Kamis, 30 Agustus 2018 Bisnis Properti
Tips Memilih Apartemen Tipe Studio di Ibukota

Baik bagi Anda yang pertama kali berencana tinggal di apartemen ataupun sudah sering berpindah tempat tinggal ke area baru, Anda perlu bersiap sebelum mulai mencari apartemen. Ada banyak tipe dan spesifikasi apartemen, namun ada baiknya Anda sedikit melirik ke apartemen tipe studio.

Mencari tempat tinggal yang tepat dengan harga sewa sesuai keinginan bukan hal mudah, tapi ini tidak berarti tidak mungkin. Jika Anda memutuskan untuk tinggal di apartemen studio, ini semata masalah menemukan apartemen yang tepat, menyepakati perjanjian sewa, dan lalu menandatanganinya.

Untuk menemukan apartemen studio ideal dan membuat pencarian lebih mudah, ada sejumlah tips yang bisa Anda pertimbangkan demi meringankan beban dalam proses memilih apartemen tipe studio.

Berapa harga sewa yang Anda mampu?

Sebaiknya harga sewa bulanan Anda tidak melebihi 20 persen dari pemasukan bulanan, paling banyak mencapai 30 persen. Misalnya, bila gaji Anda sebesar 10 juta tiap bulan, Anda harus cari apartemen dengan harga sewa sekitar 2 juta.

Luangkan waktu untuk menghitung anggaran Anda sebelum mulai mencari apartemen. Ini tidak hanya membantu Anda mencari di rentang harga yang tepat, tapi juga membantu Anda mengidentifikasi area sesuai kondisi keuangan.

Anda bisa buat anggaran dengan menggunakan spreadsheet sederhana atau aplikasi online. Tulis pemasukan dan pengeluaran secara mendetail, mulai dari kewajiban seperti tagihan telepon, pembayaran mobil, hingga berbagai kebutuhan dari bulan ke bulan seperti hiburan, pakaian, dan lainnya.

Anda bisa menurunkan tagihan makanan dan menghemat kebutuhan smartphone serta internet dengan menggunakan layanan di bawah satu provider. Langkah kecil ini  bisa menghemat pengeluaran dan dana yang tersedia bisa Anda gunakan untuk membeli furniture nantinya.

Menurunkan biaya sewa

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh harga sewa apartemen yang lebih murah:

*Cari lokasi di luar pusat kota. Meski tinggal di pusat kota bisa menjadi prioritas Anda, ini tidak ada artinya bila Anda tidak bisa membayar sewanya. Sebaiknya, cari apartemen di luar kawasan  pusat kota, tapi dengan jarak bepergian ke tempat kerja yang masih nyaman.

*Pertimbangkan biaya transportasi. Area perkotaan umumnya membutuhkan biaya transportasi lebih rendah, karena Anda kemungkinan bisa manfaatkan transportasi umum untuk bepergian. Tapi Anda tetap harus pertimbangkan biaya transportasi, baik untuk membayar ongkos atau membeli bahan bakar, bila Anda memilih tinggal jauh dari pusat kota.

*Negosiasi. Kecuali Anda mencari apartemen di area favorit dengan sedikit pergantian penyewa, banyak pemilik apartemen yang bisa diajak bernegosiasi. Cek harga sewa sebagai perbandingan dengan fasilitas yang sama dan gunakan informasi ini untuk memperoleh penawaran terbaik. Anda bisa juga menawarkan pembayaran sewa untuk waktu lebih lama. Pemilik bisa menurunkan harga bila Anda membayar sewa untuk 2 tahun sekaligus.

Mulai mencari apartemen

Jangan tunda mencari apartemen. Idealnya, Anda perlu mulai mencari sekitar 3 bulan sebelum Anda pindah. Banyak penyewa yang harus memberitahu pemilik lebih dulu bila berencana pindah. Di kebanyakan area, penyewa harus memberitahu setidaknya 30 hari sebelumnya, atau lebih.

Meski hal berikut ini akan bergantung  pada gaya hidup Anda, ada sejumlah poin mendasar yang perlu Anda perhatikan:

*Harga. Hindari mencari apartemen di luar budget. Pemilik kemungkinan tidak memberi potongan harga sewa, dan Anda bisa menghabiskan terlalu banyak uang atau kecewa ketika tidak memperoleh apartemen yang Anda impikan. Sebaiknya, tetap berpatokan pada angka tertentu dan hanya mencari apartemen yang berada di rentang harga yang Anda sudah tetapkan.

*Transportasi. Bila Anda tidak menggunakan mobil, cari tahu akses transportasi di apartemen yang Anda incar. Apartemen mungkin harganya bagus dan berada di lingkungan yang baik, tapi bila Anda harus buang banyak waktu  berjalan kaki atau menggunakan taksi, ini jadi pilihan yang tidak menarik. Terlebih, Anda perlu pikirkan biaya transportasi untuk memperoleh gambaran realistis berapa banyak biaya yang Anda harus siapkan.

*Kenyamanan. Memilih apartemen yang lokasinya nyaman bisa membuat hidup Anda jauh lebih mudah. Cari lokasi yang dekat tempat bekerja, berbelanja, transportasi, dan fasilitas seperti laundry. Misal aktivitas anda lebih banyak berkutat di Jakarta Utara, lebih disarankan untuk sewa apartemen di Jakarta Utara

*Keamanan. Apartemen tidak hanya harus berada di lingkungan yang aman, pemilik juga perlu lakukan usaha untuk memastikan penyewa merasa aman di dalam unitnya. Kunci yang sesuai pada tiap pintu serta akses masuk pribadi harus membuat Anda merasa lebih aman ketika menyewanya.

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus