Senin, 27 Agustus 2018 Pemasaran Digital
Data Center Indonesia Tak Kalah dengan Data Center Lain

Sebuah perusahaan besar dengan data yang begitu banyak dan penting tentu membutuhkan ruang khusus untuk menyimpan data-data tersebut. Tentu saja setiap perusahaan ataupun lembaga lain yang membutuhkan pasti memiliki satu atau lebih komputer server untuk menyimpan data-data tersebut.

Namun, komputer server saja tidak cukup untuk menyimpan data-data yang bersifat penting itu, maka kemudian dibutuhkan sebuah ruangan khusus tempat siapapun bisa menggunakannya untuk menyimpan komputer servernya bernama data center.

Dalam membuat data center ini juga tidak bisa sembarangan. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir karena data center Indonesia yang bisa Anda temukan di beberapa kota besar di Indonesia juga sudah dibangun dengan fasilitas dan sistem keamanan yang mumpuni.

Kriteria Pembuatan Data Center, Data Center Indonesia Sudah Memenuhi Semuanya

Data center atau pusat data adalah sebuah ruangan khusus beserta fasilitas di dalamnya yang digunakan untuk menempatkan atau menyimpan komputer server beserta komponen-komponennya.

Server komputer dan perangkat jaringan yang dipasang atau ditempatkan di dalam sebuah pusat data ini juga harus terhubung ke jaringan internet sehingga bisa diakses pemiliknya dengan lebih mudah kapan saja dan dimana saja.

Karena fungsinya yang begitu vital ini, pemilik data center biasanya adalah perusahaan-perusahaan seperti nexdatacenter.com maupun instansi pemerintahan.

Di Indonesia sendiri, data center Indonesia dibuat di beberapa kota besar di Indonesia tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk membuat sebuah pusat data ini.

  1. Lokasi yang Aman

Kriteria sebuah data center, tak terkecuali data center Indonesia, yang utama adalah lokasi pembuatannya. Lokasi pembuatan sebuah pusat data haruslah di tempat yang aman dari ancaman bencana alam, baik itu banjir, tanah longsor, gempa bumi ataupun bencana alam lainnya. Selain bencana alam, lokasi pembuatan sebuah pusat data juga harus aman dari bencana sosial seperti adanya demo yang bisa berujung anarkis dan ancaman kerusuhan sosial lainnya. Selain itu lokasi yang mudah dalam mendapatkan air juga dipertimbangkan karena dalam pengoperasiannya, ruangan pusat data harus tetap dijaga kestabilan suhu di dalamnya.

  1. Akses Data yang Handal

Tidak hanya berbicara tentang lokasi dan fasilitas pendukung yang memadai, sebuah pusat data, termasuk data center Indonesia juga harus menyediakan akses data yang handal. Kehandalan yang dimaksud ini adalah kecepatan ataupun efisiensi pengguna saat mengakses data yang disimpan di dalamnya. Karena itu faktor kecepatan internet jaringan optik juga menjadi pertimbangan lain dalam membuat sebuah pusat data.

  1. Skalabilitas Data Center

Dalam membangun sebuah pusat data, kriteria ini juga tidak boleh dilupakan. Setiap pusat data harus memberikan fleksibilitas pelayanan kepada penggunanya. Fleksibilitas yang dimaksud misalnya adalah kemudahan mengatur skala dalam penggunaan server. Dukungan dari struktur desain sebuah pusat data tentu akan membantu pengguna dalam mendapatkan efisiensi akses data. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan fleksibilitas dan skalabilitas yang mendukung pengguna untuk bisa mengakses datanya secara cepat dan tepat.

Sebuah pusat data dibutuhkan dalam suatu negara guna mendukung dan memberikan keamanan terhadap data-data yang dianggap penting. Setiap negara sudah pasti memiliki pusat datanya sendiri. Seperti di Indonesia, data ceter Indonesia saat ini sudah bisa Anda temukan di beberapa kota di Indonesia.

Meskipun pada kenyataannya, pengguna pusat data di Indonesia ini masih sebatas perusahaan-perusahaan berskala besar dan pemerintahan saja.

Namun, jangan salah karena pusat data yang ada di Indonesia tidak kalah dengan data center di luar negeri. Sebut saja salah satunya adalah NEX Datacenter yang sudah memenuhi kriteria yang sudah disebutkan di atas.

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus