Cara Menyusun Target Menulis
Belajar Menulis

Cara Menyusun Target MenulisTeropongku | Menulis adalah aktivitas yang membutuhkan ketelitian dan keteraturan dalam mengerjakannya. Tentu kita tidak akan mau kalau apa yang sebenarnya hendak ditulis tidak sesuai dengan tema yang kita tentukan, ataupun tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan para pembaca dapatkan dari ide tulisan tersebut (Bisakah dimengerti ???). Bagi Anda yang menyukai aktivitas ini tentulah Anda sudah mengerti bahwa untuk melakukan hal tersebut bukanlah merupakan perkara yang mudah. Untuk mendapatkan hasil tulisan yang sesuai harapan kita harus mencoba untuk menentukan dan menyusun target menulis.

Berikut adalah beberapa cara dalam menyusun sebuah (atau lebih) target menulis, yakni:

1. Tentukan target menulis.
Sebelum mulai menyusun target menulis, Anda harus mempunyai target menulis terlebih dahulu. Kapan Anda akan menyelesaikan tulisan terebut, karena jika Anda belum mempunyai target maka untuk menyusunnya merupakan hal yang mustahil.

2. Jadwal untuk target.
Sesudah Anda menentukan target, buatlah jadwal untuk menentukan kapan Anda akan menulis dan seberapa banyak yang akan Anda tulis dalam waktu yang Anda inginkan. Ini akan membuatmu merasa terpacu dalam menulis dan Anda merasa tidak akan terbebani dengan hal-hal diluar aktivitas menulis.

3. Mengumpulkan materi.
Selain menentukan jadwal menulis, sebaiknya tentukan juga jadwal untuk mengumpulkan materi dan mencari aspirasi. Jadi Anda bisa membagi waktu Anda kapan untuk menulis, kapan untuk mencari materi atau aspirasi, dan kapan waktu Anda untuk beristirahat. Langkah ini merupakan hal yang paling penting dalam cara menyusun target menulis.

4. Ketahui kemampuan diri.
Dalam menyusun target menulis sebaiknya Anda memahami kemampuan Anda sendiri, dengan kata lain realistis. Janganlah memaksakan hal yang Anda kurang menguasainya dalam menyusun target agar hal tersebut tidak memperlambat pekerjaan Anda sebagai penulis.

5. Bersenang-senanglah.
Jika Anda suka dengan aktivitas menulis, maka jangan jadikan menulis sebagai sebuah tekanan ataupun penderitaan. Ingatlah kalau menulis itu merupakan hal yang menyenangkan bagi Anda.

Setelah Anda mengikuti 5 cara menyusun target menulis diatas maka Anda akan lebih terkonsentrasi dengan apa yang akan Anda tulis dan semoga hasil tulisan tersebut sesuai dengan apa yang Anda harapkan. (ariefputera)

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Cara Menyusun Target Menulis | arief16 | 4.5