Rabu, 23 Januari 2019 Otomotif
Tips Berkendara Aman untuk Wanita

Berkendara sepeda motor saat ini tidak hanya terbatas untuk dilakukan laki-laki saja, tetapi juga untuk pengendara wanita. Kebutuhan untuk mobilisasi secara cepat menjadi alasan utama mengapa para perempuan mulai beralih ke sepeda motor. Nah, jika Anda merupakan pengendara wanita, simak tips berkendara yang aman untuk para wanita berikut ini.

Cek selalu kondisi kendaraan

Ada beberapa hal sederhana yang para wanita bisa lakukan untuk mengecek kondisi kendaraan bermotor. Sebelum mulai berkendara, cek kelengkapan kendaraan Anda seperti spion kanan dan kiri yang lengkap, bunyi klakson motor yang cukup nyaring juga kondisi angin pada ban yang aman dan tidak kempes.

Selain itu juga, pengecekan beberapa lampu kendaraan Anda seperti lampu utama, lampu sein dan indikator lain juga diperlukan untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik .Kemudian, yang tidak kalah penting adalah pengecekan rem kendaraan bermotor Anda dalam kondisi prima.

Selalu gunakan peralatan safety riding

Jika kelengkapan peralatan pada motor sudah lengkap, pastikan menggunakan peralatan safety riding yang memadai, seperti misalnya menggunakan helm yang berstandar SNI. Pilih Helm yang yang dilengkapi dengan kaca pelindung dan tali pengaman. Cek juga apakah helm sudah dikunci dan dikaitkan agar tidak mudah lepas saat digunakan.

Pakailah jaket dan sarung tangan saat berkendara. Pilihlah produk dan jenis jaket dan sarung tangan yang nyaman dan aman saat digunakan. Jaket dan sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi dari terik matahari dan angin selama berkendara. Items ini juga bisa memberi proteksi lebih saat terjadi kecelakaan. Jaket berbahan denim atau kulit asli bisa dipilih sedangkan sarung tangan bisa menggunakan bahan kulit.

Pakaian yang aman dan nyaman saat digunakan

Akhir-akhir ini sering terjadi kecelakan yang diakibatkan pakaian pengendara yang tersangkut di salah satu bagian motor yang membuat pengendara jatuh. Oleh karena itu, pakaian yang digunakan selama berkendara juga merupakan salah satu faktor yang membuat Anda aman dan nyaman berkendara.

Untuk itu, disarankan bagi Anda para wanita pengendara motor sebaiknya menggunakan motor berjenis skuter matic untuk menghindari kejadian pakaian tersangkut pada rantai motor. Perlu juga untuk memperhatikan pakaian yang Anda gunakan tidak terlalu panjang.

Hindari berkendara dengan menggunakan rok, karena menggunakan rok akan mengurangi ruang gerak Anda sehingga akan kesulitan saat mengemudikan motor. Sebaiknya Anda menggunakan celana panjang. Selain nyaman saat dipakai berkendara roda dua, celana panjang juga akan melindungi kaki.

Hindari barang bawaan dan aksesoris berlebihan

Selama berkendara, hindari membawa barang bawaan dan aksesoris yang berlebih. Membawa barang bawaan berlebih dengan menggunakan sepeda motor dapat mengganggu Anda dalam berkendara, karena motor menjadi lebih berat dan tidak stabil saat di jalanan.

Sedangkan untuk aksesoris, jangan menggunakan perhiasan berlebihan. Perhiasaan yang Anda pakai mungkin akan membuat terlihat lebih cantik dan menawan tetapi itu juga akan memancing tindak kriminal di jalan. Oleh karena itu, sebaiknya selama di perjalanan gunakanlah perhiasaan sewajarnya saja.

Patuhi selalu rambu lalu lintas

Berani membawa kendaraan artinya harus siap mentaati peraturan di jalan. Pelajari dan pahami rambu-rambu lalu lintas, marka jalan dan situasi di jalanan. Jadilah pengendara motor yang bijaksana dengan mematuhi  peraturan lalu lintas dan tidak mengebut. Tentu ini juga untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Beberapa poin tadi perlu diperhatikan untuk pengendara wanita sebelum memulai perjalanannya. Dengan mengikuti beberapa tips di atas, pengendara wanita akan mempunyai risiko yang lebih kecil untuk terlibat dalam kecelakaan lalu-lintas.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus