Jokowi Ziarah Ke Sekumpul, Martapura Dilanda Bencana.
Sudut Pandang

(Biasakan Baca Seluruhnya, Jangan Hanya Judul !!!)

Update !!
Sampai hari ini (1/8/2015) setelah menjadi presiden, Jokowi-JK sudah beberapa kali menginjak tanah Kalimantan Selatan. Sayangnya dari kunjungan tersebut belum sekalipun baik Jokowi atau JK ziarah ke makam Guru Sekumpul. Sangat bertolak belakang dengan waktu sebelum kampanye dahulu

(baca juga: Biodata lengkap dan Profil Guru Sekumpul) Selamat datang di personal blog teropongku. Tulisan ini bukan bermaksud merendahkan golongan tertentu, namun hanya sekedar menyampaikan sebuah fakta dan memberikan penghormatan bagi tanah tempat saya hidup dan dilahirkan. Silahkan baca tulisan ini dengan sebenar-benarnya dan sampai akhir, agar tidak terjadi kesalah pemahaman diantara penulis dan pembaca.

Diberitakan bahwa calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo melaksanakan kunjungan ke daerah Martapura Kalimantan Selatan pada 23-24 Mei 2014. Dalam kunjungan tersebut, tidak lupa Bapak Gubernur Ibukota Indonesia ini menyempatkan diri untuk ziarah ke makam KH Zaini Abdul Ghani atau yang biasa disebut Guru Sekumpul.

Jokowi beralasan bahwa ziarah tersebut bukanlah berisikan agenda kampanye, namun hanya sebatas silaturahmi dengan keluarga besar Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA).

Namun menurut saya, tidak etis bagi Jokowi untuk tidak menghargai warga martapura khususnya Sekumpul yang melarang beliau hadir ziarah ke makam Guru Zaini. Apapun alasannya, kedatangan Jokowi disaat ini bertepatan dengan majunya ia dengan pak Jusuf kalla untuk bertarung memperebutkan kursi orang nomor satu di Republik ini. Ini berlaku bagi semuanya tak terkecuali pak Prabowo dan yang lainnya jika ingin berziarah ke Sekumpul Martapura.

Tak ada larangan sebenarnya untuk Pak Jokowi andai beliau sudah menjadi Presiden atau dia memang tak bertarung pada pemilihan presiden nanti yang akan dilaksanakan dalam beberapa bulan mendatang.

Larangan ini berdasar kepada ceramah guru sekumpul yang rekamannya sudah saya upload di Youtube sebagai berikut. http://www.youtube.com/watch?v=PaNoFqCc5TU

Guru Sekumpul Martapura, seorang ulama terkenal bukan cuma di Kalsel, tapi sampai daerah tetangga, dan semasa hidupnya sering mendapat kunjungan para pejabat negara dari Ibu Kota Jakarta. Bahkan ulama-ulama besar yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia pun tidak ragu menyebut Guru Sekumpul sebagai “Waliyullah”. Sebutan khusus bagi hamba Allah yang sangat dimuliakan.

Sudah seyogyanya kita menghormati Waliyullah ini, dan menghoirmati penduduk tanah Sekumpul Martapura dan Kalimantan pada umumnya.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Jokowi Ziarah Ke Sekumpul, Martapura Dilanda Bencana. | arief16 | 4.5