Senin, 5 November 2018 Buah Hati
Posisi Menyusui Penting Untuk Memperlancar Asi

Asi adalah makanan terbaik untuk bayi. Maka tidak heran jika banyak para ibu memberikan Asi hingga 2 tahun bahkan lebih. Namun tak semua ibu memberikan asi hingga 2 tahun. Penyebabnya adalah produksi asi yang tidak lancar. Produksi asi yang tidak lancar ini disebabkan banyak factor. Selain factor makanan, asi yang tidak lancar juga disebabkan oleh posisi menyusui yang tidak nyaman. Maka dalam memberikan asi pada bayi, posisi menyusui haruslah yang membuat anda nyaman. Mungkin anda bingung bagaimana posisi menyusui yang nyaman. Apalagi jika anda seorang calon ibu. Anda tidak perlu cemas dan bingung. Penjelasan berikut akan membantu anda mehaminya.

Posisi menyusui juga sangat akan membantu memperlancar asi. Hal ini dikarenakan, salah satu alasan asi terus mengalir deras karena emosional ibu yang baik. Emosional yang bagus dari ibu menyusui berasal dari banyak hal. Selain anda yang dianjurkan untuk jalan-jalan atau pergi shopping agar emosi atau perasaan menjadi bahagia, posisi menyusui juga dapat mempengaruhi emosi anda. Coba anda bayangkan jika ketika posisi anda tidak nyaman, anda pasti akan merasa kesal. Nah, untuk itu posisi menyusui yang nyaman perlu anda cari ketika sedang menyusui.

Menurut beberapa penelitian, posisi menyusui yang nyaman adalah dengan berbaring di tempat tidur. Jadi anda dan bayi berbaring di tempat tidur. Posisi ini akan membuat anda merasa rileks dan juga tubuh anda akan sangat nyaman. Maka posisi ini sangat disukai ibu menyusui. Tidak jarang karena terlalu nyama posisi menyusui ini, banyak ibu menyusui yang tertidur ketika sedang menyusui. Namun jangan lupa ketika anda menyusui dalam posisi tiduran ini, anda harus berganti-ganti posisi payudara juga. Karen ajika anda tidak berganti-ganti payudara maka payudara yang menganggur akan bengkak. Jika payudara anda bengkak, anda akan merasa kesakitan, bahkan jika parah anda harus pergi ke dokter.

Posisi selanjutnya yang juga bisa membuat anda nyaman adalah dengan duduk di sofa dengan senderan yang empuk. Anda bisa memangku bayi anda lalu menyusuinya. Posisi ini sangat nyaman untuk ibu yang baru saja melahirkan atau bagi ibu menyusui dengan umur bayi yang masih 1-3 bulan. karena biasanya berat bayi masih kecil. Ketika anda menggunakan posisi ini, anda dianjurkan untuk menggunakan bantal menyusui. Banyak produsen yang sekarang menjual bantal menyusui yang nyaman. Bantal menyusui biasanya berbentuk setengah lingkaran. Namun menggunakan bantak biasa pun juga bisa sangat nyaman.

Posisi berikut ini mungkin bisa menjadi opsi terakhir anda. Posisi ini sebenarnya adalah posisi emergency ketika bayi rewel. Bayi yang masih dibawah 40 hari biasanya sangat rewel dan selalu ingin dekat dengan ibunya. Maka posisi menyusui sambil menggendong bayi bisa menjadi opsi ketika bayi merasa tidak tenang atau sangat rewel. Anda bisa menggunakan gendongan bayi atau kain ketika melakukan posisi menyusui ini. Dengan posisi menyusui sambal menggendong bayi ini biasanya bayi akan tertidur juga. Jika bayi sudah tertidur maka anda bisa langsung menidurkan bayi, agar anda tidak pegal. Posisi menyusui ini memang bisa membuat badan anda pegal-pegal. Namu bayi anda bisa sangat tenang, karena menyusui dan juga berada di dekapan anda.

Sebelum anda mencotohkan beberapa posisi menyusui di atas, anda juga sangat dianjurkan untuk memakan makanan yang bergizi. Kemudian sebelum anda hendak menyusi bayi anda. Minumlah 2 gelas air putih atau lebih agar asi anda juga semakin deras. Jangan lupa ketika menyusui adalah harus sering-sering mengganti posisi payudara yang akan diminum bayi anda. Jika anda tidak melakukan hal tersebut maka produksi asi akan timpang.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus