Kamis, 25 Oktober 2018 Akomodasi
Libur Panjang Imlek 2019, Yuk Rencanain Dari Sekarang

Tahun baru imlek memang baru akan jatuh pada tanggal 5 Februari 2019, dan sekarang kita masih berada di tahun 2018. Namun demikian, merencanakan apa yang akan kita lakukan jauh-jauh hari bukanlah sesuatu yang salah. Apalagi kalau dipikir-pikir, tahun baru imlek di tahun 2019 bisa menjadi libur panjang bagi yang bisa ‘mengakalinya’.

Sejak tahun 2003, yang mana pada saat itu Indonesia masih dipimpin presiden Abdurrahman Wahid, tahun baru imlek memang ditetapkan menjadi hari libur nasional. Satu hari secara nasional pada perayaan imlek akan ditandai dengan tanggal merah untuk menghormati perayaan warga etnis Tionghoa.

Ajukan Cuti Dari Sekarang

Di tahun 2019 yang akan datang, tahun baru Imlek akan jatuh pada hari selasa tanggal 5 Februari. Meski secara resmi hanya libur satu hari, tapi bagi kamu yang menjalani pekan kerja selama lima hari dari senin sampai jumat, dengan mengajukan satu hari cuti pada hari senin, kamu akan mendapatkan sebuah libur panjang. Akan sangat membantu jika kamu mengajukan cuti kerja dari jauh-jauh hari seperti sekarang.

Cuti Sudah Diajukan, Enaknya Liburan Kemana?

Indonesia tidak pernah kehabisan destinasi favorit untuk liburan. Jika kamu warga jakarta, cobalah sesekali mengunjungi pulau seribu. Kalau mau ikut arus liburan utama, kamu bisa mengunjungi pulau Bali yang mana pulau ini seakan tak pernah habis menawarkan keindahan meski terus dieksplorasi. Tapi jika kamu ingin benar-benar menikmati nuansa Imlek yang semarak, kamu harus ke Pontianak, Kalimantan Barat.

Kenapa Pontianak?

Setidaknya ada dua alasan yang seharusnya membuat kamu harus mengunjungi Pontianak saat perayaan imlek.Pertama, kota Pontianak menawarkan nuansa Imlek yang sangat mengena di hati. Secara umum, kota ini maupun Kalimantan Barat memiliki 3 etnis terbesar, yakni Melayu, Dayak dan Tionghoa. Banyaknya warga keturunan Tionghoa di kota ini memang menjadikan perayaan imlek terasa meriah, megah, dan susah dilupakan. Mulai dari pawai, festival barongsai, tarian naga, sampai nuansa merah cerah akan mewanai sepanjang jalan di kota tersebut.

Adapula tradisi turun ke jalan sambil membawa lampion dan berkunjung ke rumah-rumah teman dan kerabat. Mengingat komunitas Tionghoa di Pontianak cukup besar, maka pelaksanaan tradisi ini menjadi sangat meriah. Tak heran jika pada tahun 2015 silam, Perayaan Lunar New Year atau Tahun Baru Imlek di kota Pontianak diklaim sebagai salah satu Perayaan Tahun Baru Imlek yang terbesar se Asia Tenggara.

Kedua, Kalimantan bukanlah tujuan wisata mainstream kebanyakan orang Indonesia. Perlu diakui memang, meskipun menawarkan keindahan yang menawan, namun kebanyakan orang Indonesia tidak menjadikan Kalimantan sebagai destinasi utama saat liburan, terutama bagi kamu yang tidak ada sama sekali memiliki garis keturunan Kalimantan. Secara tujuan wisata orang-orang, Kalimantan memang kalah dari Bali pantai dan gunungnya, Jogjakarta dengan keraton dan Malioboro-nya, Sumatera dengan budaya Minang dan Medan-nya, hingga Papua dengan Raja Ampat-nya. Tapi Kalimantan terus berbenah dan selalu berusaha menjadi tempat yang tidak akan mengecewakan. Jadi, daripada mengikuti arus liburan yang sudah mainstream, nggak ada salahnya coba yang lain, kan?

Cuti Diajukan, Tempat Sudah Ditentukan, Terus Apa Yang Harus Dilakukan?

Ya beli pesan tiket lah, hehe. Tapi jangan sembarangan beli tiket ya. Selain karena faktor keamanan, faktor kemudahan dan harga yang ‘bersaing’ juga harus diutamakan. Saran kami sih ya ke Traveloka.

Coba kunjungi dulu traveloka.comEits jangan lupa pilih yang ‘Pesawat + Hotel’ ya, lebih mudah soalnya  dan tentunya menghemat waktu. Jadi nggak washing time kan? Hehe. Selain itu kalau kamu milih paket pesawat plus hotel kamu juga akan mendapatkan harga lebih murah. Kamu bisa dapet potongan diskon hingga 20%!Coba deh lihat gambar di atas, kamu bahkan bisa menghemat pengeluaranmu hingga 24 persen, lumayan kan? Ternyata harganya lebih murah daripada memesan tiket dan hotel secara terpisah. Kalo begini uang jajanmu bisa nambah, lumayan buat makan dan beli oleh-oleh.

Untuk masalah pembayaran sih tenang aja, selain dengan kartu kredit, kamu bisa transfer langsung dari berbagai Bank yang terdapat di Indonesia, mudah bukan?

Intinya kamu harus mempersiapkan liburan dari jauh-jauh hari supaya mudah ngajuin cuti dan dapat paket liburan yang murah dan menyenangkan. Coba cek deh kalender kamu, kapan ada tanggal merah dan mulailah merencanakan liburan dari situ, seperti liburan yang bertepatan dengan Tahun Baru Imlek

BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus