Rutinintas Untuk Perkembangan Anak
Buah Hati

Rutinintas Untuk Perkembangan Anak | Bayi yang baru lahir memang belum mengerti apa-apa, tetapi mereka sangat cepat beradaptasi.Adaptasi seorang bayi tentu saja bisa dilakukan dengan bantuan orang tuanya khususnya dari ibunya. Dalam adaptasi tersebut, bayi akan belajar sesuai dengan kebiasaan yang diberikan oleh orang tuanya. Kebiasaan yang diberikan akan sangat mempengaruhi perkembangan anak.

Berikut adalah kebiasaan atau rutinitas dalam kehidupan sehari-hari yang bisa mempengaruhi perkembangan bayi :

1.     Makan

Waktu dalam memberikan makan bayi bisa dijadikan rutinitas sehingga bayi bisa diajarkan untuk makan pada saat lapar di jam tertentu. Dalam memberikan ASI sesuai jam tersebut juga bisa membuat produksi ASI lebih banyak dan konsisten. Tetapi jam-jam tersebut bisa dilakukan secara fleksible sewaktu-waktu bayi merasa lapar.Rutinitas tersebut bukan seperti jadwal yang harus dipatuhi namun diusahakan teratur waktunya.

2.     Bermain

Merupakan salah satu sarana belajar bayi untuk mengembangkan otaknya.Mainan yang bisa merangsang bayi bisa mejadi sarana belajar, contohnya seperti memegang dengan tangannya, membacakan cerita, mendengarkan music atau mengajaknya menari dengan menggoyang-goyang tangannya.Bermain yang dilakukan secara rutin, kelak bisa membuat anak menjadi aktif dan waspada. Hal ini sangat baik bagi perkembangan anak tersebut.

3.     Mandi

Rutinintas ini bisa dilakukan pada pagi hari supaya badan bayi menjadi segar dan bersih sehingga tidurnya bisa lebih nyenyak. Biasanya bayi akan menangis pada saat dimandikan akan terkejut dikarenakan kontaknya dengan air.

4.     Tidur

Jagalah rutinitas tidur pada bayi karena tidur yang berkualitas bisa membuat bayi lebih optimal dalam pertumbuhannya. Usahakan jam tidur malam hari dilakukan di jam sama setiap hari supaya bayi tidak bergadang sampai larut malam. (ariefputera)

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Rutinintas Untuk Perkembangan Anak - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892