Sabtu, 9 Maret 2019 Atur Duit
Pergi Liburan dengan Dana Pinjaman, Apakah Bijak?

Sedang berpikir untuk ajukan pinjaman untuk pergi liburan? Tapi jadi dilema, apakah hal tersebut bijak untuk dilakukan?

Supaya tetap waras dalam menjalani kerasnya kehidupan, pergi liburan adalah aktivitas yang setidaknya minimal harus dilakukan setahun sekali. Makin jauh destinasinya, makin besar juga biaya liburan yang diperlukan, terutama untuk akomodasinya.

Idealnya, kalau mau tenang saat dan sesudah liburan, dananya harus disiapkan dari jauh-jauh hari dengan cara menabung. Tapi, menabung untuk tujuan liburan bukan perkara mudah di tengah-tengah derasnya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Kalau dilakukan dengan penuh pertimbangan, apply pinjaman dana justru bisa jadi cara paling efektif untuk “memaksa” diri sendiri menyisihkan sebagian dana dari penghasilan untuk tujuan liburan.

Kalau menabung sulit dilakukan, maka punya cicilan yang harus dibayar per bulan bisa jadi solusinya. Sebab, mau nggak mau, cicilan tersebut harus dibayar dan dilunasi sesuai tempo yang disepakati.

Tapi, perlu diingat, hal tersebut dapat dilakukan dengan pertimbangan. Dengan kata lain, kamu perlu tahu kapasitas finansialmu sendiri. Gampangnya, kamu bisa menghitung dengan persentase 50-30-20 seperti yang direkomendasikan banyak pakar finansial.

50% alokasi dana dari penghasilan bulananmu adalah untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan hiburan termasuk cicilan, dan 20% untuk kebutuhan tabungan, investasi, dan asuransi.

Jika beban cicilan yang kamu punya saat ini sudah melebihi 30% total penghasilanmu, maka sangat tidak bijak untuk berutang untuk tujuan liburan. Tapi, jika beban cicilanmu sekarang tidak ada sama sekali atau masih jauh dari angka 30% total penghasilan, maka pinjam dana untuk liburan bisa dilakukan.

Misalnya, penghasilanmu per bulan adalah Rp 5 juta. Idealnya, dana yang dialokasikan untuk kebutuhan hiburan dan cicilan maksimal adalah Rp 1,5 juta. Angka ilustrasi ini bisa kamu jadikan patokan atau standar kesanggupan finansialmu per bulan untuk bayar cicilan. Jadi, ketika ajukan pemnjaman, pastikan jumlah angsurannya tidak melebihi angka tersebut.

Kalau perihal kemampuan finansial sudah beres, selanjutnya, ke mana bisa pinjam sejumlah dana untuk tujuan liburan? Dua opsi paling memungkinkan untuk kamu pilih adalah: mengajukan ke bank atau ke fintech. Masing-masing tentu ada plus minusnya.

Pengajuan peminjaman ke bank, meski lebih aman dan terpercaya, tapi prosesnya akan memakan waktu cukup lama. Sementara ke fintech, prosesnya bisa cuma sehari, tapi kamu perlu lebih waspada dan teliti terkait pemilihan fintech dan keamanan data-data pribadi.

Memilih fintech yang tepat juga gampang-gampang susah. Apabila tujuannya untuk liburan, maka kamu bisa coba Kredivo. Karena selain bisa untuk peminjaman, Kredivo juga menyediakan fitur pemesanan tiket pesawat langsung di aplikasinya.

Jadi, kamu bisa langsung pesan tiket pesawat ke mana pun dengan cara cicilan s.d 12 bulan apabila sudah punya akun dan limit kredit dari Kredivo.

Yang paling menarik, Kredivo juga sudah bermitra dengan lebih dari 200 merchant online ternama di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Untuk merchant kategori Travel & Hotel, Kredivo sudah bermitra dengan Tiket.com, Panorama Tours, Blibli Travel, dan pegipegi.com. Untuk urusan akomodasi travel, kamu nggak perlu khawatir lagi karena semua bisa dicicil pakai Kredivo.

Sebelum bisa kredit akomodasi travel pakai Kredivo, kamu tentunya perlu daftar akun Kredivo lebih dulu. Jika kamu adalah WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun, punya penghasilan tetap per bulan minimal Rp 3 juta, dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi, maka kamu sudah memenuhi kriteria untuk bisa daftar akun Kredivo. Download aplikasi Kredivo di Google Play Store, lalu daftar.

Untuk proses approval yang lebih cepat, kamu bisa pilih daftar untuk Cicilan Express atau akun Premium Express. Tidak perlu pakai slip gaji, cukup hubungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan dan satu akun e-commerce yang sudah ada histori transaksinya sebagai bukti tempat tinggal atau domisili.

Kamu juga akan diminta untuk foto selfie, upload foto KTP, dan isi form data diri. Kalau sudah selesai daftar, selanjutnya hanya perlu tunggu proses approval dari Kredivo maksimal dalam waktu 1 x 24 jam. Jika pendaftaran disetujui, kamu bakal langsung menerima sejumlah limit kredit dari Kredivo. Maksimal limit kredit yang bisa diberikan Kredivo adalah Rp 30 juta.

Butuh dana tambahan untuk uang saku liburan? Selain bisa untuk kredit akomodasi travel, limit yang kamu punya di akun Kredivo juga bisa dicairkan jadi dana tunai. Tinggal masuk ke menu “Layanan” di aplikasi Kredivo dan pilih fitur pinjaman mini atau jumbo.

Minimal jumlah yang perlu kamu ajukan untuk pinjaman mini adalah Rp 500 ribu dengan tenor pengembalian 30 hari dan suku bunga 2,95%. Sementara minimal jumlah yang perlu kamu apply untuk pinjaman jumbo adalah Rp 1 juta, dengan opsi tenor 3 atau 6 bulan, dengan suku bunga 2,95% per bulannya.

Maksimal jumlah peminjaman tunai yang bisa kamu ajukan di Kredivo adalah sejumlah limit kredit yang ada di akun Kredivo-mu untuk tenor 6 bulan. Jadi, kalau limit yang tersedia ada Rp 10 juta, artinya kamu bisa pinjam di Kredivo maksimal sampai Rp 10 juta.

Nah, sudah punya rencana liburan ke mana tahun ini? Jangan sekadar rencana, wujudkan sekarang juga dengan Kredivo!

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus