Write and Fun, Cara Menulis Asyik dan Menyenangkan
Belajar Menulis

Write and Fun, Cara Menulis Asyik dan MenyenangkanTeropongku | Banyak orang berpendapat bahwa menulis itu merupakan suatu hal yang menyebalkan. Paradigma ini menyebabkan banyak orang untuk berpikir bahwa menulis itu adalah sesuatu yang sangat mebebani pikiran atau bisa membuat stres.

Proses menulis itu sendiri sebenarnya akan efektif apabila kita menganggapnya sebagai kegiatan yang menyenangkan. Agar hal ini tercapai, coba kita tanamkan moto “Write and fun, menulis asyik dan menyenangkan” dalam kegiatan menulis kita tersebut.

Bagi beberapa penulis, seperti Raditya Dika misalnya dia menulis demi kepuasannya sendiri, bahkan karyanya menjadi salah satu Best-Seller dalam beberapa tahun yang lalu.

Banyak juga penulis yang menulis memang untuk diterbitkan menjadi sebuah buku, namun tak sedikit dari mereka yang mengalami kegagalan. Meskipun demikian, meraka tidaklah patah semangat. Bahkan kegagalan tersebut memacu niat mereka untuk terus mengasah kemampuan dan melanjutkan hobi menulisnya. Ini tak lain karena mereka sudah terlalu cinta kepada aktivitas menulis tersebut.

Mengapa mereka bisa begitu cintanya terhadap kegiatan tersebut?

Jawabannya karena mereka menulis untuk bersenang-senang. Mereka menulis memang berniat untuk berbagi ide dan inspirasi, bukan karena sebuah ketenaran atau harta belaka. Kepuasan bathin lebih berharga disini daripada yang lainnya. Sehingga apapun kesulitan yang mereka dapatkan tidak akan menyurutkan semangat mereka sedikitpun.

Diluar dari paradigma yang telah terikat dalam pikiran orang, sebenanarnya proses menulis memiliki beberapa keuntungan bagi diri kita. Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut:

• Kita dapat mengabadikan momen perjalanan hidup kita dalam tulisan. Kita bisa mulai menulis dari hal-hal terkecil yang kita gemari, seperti game yang sedang kita mainkan, film yang sedang kita tonton, atau pengalaman yang menyenangkan bersama teman, keluarga, ataupun kekasih.

• Proses menulis memberikan kepuasan bagi penulisnya karena melalui tulisan mereka dapat berkomunikasi kepada orang lain. Penulis dapat mengekspresikan perasaan yang sedang mereka rasakan, pemikiran-pemikiran yang sedang mereka pikirkan, dan lain sebagainya. Terkadang bagi orang yang susah berkomunikasi, media tulisan dapat menjadi alternatif sebagai tempat mencurahkan isi pikiran.

• Tempat terbaik untuk mengasah kreativitas kita adalah melalui proses menulis. Berpikir kreatif berarti berani menciptakan sesuatu yang belum pernah ada dengan mengerahkan seluruh imajinasi kita. Proses menulis mendorong kita untuk berpikir kreatif dalam menciptakan suatu tulisan, sehingga kita bisa mengukur sampai dimana kemampuan imajinatif kita dalam memainkan kata.

Bagaimana sih caranya agar bisa menikmati proses menulis?
Bagaimana caranya agar Melulis itu menjadi menyenangkan?

Motto “Write and fun, menulis asyik dan menyenangkan” akan dapat tertanam jika kita sudah benar-benar mengetahui apa tujuan kita untuk menulis (baca: Cara Menentukan Tujuan Menulis). Jadikanlah menulis sebagai hobby, bukan beban. jadikan berbagai manfaat yang dijabarkan sebelumnya sebagai motifasi. Luruskan niat, bahwa kita menulis untuk berbagi, bukan yang lainnya. (ariefputera)

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Write and Fun, Cara Menulis Asyik dan Menyenangkan - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892