Selasa, 12 Desember 2017 Gadget
5 Alasan Mengapa Anda Harus Punya Kompor Induksi PLN Kalselteng

Kompor induksi merupakan suatu terobosan baru dalam dunia teknologi. Menggunakan listrik sebagai sumber energi, kompor induksi diharapkan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi pada masyarakat Indonesia

Kompor induksi sejatinya bukan benar-benar baru, ia telah lama diproduksi secara masal untuk kebutuhan konsumsi rumah tangga. Namun, kehadiran pihak PLN wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah dalam pembuatan dan pengembangan kompor induksi kompor masa depan ini menjadi gairah baru industri alat dapur tersebut.

Ditandai dengan sebuah acara ‘demo masak’ di sebuah taman di Banjarmasin, dinahkodai Agus Sasirangan yang seorang alumni master chef –acara pemandu bakat memasak yang sangat terkenal itu- yang dengan gesit memainkan alat-alat dapur untuk menghidangkan sebuah makanan sedap, PLN Kalselteng selaku penyelenggara acara mengisyaratkan bahwa kompor yang di gadang-gadang hemat energi ini akan dipasarkan secara luas, baik di wilayah Kalimantan secara khusus, maupun seluruh Indonesia pada umumnya.

Dibanderol dengan harga kisaran 1,9 juta per unit untuk pemakaian rumahan dan 3 jutaan per unit untuk pemaiakan industri menurut Instagram pln kalselteng, sebenarnya apa sih yang membuat kita harus secepatnya memakai kompor Induksi dari PLN Kalselteng tersebut?

1. Memiliki Fitur Masa Depan

Digadang-gadang sebagai kompor masa depan, kompor induksi kalselteng dilengkapi berbagai fitur ‘ajaib’ yang tak akan ditemukan pada kompor lainnya. Fitur-fitur unik tersebut diantaranya ialah timer atau pengaur waktu yang mana ia bisa disetel sesuai kebutuhan. Ada juga pengatur suhu, yang berguna buat anda dalam menentukan panas yang sesuai.

Karena reaksi magnetik, kompor induksi tidak akan terasa panas meskipun alat masaknya sudah benar-benar tak bisa dipegang lagi. Jadi ini aman digunakan.

2. Mencegah Kebakaran

Kompor induksi tidak mengeluarkan api. Ia hanya menghantarkan panas dari besi-besi pada kompor tersebut  ke alat masak yang digunakan. Karena tak menggunakan api, resiko kebakaran bisa diminalisir.

Kebakaran di Indonesia juga sering terjadi karena ledakan gas LPG yang mengalami kebocoran. Nah karena tanpa LPG, tak perlu kuatir lagi kan?

3. Hemat Energi

Kompor Induksi produksi PLN Kalselteng ini diklaim sudah menggunakan teknologi hemat energi. Jadi anda tak perlu takut listrik anda jebol dan mempengaruhi biaya kebutuhan listrik anda terlalu drastis.

Secara rician matematis biaya, kompor induksi juga dianggap lebih hemat daripada penggunaan kompor LPG apalagi kompor minyak tanah.

4. Tidak Terpengaruh Kelangkaan Gas LPG

Harus kita akui bahwa gas LPG sering sekali mengalami kelangkaan. Entah karena pasokan dibatasi, gangguan distribusi, dan yang lainnya menjadi alasan klasik Pertamina yang bertanggung jawab atasnya. Dengan adanya kompor induksi, ketergantungan masyarakat terhadap gas LPG bisa sedikit dihindari mengingat listrik jauh lebih mudah didapatkan.

5. Mudah dibawa kemana-mana

Kamu mau liburan, piknik, atau jalan-jalan? Jangan ragu untuk menggunakan kompor induksi. Bentuknya yang mungil dan tanpa ketergantungan terhadap gas LPG maupun minyak tanah membuatnya fleksibel untuk dibawa kemanapun. Untuk menyalakannya, kamu bisa menggunakan pasokan listrik yang banyak tersedia di jalan-jalan umum atau menggunakan aki mobil anda, hhe.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, bukan berarti kompor induksi lepas dari kekurangan. Kekurangan yang paling menonjol ialah tak maksimalnya kompor induksi menghantarkan panas ke alat masak murah. Ia hanya bisa menghantarkan panas ke wajan-wajan yang menggunakan sistem magnetik dengan harga yang lebih mahal di pasaran. Wajan-wajan yang dimaksud juga memiliki permukaan yang datar, tidak melengkung seperti kebanyakan wajan orang Indonesia.

silakan baca: Topik kompor induksi pln kalselteng di portal bpost online

Selain itu, seringnya mati lampu di wilayah Kalselteng –nggak menentu, kadang hingga 3 kali sehari- juga membuat pengguna baru harus berpikir dua kali sebelum memutuskan bergantung penuh terhadap kompor induksi. Jangan sampai anak dan suami kelaparan hanya gegara mati lampu seharian.

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus