Selasa, 20 Februari 2018 Gadget
3 Alasan Menarik Mengapa HP Xiaomi Dijual Murah

Selain dikenal dengan kualitasnya yang oke punya, ragam seri ponsel pintar keluaran Xiaomi memang rata-rata dibanderol dengan harga yang cukup murah dan terjangkau oleh banyak kalangan. Salah satunya yang paling populer adalah Redmi 5A yang dirilis Desember 2017 dengan harga hanya Rp 1 juta.

Di pasar Indonesia sendiri, smartphone Xiaomi banyak diminati orang dan memiliki pangsa pasar yang cukup luas. Ditambah lagi, adanya fasilitas kredit hp online seperti Kredivo, yang tidak membutuhkan kartu kredit atau pun dp, semakin memudahkan banyak orang untuk membeli hp buatan Tiongkok ini.

Murah tapi tidak murahan. Murah namun bukan tanpa alasan. Dua slogan ini nampaknya cocok jika disematkan pada ragam smartphone keluaran Xiaomi. Soal brand dan kualitas, Xiaomi sudah bermetamorfosa menjadi vendor terbesar ketiga di Tiongkok yang berpotensi menyaingi brand-brand besar di pasar internasional. Sementara soal harga, ada beberapa alasan menarik yang melatarbelakangi murahnya harga Xiaomi. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

Jual barang dengan harga modal

 

CEO Xiaomi, Lei Jun, pernah mengungkap bahwa agar bisa menghadirkan produk dengan harga jual yang kompetitif, Xiaomi tidak mengambil keuntungan dari penjualan hardware, melainkan menekan biaya produksi agar bisa menjual produk dengan harga modal. Salah satu caranya adalah dengan memproduksi perangkat smartphone dalam jumlah besar sekaligus.

Predikat smartphone Xiaomi termurah dan terbaru saat ini masih dipegang oleh Redmi 5A yang dibanderol hanya Rp 1 jutaan. Di peringkat kedua, ada Xiaomi Redmi Note 5A yang dibanderol dengan harga Rp 1,5 jutaan. Meski berbeda dari segi spesifikasi, kedua smartphone murah dengan kualitas mumpuni ini sama-sama diburu banyak orang untuk dibeli, salah satu caranya dengan kredit hp online.

Hampir semua tipe hp Xiaomi bisa kamu temukan dan beli dengan kredit hp online tanpa kartu kredit di merchant-merchant online seperti Bukalapak, Lazada, JD.id, Shopee, Blibli, dan Bhinneka. Enam merchant online tersebut telah bekerja sama dengan Kredivo dalam menyediakan layanan fasilitas kredit hp online tanpa kartu kredit.

Kredivo menawarkan dua opsi kredit yaitu “Bayar dalam 30 hari” dan “Cicilan”. Untuk opsi bayar dalam 30 hari, tidak ada bunga yang dikenakan alias 0%. Sementara untuk opsi cicilan, Kredivo memiliki pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga yang rendah yaitu 2,95%. Menariknya, kamu bisa berbelanja beberapa produk sekaligus di merchant online  dengan catatan harus ada satu produk yang memiliki harga minimum Rp1,5 juta agar bisa menggunakan opsi cicilan.

 

Pemasaran secara online & promosi melalui media sosial

 

Selain menjual dengan harga modal, Xiaomi juga memfokuskan strategi pemasarannya secara online dan mengandalkan euforia media sosial. Hanya sebagian kecil saja yang dijual di toko retail atau konvensional. Sebab, jika bertumpu pada retail, akan ada penambahan biaya lain-lain sehingga harga produk Xiaomi dijual lebih mahal. Sementara, jika memanfaatkaan jual beli online, selain harga produk yang berdasarkan harga modal, calon pembeli hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk ongkos kirim saja.

Pastinya, kamu jarang kan melihat iklan soal Xiaomi? Nah, alih-alih melakukan promosi melalui tayangan iklan di TV, media cetak, atau menggunakan Brand Ambassador layaknya kompetitor, Xiaomi memilih untuk memanfaatkan media sosial sebagai lahan promosi secara maksimal. Dengan begitu, Xiaomi tidak mengalokasikan bujet  untuk marketing atau promosi produk.

Ide untuk memasarkan produk melalui online dan media sosial ini mulanya berawal dari terinspirasinya para pendiri Xiaomi dengan sebuah film yang diproduksi oleh sutradara asal Taiwan.  Saat itu, mereka berfoto bersama dan menuliskan kata-kata bertema promosi Xiaomi. Kemudian, mereka membagikan foto tersebut ke aplikasi jejaring sosial Weibo yang terbilang cukup populer di Tiongkok.

Dari sanalah, kemudian penjualan Xiaomi terdongkrak hingga ratusan ribu ponsel dalam waktu 10 menit saja. Banyaknya orang yang like, komentar, serta membagikan postingan Weibo tersebut menjadi faktor dari keberhasilan Xiaomi dalam memasarkan produknya lewat media sosial. Strategi marketing ini dianggap lebih menguntungkan dan minim bujet, sehingga dipertahankan hingga saat ini.

 

Berorientasi pada market share & kerja sama strategis

 

Alih-alih bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produknya, saat ini Xiaomi lebih berorientasi pada market share sehingga menjual produknya dengan harga murah.  Seperti yang diungkapkan CEO Xiaomi, Lei Jun, Xiaomi tidak mengambil keuntungan sama sekali dari hardware. Maka, tidak heran hanya dalam waktu beberapa tahun saja sejak berdiri, yaitu 2010, Xiaomi sudah menempati peringkat kelima di pasar Indonesia dengan market share sebesar 5,2 persen, berdasarkan data dari International Data Corporation (IDC) pada kuartal III 2017.

Selain itu, Xiaomi juga menjalin kerja sama strategis dengan berbagai pihak tiap kali akan meluncurkan produk terbarunya. Sebagai contoh, pada saat peluncuran Redmi 5A Desember 2017 lalu, Xiaomi menggandeng Qualcomm sebagai mitra teknologi, Lazada sebagai mitra e-commerce, dan Indosat Ooredoo sebagai mitra operator.

Qualcomm merupakan vendor prosesor dan chipset yang produknya saat ini hampir digunakan oleh semua smartphone berbasis Android. Dengan menjalin kerja sama strategis bersama Qualcomm, Xiaomi tentunya akan mendapat harga prosesor sebagai senjata produknya dengan harga yang lebih murah. Maka, secara otomatis, harga jual Xiaomi Redmi 5A yang dibekali prosesor dan chipset Qualcomm Snapdragon 425 lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy J3 dengan chipset yang sama. Sementara dari sisi marketing, kerja sama strategis dengan Lazada dan Indosat Ooredoo, tentunya sangat membantu Xiaomi dalam hal promosi dan penjualan produk Redmi 5A.

Bagi kamu yang tertarik beli hp Xiaomi dengan cara kredit hp online tanpa dp, kamu bisa daftar akun Kredivo sekarang juga. Prosesnya serba online, cepat, dan juga mudah. Kamu bisa mendownload aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store dan ikut instruksi pendaftaran selanjutnya. Tidak perlu khawatir, semua data pribadi kamu pasti terjamin keamanannya! Kredivo memberikan plafon kredit maksimal hingga Rp 3 juta untuk opsi “Bayar dalam 30 Hari” dan plafon kredit maksimal hingga Rp 20 juta untuk opsi “Cicilan” dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan.

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus