Rabu, 17 Januari 2018 Sukses Berkarir
Trik Jitu Agar Produk UMKM Bisa Menembus Pasar Ekspor

Merintis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Karena persaingan bisnis kini semakin ketat. Namun tak ada salahnya mengembangkan UMKM untuk tujuan lain, yaitu pasar ekspor. Karena pangsa pasar di luar negeri pasti masih terbuka lebar.

Soal urusan modal, Anda bisa mendapatkan tambahannya melalui Mekar.id. Para investor mempercayakan dananya di Mekar.id karena perusahaan yang satu ini memiliki sistem yang aman.

Tak kalah aman dengan investasi syariah. Investor berhak memilih sendiri pengembang UMKM yang akan mendapatkan pinjaman tambahan modal. Konsep investasi syariah di Mekar.id akan memberikan keuntungan bagi investor maupun peminjam modal.

Sekarang, Anda tinggal mempraktikkan beberapa trik jitu ini agar produk UMKM Anda berhasil menembus pasar ekspor:

  1. Menyiapkan Kebutuhan Administrasi

Bisnis Anda harus memiliki status badan usaha yang jelas jika ingin mencapai pasar ekspor. Anda wajib menyiapkan berbagai kebutuhan administrasi dan memiliki status kantor yang permanen. Dengan demikian, bisnis Anda akan segera lolos survei dan semakin mudah dikembangkan hingga ke kancah internasional.

  1. Kualitas Produk yang Memadai

Pasar internasional tidak mau sembarangan menampung produk dari berbagai negara. Karena produk tersebut harus benar-benar tepat guna dan berkualitas. Produk bisnis Anda harus melalui serangkaian tes sebelum dinyatakan layak edar di pasar internasional. Oleh sebab itu, Anda pun harus melakukan proses quality control yang tepat sebelum barang Anda siap dipasarkan.

  1. Selalu Menggunakan Material Berkualitas

Agar dapat menghasilkan produk berkualitas, tentu saja Anda harus mengawalinya dari material berkualitas. Siapkan material pilihan yang sudah lolos uji quality control terlebih dahulu. Risiko cacat produk pun dapat diminimalkan bila Anda menggunakan bahan baku yang kualitasnya terjamin.

  1. Rajin Mengikuti Pameran

Kalau Anda memiliki jalinan relasi yang luas di dunia bisnis, maka kesempatan untuk mencapai pasar ekspor pun akan semakin besar. Jadi, Anda harus lebih rajin mengikuti pameran bisnis. Maka peluang untuk mendapatkan pelanggan dari luar negeri pun akan semakin besar. Pelanggan yang puas dengan produk Anda akan memperkenalkannya kepada relasi yang lain.

Berbisnis hingga merambah ke pasar ekspor bukanlah hal mustahil bagi Anda. Lakukan keempat hal tersebut untuk memuluskan jalan menuju jenjang bisnis yang lebih tinggi lagi.

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus