Tipe – Tipe Penulis Pada Umumnya
Belajar Menulis

Tipe-Tipe Penulis Pada UmumnyaTeropongku | Bagi sebagian besar orang, menulis hanyalah sebuah hoby iseng semata yang dilakukan untuk mencari kesenangan dan mengisi waktu luang. Namun tahukah anda bahwa sebenarnya kegiatan menulis yang dilakukan oleh para penulis tidak hanya sebatas pada hoby dan iseng saja. Ada berbagai tipe-tipe penulis, biasanya dikategorikan berdasarkan dari tujuan yang hendak dicapai dari kegiatan menulis tersebut atau dikategorikan berdasarkan cara menulis dan jenis tulisannya. Apakah sekedar iseng, mencari keuntungan, atau mungkin karena menulis sudah dianggap menjadi suatu yang penting dalam hidup, atau alasan lainnya yang pada akhirnya menempatkan mereka pada kategori dan tipe-tipe dari penulis.

Berikut adalah beberapa tipe dari penulis :

1. Penulis idealis
Tulisan yang dibuat oleh mereka ini pastilah tulisan-tulisan yang bertujuan untuk memberikan semangat dan dukungan bagi para pembacanya, tema tulisan yang tulis juga biasanya berkisar antara tema sosial dan Hak Asasi Manusia (HAM). Uang bukan merupakan tujuan dari para penulis idealis, jadi biasanya tulisan yang mereka buat memang lebih banyak ditujukan untuk mengkritisi sesuatu hal yang di anggap salah dalam tatanan sosial bermasyarakat. Tulisan mereka lebih mementingkan isi yang dapat menggerakkan hati serta mengobarkan semangat dari pembacanya.

2. Penulis tanpa nama (ghost writer)
Penulis yang satu ini memiliki istilah yang mungkin terdengar seram dan berbeda dari tipe-tipe penulis lainnya. Ghost writer merupakan sebutan yang diberikan kepada mereka para penlulis yang menulis sebuah tulisan dengan tujuan adalah untuk dijual kembali oleh pihak lain, dan termasuk pula pada hak penulisannya. Mereka tidak mementingkan masalah ketenaran dari namanya di public, yang lebih diutamakan adalah kepuasan dari pelanggan yang membeli tulisannya. Untuk penulis jenis ini, uang adalah salah satu alasan mereka tetap menulis, walaupun nama mereka tak dikenal.

3. Penulis professional
Penulis professional adalah penulis yang memang memiliki jiwa menulis. Bukan karena uang, bukan juga karena ketenaran. Namun biasanya para penulis professional adalah para penulis terkenal yang juga dapat memperoleh banyak uang dari tulisannya. Dikarenakan tulisan dari penulis professional memang sudah terbukti sangat baik, dan banyak dicari para pembaca. Sehingga secara tidak langsung tulisannya memiliki harga yang sangat mahal.

Itulah beberapa tipe-tipe penulis yang dikategorikan dari tujuan menulisnya, termasuk pada kategori manakah anda, anda dapat menilainya sendiri. (ariefputera)

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Tipe – Tipe Penulis Pada Umumnya - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892