Kamis, 27 Desember 2018 Atur Duit
Peran Penting Financial Service untuk Startup Pemula

Sebuah startup tidak dapat berdiri tanpa layanan pendanaan atau sebuah Financial Service. Sayangnya masih banyak orang yang meremehkan peran sebuah layanan pembiayaan. Padahal, peran layanan pendanaan memiliki peran yang cukup besar dalam sektor permodalan sebuah perusahaan yang baru dibangun.  Akan tetapi sebenarnya, peran pemodal ini tidak hanyalah dalam soal menyediakan biaya yang dibutuhkan sebuah startup.

Empat Peran Sebuah Financial Service untuk Startup Anda

Layanan pendanaan memiliki banyak peran penting bagi sebuah startup. Bila Anda merupakan pendiri pemula sebuah startup, tidak ada salahnya memanfaatkan peran-peran penting dari layanan pendanaan ini. Apa saja peran penting sebuah Financial Service yang bisa Anda manfaatkan?

  1. Membantu forecasting dan budgeting startup

Tidak perlu ditanya lagi. Tentu forecasting adalah hal yang sangat penting dalam sebuah perusahaan, apalagi yang baru dibangun. Kebutuhan memang akan selalu berubah mengikuti waktu dan sifatnya dinamis. Namun, forecasting di sini nantinya akan membantu Anda dalam memprediksi anggaran keuangan yang akan bergerak berdasarkan kebutuhan perusahaan Anda. Tidak hanya itu, keberadaan forecasting akan membantu sebuah startup untuk menentukan jangka kebutuhan dana tambahan untuk mensupport startup tersebut.

Selain itu, Financial Service juga memiliki peran penting dalam membantu penyusunan hal-hal yang berkatian dengan budgeting. Sebuah startup diwajibkan memiliki kemampuan mengajukan anggaran dengan baik tanpa menghabiskan seluruh anggaran keuangan yang dimiliki. Bila startup belum memiliki kemampuan yang cukup mumpuni dalam hal forecasting dan budgeting, di sinilah peran layanan pendanaan sangat dibutuhkan.

  1. Membantu pengumpulan atau penggalangan dana

Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak startup adalah tidak adanya proses penggalangan dana. Padahal, proses satu ini bukanlah hal yang jarang ditemui pada perusahaan-perusahaan yang sudah lebih berkembang. Bahkan, hingga perusahaan yang sudah berdiri cukup lama dan bersifat lebih profesional pun tetap membutuhkan dan menjalankan sebuah penggalangan dana. Penggalangan dana ini biasanya rutin dilakukan dengan jangka waktu kurang lebih enam bulan sebelum rencana anggaran dan kas dibutuhkan perusahaan. Di sini juga peran sebuah layanan pendanaan dibutuhkan.

  1. Menyediakan program employee stock option atau EO

Kepemilikan dan pembagian saham tidak jarang membingungkan para pendiri startup yang baru memulai usahanya. Jika hal ini terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir. Padahal, pembagian saham merupakan salah satu cara dari startup untuk memberikan kompensasi bagi para karyawan tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi. Jika Anda tidak memahami cara membagi sebuah saham secara adil dan tetap menguntungkan Anda, maka Anda bisa mengandalkan layanan pendanaan untuk membantu Anda.

  1. Memberikan beberapa opsi keputusan

Terkadang, pimpinan startup memiliki keteledoran dalam memutuskan langkah perusahaan. Hal ini bisa terjadi baik oleh perusahaan yang sudah bersifat profesional maupun yang baru dibangun. Bila kondisi ini terjadi, pihak Financial Service akan menganalisis laporan keuangan yang diambil dari hasil proses aktivitas startup dalam jangka waktu tertentu. Nantinya akan muncul beragam pertimbangan yang berkaitan dengan kepuasan pelanggan, keuangan perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan. Dari hasil analisis itulah layanan pendanaan akan memberikan beberapa pilihan yang bisa Anda ambil sebagai keputusan startup. Hal ini bisa berlaku seterusnya bahkan jika perusahaan Anda sudah semakin terkenal namanya.

Nah itulah beberapa fungsi, peran, serta manfaat sebuah Financial Service bagi perusahaan atau startup yang baru tumbuh. Banyak bukan, sarana bantuan yang bisa Anda andalkan bila masih bingung dalam menjalankan sebuah startup. Nah, salah satu layanan pendanaan yang senantiasa membantu Anda dalam menjalankan perusahaan adalah Pracico dari Multi Inti Sarana atau MIS Group.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus