Tetap Bugar

Sumber Air Yang Bersih | Air bersih adalah air yang aman untuk diminum dan digunakan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari manusia. Air yang bersih harus aman akan racun dan logam berat yang bisa membahayakan tubuh. Secara fisik, air yang bersih tidak memiliki rasa, tidak memiliki warna, dan juga tidak berbau. PH yang dimiliki air yang bersih biasanya netral, sehingga air yang bersih bukan asam ataupun basa.

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan air bersih. Air dengan mutu yang sangat baik ini harus dapat digunakan sebagai air minum, pengairan sawah, maupun air sanitasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan apakah air tersebut bersih atau tidak. Persyaratan air yang bersih ini juga mengandung aspek kimia, biologis, maupun fisika.

Pada dasarnya ada 3 sumber utama air yang bersih, yang pertama adalah sungai. Sungai-sungai di dunia, rata-rata memberikan ketersediaan air segar mencapai 40.000 kilometer kubik. Dibandingkan dengan kebutuhan setiap manusia yaitu sekitar 7.000 meter kubik per orang, sebenarnya ketersediaan air yang bersih dapat dikatakan cukup bagi setiap orang. Namun, pada kenyataannya, banyak air segar yang tersedia di tempat yang sulit dijangkau. Salah satunya adalah lembah sungai Amazon.

Air pada lembah sungai Amazon ini memiliki ketersediaan yang cukup. Namun, lokasinya yang tidak ekonomis, membuat ekspor air menjadi lebih sulit, terutama ke tempat-tempat yang membutuhkan. Oleh sebab itu, masalah air yang bersih tetap menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan.

Sumber air yang bersih kedua adalah curah hujan. Untuk memanfaatkan air hujan sebagai sumber air yang bersih, pemerintah atau sekelompok orang biasanya membangun bendungan dan tandon air untuk penyimpanan air. Penyimpanan air ini biasanya sangat berguna ketika musim kemarau. Selain itu, dengan bendungan ini, kerusakan akan musibah banjir juga bisa dikurangi.

Terakhir, sumber air yang bersih berasal dari air permukaan dan air bawah tanah. Ini merupakan salah satu sumber air yang sering terganggu. Hal ini disebabkan karena adanya penyalahgunaan sumber air yang menyebabkan air menjadi tercemar.

 

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Arief Putera - Sumber Air Yang Bersih - Teropongku.com - 628-9897-54-275 -33285 - 1145892