Gadget

Tujuan suatu kegiatan preventive maintenance yang utama adalah mengetahui kondisi dan keadaan peralatan serta memperbaiki performa peralatan agar selalu prima. Pemeriksaan peralatan ini harus di lakukan secara terjadwal dan kontinyu karena kita tidak akan tahu kapan peralatan kita dapat rusak sewaktu-waktu. Preventive maintenance juga dilakukan agar kegiatan produksi bisa berjalan dengan lancar dengan menekan interupsi atau hambatan dari divisi produksi akibat peralatan yang tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya.

Memelihara peralatan lebih disukai dan lebih mudah di bandingkan dengan memperbaiki peralatan yang sudah rusak karena selain biaya perbaikan yang di butuhkan membutuhkan biaya yang besar waktu untuk perbaikan juga bisa lebih lama sehingga dapat menghambat proses produksi yang sedang di jalankan. Pemeliharaan rutin peralatan dapat berguna untuk memperpanjang umur peralatan sehingga dapat menghindari pembelian part atau unit baru yang saat ini harganya mahal.

Unit-unit peralatan yang kritis dan memiliki jobdesct yang berat akan menjadi titik penting dalam perbaikan karena unit tersebut akan memiliki pekerjaan yang berat sehingga memerlukan perhatian lebih dalam hal penanganannnya. Jika di runut lebih dalam maka unit-unit yang kritis atau harus memiliki perhatian lebih tersebut seperti ;

  1. Jika terdapat kerusakan dapat membahayakan kesehatan atau keselamatan pekerja

kesehatan dan keselamatan pekerja adalah poin utama dalam proses produksi karena menyangkut nyawa pekerja. Untuk itu peralatan yang krusial dan dekat dengan kesehatan serta keselamatan perlu memiliki perhatian lebih.

  1. Peralatan yang dapat mempengaruhi kualitas produksi

Peralatan seperti ini juga perlu dapat prioritas utama karena kualitas produksi merupakan refresentasi kualitas produk perusahaan. Jika perusahaan anda terkenal akan kualitasnya maka menjaga kualitas produksi sangat penting, jangan sampai kualitas produksi terganggu akibat dari peralatan yang menopang kualitas rusak.

  1. Peralatan yang dapat menghambat produksi

Peralatan seperti ini juga penting karena menjadi penopang utama dalam keberlangsungan produksi. Jika perlatan rusak maka produksi akan lumpuh, sehingga perlu di jaga kondisinya.

  1. Peralatan yang memiliki nilai aset mahal

Peralatan yang memiliki nilai aset mahal juga perlu untuk mendapatkan jadwal preventive maintenance secara rutin karena jika sampai rusak biaya yang di keluarkan akan sangat besar.

sebarkan facebook Twitter Google Plus
Preventive Maintenance untuk menekan kerusakan peralatan | arief16 | 4.5