan internet dan media sosial. Dari calon legislatif tingkat kabupaten / kota hingga tingkat nasional, berlomba-lomba menciptakan pencitraan lewat dunia maya tersebut. Masing-masing setidaknya sudah memiliki sebuah akun facebook atau twitter. Ada juga yang mempekerjakan staf khusus untuk membuat dan mengelola sebuah website tentang profil dirinya, kemudian mempromosikannya dengan cara yang intens. Suatu hal yang tidak masalah, mengingat cara-cara ini terkesan smart dan tidak membuat kumuh tempat-tempat umum.


Keunggulan Berkampanye Lewat Internet dan Social Media

Menurut saya, setidaknya ada empat keunggulan dan keuntungan jika anda berani berkampanye lewat internet. Antara lain:

  1. Terkesan lebih profesional, orang yang belum melek internet pun akan terkagum-kagum jika calonnya memiliki situs web pribadi
  2. Dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat yang memang sdah mahir menggunakan internet.
  3. Tidak membuat jalanan kumuh dengan memasang spanduk atau poster dipinggir jalan
  4. Jika dibandingkan dengan memasang baliho, biaya berkampanye di Internet sangat jauh lebih murah


Bagaimana Caranya Berkampanye lewat Internet

Untuk berkampanye lewat internet, setidaknya calon wakil rakyat harus mempunyai sebuah akun media sosial seperti Facebook atau twitter. Selain itu, mempunyai sebuah website pribadi yang menerangkan visi dan misi serta pencitraan juga sangat dianjurkan. Hal ini sangat berguna untuk menaikkan popularitas, baik itu untuk yang sudah melek internet maupun belum. Untuk yang melek internet, dia bisa langsung berinteraksi dengan anda sedangkan bagi yang belum maka situs web bisa menjadi nilai lebih karena dianggap lebih professional.

Jika sudah mempunyai akun, tentunya akun facebook, twitter maupun website harus dipromosikan. Untuk mempromosikannya, anda bisa saja berkonsultasi dengan orang-orang yang sudah berpengalaman dalam dunia Internet Marketing. Selain itu, meletakkan alamat website dan facebook serta twitter anda di Baliho, spanduk, poster, dan media cetak lainnya juga cukup efektif untuk mempromosikan situs anda.


Saya Bisa Membantu Anda

Namun kadang, jasa pembuatan website itu sangat mahal untuk website yang hanya dipersiapkan selama satu tahun. Adalah sekitar 800 ribu sampai Satu juta rupiah lebih biayanya. Hal yang sangat riskan bagi anda yang memang menginginkan keefektifan promosi dengan biaya yang murah.

Dan sekarang, saya bisa membantu anda untuk mempromosikan profil diri anda melalui internet. Saya sendiri sudah sejak 2009 menggeluti dunia internet marketing. Karena jasa saya ini bersifat personal, maka biaya yang akan anda keluarkan bisa dibilang sangat murah bila dibandingkan dari jasa lain. Untuk membuat website proffesional misalnya, bisa saja saya bikinkan dengan harga 200 ribu rupiah, tergantung kesulitan dan konten apa saja yang akan dibuat didalamnya.

Untuk konsultasi masalah jejaring social dan promosi juga bisa dilakukan dengan saya. Semuanya bersifat kekeluargaan dan saling menghargai. Jadi saya tdak akan meminta macam-macam.

Bagi anda yang memang membutuhkan bantuan dari saya, bisa menghubungi
HP: 089 897 54 275
atau lewat email ke ariefputera@gmail.com

Saya sendiri sekarang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Terima kasih atas kunjungannya, semoga artikel tentang Kampanye Cerdas Lewat Internet dan Sosial Media ini bermanfaat. Selamat beraktifitas dan lanjutkan karyamu.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Kampanye Cerdas Lewat Internet dan Sosial Media | arief16 | 4.5