Berburu Makanan Khas Banjar di Siring Pierre Tendean, Banjarmasin

Kalau kamu singgah di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan nggak punya banyak waktu berlebih (dan uang), jangan khawatir tidak mendapat liburan yang menyenangkan. Karena di kota seribu sungai ini, kamu bisa mendapatkan pengalaman fantastis meski dengan sedikit waktu dan pendanaan.

Ialah kawasan Siring Pierre Tendean, sebuah kawasan wisata di kota Banjarmasin yang selalu ramai, terutama di hari sabtu dan minggu. Berada tepat di tengah-tengah kota, kawasan ini sangat mudah untuk dikunjungi karena semua warga Banjarmasin tahu, dan akan senang hati menjadi tour guide kamu.

Siring Pierre Tendean berada tepat di tepian sungai Martapura, salah satu sungai besar yang membelah kota Banjarmasin. Berada tepat di pinggir sungai, maka pengalaman wisata yang akan kamu dapatkan ya ga jauh-jauh dari pengalaman sungai, seperti belanja di pasar terapung, makan di tempat terapung, ngelihat jukung (kapal tradisional) lalu lalang dan berjualan, bahkan sampai bisa naik perahu untuk nyobain sensasi menyusuri sungai dengan harga yang sangat murah.

Sebagai kawasan wisata, Siring Pierre Tendean menawarkan berbagai macam wisata yang bisa kamu coba. Ada pasar terapung, Menara Pandang, patung Bekantan, street food, taman 0 Kilometer, bahkan Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, mesjid yang seperti di dalam hutan itu (dalam artian positif). Spot-spot wisata itu semua bisa ditempuh satu sama lain hanya dengan berjalan kaki. Apalagi saat hari minggu, setengah dari kawasan tersebut disterilkan dari berbagai kendaraan untuk melakukan car free day.

Pasar Terapung Siring Pierre Tendean

Sudah dari dulu, Banjarmasin terkenal dengan pasar terapungnya. Pasar terapung yang terkenal ialah Pasar Terapung Kuin dan Pasar Terapung Lok Baintan yang secara alami terbentuk sejak ratusan tahun yang lalu di zaman kerajaan.

Namun, kedua pasar terapung tersebut hanya buka di pagi hari, dan jaraknya lumaian jauh dari Banjarmasin. Kamu harus bangun pagi-pagi buta (sekitar jam 3 subuh) kalau mau kesana, dan harus menyewa sebuah kapal seharga 400-600 ribuan.

Nah bagi kamu yang susah bangun pagi, atau ga punya waktu yang banyak untuk ke pasar terapung yang terkenal itu, Pemerintah Kota Banjarmasin menyediakan pasar terapung (walaupun buatan) yang terletak di pusat kota, yakni Pasar Terapung Siring Pierre Tendean.

Di pasar terapung ini, kamu bisa membeli berbagai macam hal, terutama yang berhubungan dengan khas Banjar, seperti oleh-oleh, buah-buahan, dan tentunya makanan khas Banjar.

Misalnya saja dalam perjalanan saya hari minggu kemarin (3 Maret 2019) ke Pasar Terapung Siring Pierre Tendean, hanya untuk mencari sarapan.

Ada banyak menu sarapan tersedia, seperti berbagai macam kue, nasi kuning, lontong, dan tidak ketinggalan soto banjar yang sangat terkenal mendunia itu loh. Jangan lupa, baik lontong, nasi kuning dan yang lainnya itu rasa dan cara memasakannya khas, jadi mungkin akan sulit ditemukan di kota lain.

Saya sendiri memilih untuk makan lontong, karena terlalu pagi untuk makan yang berat-berat seperti soto banjar dan merasa terlalu ringan kalau hanya makan kue. Saya membeli lontong 2 porsi, plus air mineral, totalnya, cuman 25ribuan (ingat ini untuk 2 porsi).

Makan Lontong Di Pinggir Sungai

Setelah itu saya mencari-cari buah-buahan yang di jual acil-acil (emak-emak) penjual bejukung (perahu). Banyak sekali jenis buah-buahan khas di sini, seperti jeruk, binjai, dan lain-lain. Saya sendiri akhirnya menjatuhkan pilihan kepada buah Rambai dan Ketapi, salah dua adari buah endemik pulau Kalimantan. Saya hanya keluar duit 5 ribu rupiah.

Buah-buahan Kalimantan

Saya juga membeli sayur dari daun Tigarun, dari acil yang lain seharga 5 ribu rupiah. Ga bisa deh saya mendeskripsikan gimana bentuknya, pokoknya khas Banjar aja deh.

Selain itu, saya juga ga lupa beli wadai (kue) khas Banjar. Saya membeli kue kekoleh, lalampar, susunduk lawang, dan klepon, totalnya cuman 5 ribu.

Berbagai Macam Jajanan Khas Banjar

Sudah deh, itu aja rasanya cukup lelah untuk menjelajah pasar terapung Siring Pierre Tendean. Total belanjaan saya cuman 35ribu, sudah termasuk buah yang bisa di bawa pulang, dan perut yang super kenyang. Nanti saya bikin vlognya deh ya, kalo sempet.

Btw buat kamu yang seneng jalan-jalan, cobain gih PegiPegi. Apalagi sekarang sedang ada promo tiket Air Asia. Fitur yang disedian sangat lengkap, sangat memudahkan bagi orang awam seperti saya. Pembayaran juga lengkap, bisa make kartu kredit maupun transfer bank langsung.

Dan salah satu fitur yang saya suka, ialah fitur ulasan konsumen. Ada rating juga yang menjelaskan dengan singkat gimana kualitas maskapai. Coba scroll ke bawah, dan lihatlah betapa banyaknya pengguna maskapai yang berbagi pengalamannya. Jadi bisa belajar dari pengalaman mereka deh. Ini adalah salah satu ulasan dari salah satu penumpang Air Asia.

Intinya, selamat jalan-jalan, selamat bersenang-senang. Kalo kamu mampir ke Banjarmasin, jangan lupa singgah di pasar terapung.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus