Senin, 19 November 2018 Akomodasi Destinasi Seni Budaya
Di Tempat Lain Juga Punya Objek Wisata Yang Bagus, Tapi Kenapa Bali Istimewa?

Bali adalah sebuah pulau di kepulauan Nusantara, yang berada di antara pulau Jawa dan Nusa Tenggara. Meski hanya sepersekian kecil dari luasnya tanah Indonesia, tapi harus diakui bahwa pulau Bali menjadi primadona bagi orang-orang di seluruh dunia, bahkan bagi sebagian orang, pesona satu provinsi ini bisa dibilang lebih berkilau di banding satu negara secara keseluruhan. Bukan berarti tempat lain di Indonesia tidak bagus, tetapi ada banyak orang, terutama dari luar negeri yang mengetahui pulau Bali dengan baik tapi tak tahu Indonesia itu sendiri.

Keterkenalan Bali di mata internasional memang tidak lepas dari potensi wisata yang terdapat di pulau ini. Pulau Bali dan pariwisata memang seperti tidak bisa dipisahkan, bagaikan benang dan jarum, ia bergerak seirama dan saling terkait. Dalam beberapa survei yang dilakukan oleh lembaga riset dunia, pulau Bali selalu masuk dalam jajaran top destinasi wisata terfavorit di planet bumi.

Kemudian muncul pertanyaan, bukankah tempat lain juga punya tempat wisata yang menarik? Bukankah di pulau lain punya pantai yang lebih bagus? Bukankah pantai dengan pasir yang lebih putih dan bersih sangat banyak? Tapi kenapa selalu Bali yang jadi primadona? Mungkin ulasan berikut ini tak bisa memenuhi seluruh rasa penasaran kamu, tapi semoga bisa mengobatinya sedikit.

Pulau Bali Punya Berbagai Jenis Destinasi Wisata

Pulau Bali dianugerahi tanah yang sangat cantik. Hampir setiap jengkal dari tanah Bali adalah objek wisata. Jika kamu bosan dengan pantai, kamu bisa mencoba naik gunung. Jika kamu bosan ber-ajib-ajib ria di club malam, kamu bisa pergi ke danau. Jika kamu bosan dengan suasana hotel dan mall, kamu bisa berkemah di hutan.

Bahkan jika kamu merasa terlalu lelah dengan objek wisata ‘duniawi’, kamu bisa mencoba pergi ziarah ke berbagai wisata religi. Di pulau ini terdapat banyak makam yang dihormati, baik itu dari kalangan agama Hindu, ataupun makam wali yang dihormati oleh mereka yang beragama muslim.

Tak heran jika ada wisatawan yang bilang, “Pulau Bali ini seakan tak habis-habis. Sudah bertahun-tahun dieksplore, tetapi selalu ada menawarkan sesuatu yang baru.”

Orang Bali Punya Budaya dan Tradisi Unik

Pulau Bali dihuni oleh banyak suku bangsa, baik lokal bahkan sampai mancanegara. Meski begitu, kebudayaan dan tradisi asli Bali masih tetap dipertahankan, terutama oleh penduduk asli. Penduduk asli Bali beretnis Bali, yang terbagi menjadi Bali Aga (Pegunungan) dan Bali Majapahit (Dataran), sebagian besar penduduk asli menganut agama Hindu.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu akan terbiasa menyaksikan masyarakat yang tanpa risih beribadah setiap pagi. Kamu juga bisa menikmati tampan dan cantiknya muda-mudi Bali yang lalu-lalang sambil mengenakan pakaian adat. Ditambah dengan hangatnya sambutan masyarakat Bali dan pemandangan alam yang memanjakan mata dari segala sisi, sukses membuat wisatawan betah berlama-lama di pulau ini.

Berbagai upacara keagamaan dari masyarakat Bali juga menjadi sajian yang khas bagi wisatawan. Juga tarian, musik, dan yang lainnya. Bagi yang menyukai sejarah dan kebudayaan, tempat-tempat bersejarah seperti pura, makam, museum, dan yang lainnya juga bisa menjadi pilihan

Sarana dan Prasarana Yang Sangat Memadai

Karena sudah menjadi destinasi favorit sejak dari zaman dulu, pulau Bali sudah memiliki sarana dan prasarana yang memadai bagi para wisatawan. Di pulau ini sudah banyak tersedia penginapan dengan berbagai level, dari yang sangat murah hingga sangat mewah. Tempat perbelanjaan, ATM, transportasi publik, cafe, dan lain sudah banyak tersedia.

Bahkan di Bali juga sudah memiliki bandara internasional, tepatnya di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Hal ini menjadikan biaya Liburan Keluarga Ke Bali bisa sangat-sangat terjangkau.

Karena harus kita akui, ada beberapa tempat wisata yang meskipun masih berada di Negara Kesatuan Republik Indonesia, tapi biaya yang harus dikeluarkan ke tempat tersebut sebanding dengan biaya pergi ke Jepang. Kita doakan saja kesenjangan seperti ini secepatnya teratasi oleh pemerintah.

Penduduk Bali Bisa Berbahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang paling banyak dituturkan oleh orang di seluruh dunia. Dan hebatnya, banyak penduduk di pulau Bali bisa mengerti dan lancar berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Tentu ini sangat memberikan kemudahan bagi turis asing yang tidak bisa berbahasa Indonesia, namun sedang memerlukan bantuan dari warga sekitar.

Pulau Bali Relatif Aman

Menurut pengalaman dari banyak wisatawan yang pernah liburan di Bali, keadaan pulau ini relatif lebih aman daripada tempat-tempat lain di Indonesia. Di Bali, mereka tak perlu harus ketakutan jika harus berjalan sendirian di tengah malam. Sedangkan di beberapa kota lain, benjalan kaki sendirian di tengah malam harus bersiap-siap bertemu preman yang suka memalak, begal, dan sebagainya. Ini sih kelebihan pulau Bali yang seharusnya bisa dicontoh oleh masyarakat di tempat lain.

Ya walaupun di zaman dulu keamanan di pulau Bali sempat tercoreng oleh beberapa kali terkena serangan teroris dengan meledakanya bom di beberapa hotel. Tapi sekarang keamanan Bali sudah lebih diperketat dengan melakukan pemeriksaan ketat kepada setiap orang yang masuk ke pulau ini.

Itulah beberapa poin yang menurut kami membuat pulau Bali terasa istimewa dan selalu menjadi pilihan utama wisatawan, baik itu dari dalam maupun luar negeri. Pulau Bali seakan mengucapkan selamat datang bagi siapapun, tak memandang kamu berasal dari golongan konglomerat ataupun warga biasa, semuanya cocok untuk berkunjung dan akan diterima dengan senang hati.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus