Kamis, 6 September 2018 Cantik
Cara Alami Dan Efektif Mengatasi Wajah Yang Berminyak

Sebagian dari kamu mungkin merasa sangat bingung, pasalnya kulit wajahmu terlihat sangat berminyak. Padahal kamu sudah mencoba berbagai cara untuk menguranginya. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kulit wajah berminyak?

Di antara beberapa alasan mengapa kulit muka kita terlihat mengkilap setiap hari karena minyak adalah, karena faktor genetik. Jika ibu atau ayahmu memiliki kulit berminyak, kamu juga kemungkinan besar akan mewarisi hal tersebut. Kelembaban dan cuaca juga sangat berpengaruh.

Selain karena hal tersebut, terlalu sering mencuci muka dengan menggunakan sabun, menggunakan obat-obatan seperti obat kontrasepsi (KB), penggunaan kosmetik, perubahan hormon sehingga dia tidak sehat juga dapat mengakibatkan kulit wajah berminyak.

Belakangan ini, Masker Naturgo adalah salah satu contoh masker yang banyak digunakan untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah. Harga masker Naturgo tidak terlalu mahal. Walau demikian, manfaatnya sangat luar biasa bagi wajah karena bisa membantu melembabkan dan sekaligus mengurangi intensitas produksi minyak di balik kulit.

Baca juga:
*Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami

Apa dampak kelebihan minyak di kulit wajah?

Selain membuat wajah terlihat mengkilap dan membuat kita tidak percaya diri serta sulit tampil sempurna dalam berbagai situasi, wajah berminyak juga berpotensi:

  • Membuat pori-pori wajah tersumbat dan memicu jerawat
  • Sangat sulit menjaga make up agar bisa bertahan lebih lama
  • Wajah jadi lebih mudah kotor karena minyak di wajah sangat mudah menangkap debu maupun polusi

Rutinitas harian untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah

Walaupun kulit berminyak sering dianggap sebagai sebuah masalah dan sumber masalah, namun itu akan berbalik menjadi sebuah keuntungan ketika kita memasuki usia 40-an. Mengapa? Kulit wajah yang berminyak dan lembab bisa membuat kita terlihat lebih awet muda dibandingkan dengan mereka-mereka yang memiliki kulit kering.

Walau demikian, jika intensitas minyak di wajahmu terasa sangat berlebihan dan membuatmu sulit mempertahankan make up, sekaligus sulit untuk membersihkan wajah dari debu dan kotoran, beberapa tips berikut ini seharusnya bisa membantumu.

  1. Cuci wajah 2 kali sehari

Meskipun minyak di wajah mau pasti akan kembali lagi setelah melalui proses pencucian, tapi usahakan untuk menahan diri agar tidak mencucinya terlalu sering. Karena kulit yang terlalu kering akan memicu reaksi sebum sehingga menghasilkan minyak lebih banyak.

  1. Gunakan pembersih wajah khusus untuk kulit berminyak

Saat membersihkan wajah, cobalah untuk menggunakan produk-produk yang memang diformulasikan khusus untuk kulit wajah berminyak. Produk ini biasanya sangat efektif membantu menghilangkan kotoran, mengangkat kelebihan minyak, dan sisa-sisa make up yang menempel di dalam pori-pori.

Sebelum mencuci wajah, biasakan diri untuk membasuh wajah menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka. Sehingga, kotoran atau sisa-sisa make up yang terjebak di dalam pori-pori bisa terangkat secara sempurna.

  1. Lembabkan kulit wajah setelah mencuci wajah

Di hari-hari lain, biasakan diri juga menerapkan masker wajah yang terbuat dari buah-buahan atau masker Naturgo seperti yang saya sarankan di atas.

Pasalnya, Masker Naturgo selain efektif untuk mengangkat komedo dan sisa-sisa kotoran, juga berfungsi sebagai pelembab. Jangan melihat harganya yang murah, harga masker Naturgo yang ramah kantong bukan indikasi bahwa produk ini murahan dan tidak berguna.

Sebaliknya, dengan harga masker Naturgo yang murah, kita akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Masker sebaiknya digunakan 2-3 minggu sekali untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah dan untuk memberikan nutrisi dari luar.

  1. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali dalam sebulan

Eksfoliasi adalah kegiatan mengangkat atau meluruhkan sel kulit mati. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menggunakan eksfoliator yang terbuat dari kain yang direndam dengan air hangat atau dengan menggunakan exfoliator yang kasar seperti tepung gram, gula, pasir, hingga exfoliator yang dikeluarkan oleh produsen kecantikan.

  1. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi

Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan makanan-makanan yang digoreng termasuk goreng-gorengan. Sebaliknya, beralihlah ke makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, serta makanan yang banyak mengandung protein tanpa lemak (daging merah).

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus