Kamis, 22 Maret 2018 Cantik
Tips Merawat Kebersihan Softlens Agar Tetap Aman Dan Nyaman Saat Digunakan

Softlens  atau kontak lensa memang menjadi alternatif bagi sebagian orang yang memiliki mata minus selain berfungsi untuk memperjelas penglihatan ternyata fungsi lainnya juga bisa menjadikan mata lebih indah. Softlens ini mempermudah kita dalam melakukan aktivitas karena di harus repot-repot memakai kacamata. Apalagi untuk kamu yang memiliki mata minus yang terus bertambah. Selain softlens untuk mata minus, ada pula untuk mata normal yang berfungsi sebagai penunjang penampilan.

Untuk kamu yang gemar memakai softlens sudah tahukah bagaimana cara merawat softlens yang benar? Jika belum yuk simak.

Catat tanggal kadaluwarsa

Biasanya softlens memiliki kadaluwarsa yang tidak lama yaitu 3 bulan, 6 bulan dan satu tahun. Untuk memastikan softlens yang kamu beli kapan akan kadaluwarsa, sebaiknya saat membeli kamu catat di ponsel atau di kalender tanggal pembelian softlens. Untuk kamu yang ingin lebih higienis atau kamu memiliki mata sensitif kamu dapat memakai softlens sekali pakai.

Cairan Pembersih

Cara merawat softlens berikutnya yaitu dengan selalu menyiapkan cairan pembersih softlens. Cairan ini berguna untuk membersihkan softlens dari kotoran sehabis di pakai. Cairan ini juga berfungsi untuk merendam softlens agar tidak kering. Ternyata cairan softlens juga memiliki tanggal kadaluwarsa. Perlu di perhatikan dan catat.

Jika softlens jarang dipakai sebaiknya kamu rutin mengecek di dalamnya, karena softlens terus menyerap cairan, minimal cek 3 hari sekali apakah softlens tersebut kering atau masih dalam keadaan terendam. Jangan sampai softlens menjadi kering karena bisa merusak mata saat di pakai.

Obat tetes softlens

Mata juga tidak luput untuk harus tetap dijaga. Salah satunya saat memakai softlens biasanya mata kita akan terasa kering atau pegal. Obat tetes ini berguna untuk melembapkan kembali mata yang kering akibat memakai softlens. Perlu diingat jika merasa mata kering jangan menggunakan obat tetes sembarang atau obat tetes mata reguler karena bisa membahayakan bagi mata. Memang efeknya tidak akan terasa pada saat itu namun akan terjadi ada kemudian hari.

Tangan Harus Bersih

Saat memakai atau melepaskan softlens, kamu memang diharuskan mencuci tangan terlebih dahulu agar softlens terhindar dari kotoran. Untuk sabun pencuci tangan pun disarankan memakai sabun pencuci untuk bayi, tidak ada bahan parfum atau sabun anti bakteri.

Kemudian sebelum memang softlens sebaiknya kamu bersihkan terlebih dahulu softlens yang kan di pakai caranya cukup di gosok secara lembut menggunakan cairan softlens. Hindari membersihkan softlens memakai air keran karena dalam air keran masih terbilang kotor dan masih ada bakteri.

Kosmetik Dahulu Baru Softlens

Banyak yang selalu salah dengan pemakaian riasan dengan softlens. Rata-rata orang memakai softlens terlebih dahulu barulah makeup tetapi itu sebenarnya salah. Karena debu dari kosmetik bisa masuk ke dalam mata dan terkena pada softlens yang mengakibatkan mata menjadi perih atau bahkan bisa menjadi iritasi.

Jangan Pakai Softlens Terlalu Lama

Dengan kesibukan beraktivitas terkadang kita lupa dengan waktu pakai softlens. Softlens hanya bisa dipakai maksimal 12 jam atau di anjurkan memakai softlens hanya 6 jam saja. Jika memang perlu softlens untuk seharian sebaiknya biarkan mata beristirahat terlebih dahulu selama 10-30 menit.

Rutin Mengganti Kotak Softlens

Tidak hanya softlens saja yang mempunyai masa kadaluwarsa, ternyata kotaknya pun harus sering-sering di ganti. Mengapa demikian? Tempat softlens selalu basah dan lembap itulah yang memicu perkembangan bakteri dengan cepat. Meskipun kamu rajin membersihkannya kamu tetap diharuskan menggantinya minimal 3 bulan sekali.

Merawat Softlens dengan benar memang tidaklah sulit asalkan kamu rajin saja. Jangan sampai lalai untuk memperhatikan softlens yang kamu miliki, karena jika kamu tidak merawatnya dengan benar mata kitalah yang menjadi taruhan.

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus