Jumat, 3 Mei 2019 Tentang Penyakit
Ulasan Seputar Penjelasan Ilmiah Telinga Berdenging

Pernahkah Anda merasa telinga tiba-tiba berdengung dengan mengeluarkan suara yang hanya bisa Anda dengar sendiri? Timbulnya suara tersebut rasanya seperti menutup telinga sehingga Anda akan kesulitan untuk mendengar suara yang lain.

Hal ini cukup mengganggu karena akan membuat Anda merasa kurang nyaman hingga sakit di bagian telinga yang berdenging. Banyak kabar atau mitos yang mengatakan bahwa saat telinga berdenging, ada seseorang yang membicarakan Anda atau sedang rindu dengan diri Anda. Betulkah mitos tersebut?

Sejak dahulu ketika telinga berdenging Anda akan membayangkan bahwa ada seseorang yang berbicara mengenai diri Anda tanpa diketahui. Hal ini bisa menjadi perkara yang tidak menyenangkan karena seringnya pembicaraan tersebut diartikan dalam konteks yang negatif.

Salah-salah menuduh seseorang sedang membicarakan aib Anda, ternyata telinga berdenging memiliki penjelasan secara ilmiah untuk menggebrak mitos tersebut. telinga berdenging tidak berhubungan dengan suatu pertanda apapun karena penyebabnya adalah faktor gangguan kesehatan pada telinga bagian dalam.

Gangguan pada telinga yang menyebabkannya berdenging disebut sebagai tinusitis. Tinusitis bisa terjadi pada siapa saja baik pria maupun wanita. umumnya tinusitis tidak mengganggu aktifitas namun dapat memberi rasa kurang nyaman.

Akan tetapi 1 dari 100 orang melaporkan bahwa tinusitis yang dialami bisa mengganggu konsentrasi hingga menyebabkan depresi. Apa sebabnya yang menjadikan telinga berdenging? Meski belum diketahui secara pasti, namun beberapa ahli mengatakan bahwa tinusitis dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti berikut ini:

  • Sering mendengar suara terlalu keras dalam waktu lama.
  • Efek samping penggunaan obat tertentu seperti kina, aspirin dalam waktu lama.
  • Kurangnya asupan zat besi.
  • Terjadi infeksi pada telinga dalam maupun tengah.
  • Terdapat banyak kotoran di telinga dan mengganggu gendang telinga.
  • Stress berlebihan atau dalam keadaan cemas.
  • Penuaan yang menyebabkan masalah pendengaran.

Selain penyebab di atas, telinga berdenging juga bisa menjadi sebuah gejala dari kondisi yang lebih serius seperti:

  • Terdapat tumor di bagian kepala atau leher.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Terjadi gangguan pembuluh darah atau arteriosklerosis.
  • Penyakit tekanan telinga yang terlalu tinggi atau disebut meniere.

Untuk membedakan penyebab yang menjadi faktor pemicu telinga berdenging, Anda bisa membedakannya dari ada atau tidaknya rasa sakit.

Telinga berdenging karena sebab yang ringan akan menghilang dengan sendirinya seiring waktu serta tidak menyebabkan rasa sakit. Sebaliknya, jika telinga Anda berdenging dalam waktu lama, sering dan dengan rasa sakit maka bisa jadi penyebabnya lebih serius sehingga Anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter.

Kini tak perlu berfikir yang aneh mengenai mitos telinga berdenging apalagi menimbulkan prasangka buruk pada orang lain. Tinusitis bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja sehingga menjadi perkara yang normal dan tak berhubungan dengan suatu perkara diluar kesehatan dan kebersihan telinga.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus