Senin, 29 Januari 2018 Gadget
7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone!

Di era yang modern ini, smartphone menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Bagaimana tidak, mulai dari alat untuk komunikasi, mengambil gambar, browsing, dan melihat peta, semua itu dapat kamu akses melalui satu alat kecil yaitu telepon pintar.

Demi memenuhi kebutuhan dan permintaan masyarakat, berbagai jenis smartphone pun mulai bermunculan. Itu sebabnya, ketika ingin mencari jenis dan merek yang tepat, kamu akan dihadapkan dengan dilema besar.

Nah, untuk memudahkanmu dalam memilih, berikut kami rangkum 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone!

1. IOS atau Android?

teks.co.in

Setiap orang tentunya memiliki ketertarikan yang berbeda-beda. Beberapa merasa nyaman ketika mengoperasikan telepon jenis Android, ada pula yang lebih menyukai jenis IOS. Oleh sebab itu, sebelum membeli smartphone, pastikan kamu mengenali zona nyamanmu terlebih dahulu. Apakah kamu pengguna IOS atau Android?

2. Tentukan Budgetmu

harianindo.com

Tips yang satu ini sebenarnya berlaku untuk semua barang yang tergolong pricey. Sebelum research lebih dalam soal jenis dan merek yang ada di pasaran, ada baiknya jika kamu telah memiliki budget and stick to it! Ketika kamu sudah mengetahui anggaranmu, tentu persoalan memilih jenis dan merek smartphone pun akan jadi lebih mudah.

3. Kenali Aspek yang Paling Penting untuk Kamu!

androidcentral.com

Layaknya menentukan jenis smartphone Android atau IOS. Setiap orang tentunya juga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya, beberapa dari kamu membutuhkan telepon pintar dengan kamera beresolusi tinggi. Sementara kebanyakan orang membutuhkan smartphone dengan kapasitas yang besar. Well, biar nggak menyesal dikemudian harinya, pastikan kamu mengerti aspek mana yang menjadi prioritasmu, ya!

4. Cari Tahu Waktu Terbaik

wsj.net

Salah satu cara paling ampuh untuk mendapatkan smartphone dengan harga murah adalah dengan tidak membeli jenis telepon pintar tertentu pada saat baru launching. Memang, sih keinginan untuk membeli smartphone yang lagi happening itu sulit untuk disangkal. Apalagi jika fitur yang ditawarkan benar-benar keren dan modern. But trust me on this one! Cobalah untuk bersabar selama beberapa bulan dan kamu akan mendapatkan smartphone impianmu dengan harga yang super murah!

Nggak percaya? Kita ada buktinya, lho! Let’s take iPhone 5 as the example. Seperti yang kita tahu, ketika pertama kali diliris, iPhone 5 pertama kali rilis pada pertengahan tahun 2013 dan dijual seharga IDR 9,300.000. Namun, ketika memasuki tahun 2015, harga tersebut turun drastis menjadi IDR 5,200,000. Perbedaan yang cukup signifikan, bukan?

5. Kapasitas Baterai

adorama.com

Ketika membeli smartphone, penting untuk kamu nggak hanya melihat tampilan luarnya saja! Jika kamu tergolong sebagai pengguna yang cukup aktif – bermain game atau streaming video – lebih baik jika kamu membeli telepon pintar dengan kapasitas baterai paling tidak 3500mAh. Tips ini tentunya juga akan membuat smartphonemu lebih awet, lho!

6. Ukuran Layar Smartphone

viva.co.id

Ukuran layar smartphone tentu bergantung pada kebutuhan tiap-tiap orang. Jika kamu menggunakan telepon pintar ini sebagai alat untuk menonton film atau edit foto, maka layar seluas 5.5-inch sampai 6-inch akan menjadi pilihan yang tepat  untukmu. Selain itu, sekarang juga banyak smartphone yang memamerkan feature layar HD, lho! Nah, jika kamu pada akhirnya pilihanmu jatuh pada layar HD, pastikan kamu melindunginya dengan tempered glass yang dijual di toko aksesoris HP online, ya!

7. Garansi Terpercaya

Last but definitely not least adalah mencari smartphone dengan garansi yang terpercaya! Perlu kamu mengerti kalau ada banyak toko yang memberikan garansi hanya selama beberapa minggu saja. Maka dari itu, kamu harus lebih teliti dalam membeli smartphone. Jangan ragu untuk menanyakan jika barang tersebut memiliki garansi yang lama atau tidak?

Itu dia 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli smartphone! Pada akhirnya, semuanya kembali pada selera dan anggaran yang kamu punya. Maka dari itu, penting untuk kamu pintar-pintar dalam memilihnya, ya!

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus