Bakteri pada Tangan Si Kecil
Tentang Penyakit

Bakteri pada Tangan Si Kecilariefputera | Salah satu penyebab diare pada bayi dan balita adalah bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Mungkin agak sulit untuk membedakan apakah si kecil terkena diare atau tidak karena frekuensi buang air besar pada bayi memang sangat sering dan bentuknya pun lembek (terutama untuk bayi yang belum mendapat asupan makanan selain ASI).

Meski begitu, bentuk kotoran bayi bisa berubah tergantung pada apa yang ibu makan. Tidak masalah jika terkadang kotoran bayi terlihat lebih lembek daripada biasanya, hal itu sangatlah wajar. Namun, jika kotorannya lebih encer atau cair dan frekuensinya lebih sering, ada kemungkinan si kecil telah terkena diare.

Salmonella, shigella, staphylococcus, campylobacter, E. coli adalah beberapa jenis bakteri yang merupakan penyebab diare. Bakteri masuk ke dalam mulut melalui tangan yang kotor. Bayi sangat suka memasukkan tangannya ke dalam mulut sehabis memegang mainan atau benda di sekitarnya yang sudah terkontaminasi dengan bakter-bakteri tersebut.

Kemungkinan lain adalah karena anda tidak mencuci tangan dengan bersih setelah mengganti diapers dan membersihkan kotorannya, lalu secara tidak sadar anda membersihkan mulut si kecil. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun antibakteri dan air hangat selama 10 detik setiap habis mengganti diapers atau menggunakan toilet. Usahakan untuk sering-sering mencuci/melap tangan si kecil dengan tissue basah karena cukup sulit untuk menghentikan kebiasaannya memasukkan jari ke dalam mulut. Semoga bermanfaat.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Bakteri pada Tangan Si Kecil - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892