Cara Mengatasi Kehilangan Ide
Belajar Menulis

Cara Mengatasi Kehilangan IdeTeropongku | Sebagai seorang penulis tentunya banyak masalah yang sering Anda hadapi saat mencoba untuk menuangkan ide-ide fantastis Anda kedalam sebuah tulisan. Salah satu masalah yang sering penulis hadapi adalah kehilangan ide pada saat akan menulis, baik itu kata pertama ataupun di tengah-tengah pekerjaan Anda. Hal ini tentu sangat mengganggu Anda bukan?

Permasalahan ini sering dihadapi oleh seorang Mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir hingga penulis professional yang telah menerbitkan banyak buku Best-Seller. Untuk membantu Anda dalam permasalahan yang sangat menyebalkan ini kami akan mencoba memberikan contoh penyebab sekaligus cara mengatasi kehilangan ide yang mungkin dapat membantu Anda

1. Kurangnya niat.
Hal yang sangat mendasar dalam melakukan segala sesuatu adalah niat, jadi apabila Anda tidak mempunyai niat dalam menulis maka otomatis ide pun akan menjadi sangat susah untuk datang. Salah satu cara mengatasi kehilangan ide seperti ini bisa dengan menumbuhkan motivasi diri terlebih dahulu. Apakah Anda ingin menjadikan kegiatan menulis sebagai sumber penghasilan, kesenangan pribadi, atau yang lainnya. Dengan adanya motivasi dan niat yang kuat, tulisan Anda akan tumbuh mantap dengan sendirinya.

2. Kurangnya penguasaan materi.
Hal yang paling penting dalam menulis adalah banyaknya materi yang telah Anda kuasai. Hasil tulisan yang berkualitas dan berbobot itu semua tergantung dari bahan-bahan yang telah Anda dapatkan sebelumnya, baik itu dari membaca, pengalaman, melihat, dan sebgainya. Cara cepat untuk mengatasi masalah ini yaitu banyaklah membaca buku-buku atau artikel-artikel tentang tema yang akan Anda tulis sehingga Anda mendapatkan banyak referensi tentang tema tersebut.

3. Sedang badmood atau jenuh.
Setiap orang, entah itu seorang penulis maupun bukan pasti pernah merasakan badmood atau jenuh terhadap pekerjaan yang mereka kerjakan. Hal ini dapat diatasi dengan beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda, refreshing otak Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda senangi seperti menonton TV atau hangout dengan teman-teman. Istirahatkanlah sejenak pikiran Anda untuk mencari ide berikutnya.

Demikian beberapa cara mengatasi kehilangan ide yang telah saya uraikan diatas. Semoga hal tersebut dapat membantu Anda dalam mengatasi persoalan kekurangan ide yang Anda alami. (ariefputera)

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Cara Mengatasi Kehilangan Ide | arief16 | 4.5