Jumat, 23 November 2018 Otomotif
5 Bagian Penting Dalam Motor Bebek Modif yang Harus Anda Perhatikan

Motor bebek menjadi salah satu jenis motor yang paling banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Selain bentuknya yang lebih simple, jenis motor bebek juga lebih mudah untuk dikendarai.

Namun, tidak semua orang yang memiliki motor bebek puas dengan performa yang dimiliki oleh motornya. Tidak jarang banyak diantara mereka yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk melakukan motor bebek.

Salah satu motor bebek modif yang sering dijumpai adalah jenis Jupiter Mx. Jupiter MX sendiri merupakan jenis sepeda motor keluaran Yamaha yang berasal dari jepang. Sayangnya, jenis motor modifikasi biasanya sering terkena razia lalu lintas di jalan.

Nah, bagi Anda yang ingin memodifikasi motor bebek namun tetap aman digunakan, berikut ini ada beberapa tips motor bebek modif yang bisa dicoba.

  1. Rangka

Saat ini ada banyak sekali bengkel yang menyediakan rangka motor bebek yang sudah dimodifikasi. Namun, Anda perlu hati-hati dalam mengikuti tren rangka ini. Pasalnya, rangka sepeda motor harus sesuai dengan nomor yang tertera pada STNK.

Jika Anda ingin melakukan modifikasi pada bagian rangka, ada baiknya jika Anda meminta izin pada pihak kepolisian terlebih dahulu. Pasalnya, modifikasi rangka sendiri biasanya kurang aman, terlebih jika sudah mengganggu ergonomi riding.

Sebenarnya sah-sah saja melakukan modifikasi, namun jika hal tersebut malah mengganggu pengguna jalan dan keselamatan Anda, bukankah hal ini menjadi merepotkan?

  1. Dimensi

Memodifikasi bagian dimensi berarti Anda akan mengubah bagian panjang, tinggi, lebar, jalur belakang, jalur depan dan juga jalur pergi. Perlu Anda ketahui bahwa terdapat peraturan pemerintah yang tertera pada Pasal 54 PP 55/2012 yang menyatakan bahwa penambahan hanya bisa dilakukan sebanyak 50mm saja.

Agar motor yang sudah dimodifikasi aman, ada baiknya jika Anda mengurus surat ganti dimensi agar ketika berkendara Anda tidak ditilang.

  1. Daya Angkut

Sering kali Anda melihat sepeda motor bebek yang diubah menjadi seperti becak atau kendaraan roda tiga untuk membawa barang dalam jumlah banyak. Jenis sepeda motor yang seperti ini otomatis daya angkutnya akan bertambah. Jika sudah demikian maka dimensinya juga akan diubah untuk samping kanan dan kiri.

Untuk itu, Anda harus memperhatikan penambahan ini, Anda juga harus menyesuaikan dengan material yang sama. Dengan demikian, Anda akan lebih aman saat berkendara di jalan.

  1. Mesin

Komponen lain pada motor bebek modif yang sering diganti adalah mesin. Biasanya mesin akan dimodifikasi ada jenis motor drag. Hal ini digunakan agar kecepatannya lebih bertambah.

Mengganti mesin sendiri sebenarnya merugikan pengguna, pasalnya mesin yang dipasang sudah disesuaikan dengan jenis sepeda motor. Jika mesin diutak-atik hal ini akan membuat mesin bekerja di luar batas kemampuannya.

Jika Anda ingin memodifikasi mesin, maka sebaiknya Anda harus melakukan uji kendaraan terlebih dahulu. Anda juga harus menyertakan surat modifikasi yang dikeluarkan oleh bengkel sebagai tanda perubahan.

  1. Ban

Hal lain yang tak luput dari modifikasi motor adalah bagian ban. Sering kali ban standar diganti dengan ukuran yang lebih kecil, terlebih lagi pada motor drag. Ada baiknya jika Anda ingin memodifikasi ban, jangan gunakan jenis ban cacing.

Memang jenis ban ini akan membuat laju sepeda motor menjadi lebih ringan. Namun ban ini ternyata tidak aman digunakan di jalan raya. Sebab jenis ban ini memiliki kekuatan cengkram yang kurang mendukung sepeda motor bebek.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, maka Anda bisa memodifikasi Yamaha Jupiter MX milik Anda dengan aman. Motor bebek modif yang Anda miliki juga bisa digunakan di jalan raya tanpa harus takut terkena tilang.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus