Jumat, 9 November 2018 Buah Hati
4 Menu MPASI 6 Bulan Yang Tak Akan Ditolak Si Kecil

Sebelum usianya 6 bulan, si kecil terlihat sangat penasaran dengan berbagai makanan yang ada. Bahkan tak jarang ia berusaha merebut makanan yang sedang dipegang oleh orang tuanya. Tapi ternyata ketika tiba waktunya mengonsumsi MPASI atau makanan pendamping ASI, banyak juga bayi yang malah menolak makan. Ia menutup mulutnya dengan rapat dan sama sekali tidak mau menyantap makanan yang Anda sediakan. Padahal berbagai menu MPASI 6 bulan yang lezat sudah disiapkan. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Tenang saja, sebab ada beberapa menu MPASI 6 bulan yang super enak dan pasti tak akan ditolak buah hati. Berikut adalah informasinya:

Puree alpukat

Kalau anak susah makan, coba dengan masukkan puree alpukat ke dalam menu MPASI 6 bulan. Untuk membuatnya cukup mudah. Pertama, siapkan alpukat yang sudah matang, cirinya adalah memiliki daging buah tebal ddengan warna hijau kekuningan. Kemudian ambil daging buah alpukat, lalu haluskan menggunakan garpu. Sebaiknya tidak perlu dihaluskan dengan blender karena nanti hasilnya akan terlalu encer. Setelah itu, Anda bisa menambahkan ASI atau susu formula untuk memberikan rasa yang familiar bagi si kecil.

Puree apel

Nah, menu MPASI 6 bulan berikutnya yang pasti akan disukai buah hati adalah puree apel. Buah satu ini memiliki rasa manis alami sehingga tentu akan disukai oleh si kecil. Pilihlah apel yang matang lalu cuci hingga bersih dan kupas kulitnya. Setelah itu, kukus apel hingga matang dan lembut kemudian kukus sampi lunak. Setelah itu, hancurkan apel sampai menjadi puree dan bisa langsung diberikan kepada si kecil untuk disantap. Apel ini juga bisa diganti dengan buah sejenis seperti pir, namun rasa dari pir tidak akan semanis apel.

Puree buncis

Menu MPASI 6 bulan yang berjenis puree tak hanya bisa dibuat dari buah saja, lho. Ada juga sayur yang cocok dijadikan puree yakni buncis. Buncis sendiri merupakan sayur yang kaya akan serta, vitamin, serta mineral. Untuk membuat puree buncis, cuci dahulu sampai bersih kemudian potong-potong dan kukus hingga lunak. Setelah itu, blender buncis hingga halus. Jika terlihat masih ada serta kasar, Anda bisa menyaringnya lagi supaya lebih halus. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan unsalted butter yang baik juga untuk tambahan lemak bayi.

Bubur beras merah

Bubur beras merah merupakan salah satu menu MPASI 6 bulan yang sangat populer. Untuk membuatnya juga sangat mudah, Anda cukup menyiapkan beras merah kemudian sangrai dan masukkan ke dalam food processor hingga halus dan menjadi tepung. Setelah itu, larutkan dua sendok tepung beras merah ke dalam 100 ml air dan rebus sampai mendidik. Dalam bubur ini bisa juga ditambahkan susu formula maupun ASI untuk memberikan rasa yang lebih lezat.

Saat pertama kali mencoba menu MPASI 6 bulan, sebaiknya hindari penggunaan garam, gula, maupun bumbu instan lainnya. Untuk menambah rasa, Anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami. Misalnya apel dan ubi untuk rasa manis, kaldu daging untuk rasa asin dan gurih, unsalted butter untuk rasa creamy, dan ASI serta susu formula untuk memberikan rasa yang dikenal si kecil. Selain itu, pastikan juga Anda memilih bahan yang segar dan berkualitas sehingga buah hati bisa memperoleh nutrisi terbaik.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus