Senin, 13 Mei 2019 Atur Duit
Tips Jual Beli Saham agar Tidak Merugi

Ketika kita sudah bekerja, terkadang kita berpikir selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, untuk apa tabungan sebaiknya kita gunakan. Pemikiran itu sering kali muncul ketika kamu mau penghasilan kantor kamu dipakai untuk membuka bisnis, tapi masih belum tahu usaha apa. Tidak ada salahnya kalau kamu menggunakannya untuk berinvestasi jual beli saham yang bisa dilakukan online mau pun melalui broker.

Sekarang kamu tidak usah memakai modal besar untuk melakukannya karena dengan Rp 100 ribu pun kamu bisa berinvestasi saham. Akan tetapi, dengan menggunakan broker atau perusahaan pialang yang tepat, tentu keuntungan bisa terus didapat. Selain itu, kamu juga harus tahu bagaimana cara jual beli saham yang benar agar tidak merugi.

Berikut beberapa tipsnya.

  1. Pahami dasar dunia saham

Dunia saham cukuplah luas dan tidaklah gampang. Kamu tidak hanya mengenal bagaimana cara berinvestasi tapi masih banyak lagi yang harus kamu pahami. Setidaknya kamu memahami dasar-dasarnya dulu sebelum terjun ke dunia saham. Kamu yang tidak tahu masalah dasarnya saja, nanti akan susah untuk bertahan dalam bermain jual beli saham.

Kalau masih terbatas, kamu bisa membaca informasi mengenai saham-saham melalui buku atau internet. Tapi kalau masih bingung, kamu bisa langsung bertanya pada orang yang ahli atau masuk ke dalam forum saham di internet. Ada banyak cara untuk belajar, jadi pergunakan sebaik-baiknya kalau kamu memang serius masuk ke dunia saham.

  1. Pahami teknik

Terdapat 2 teknik yang biasanya digunakan selama bermain saham, yaitu fundamental dan teknikal. Kedua teknik tersebut memiliki fungsinya masing-masing dan kamu harus menggunakannya sesuai dengan kondisi bursa saham yang terjadi.

Kamu yang mau fokus terhadap harga pasar serta volume-nya, gunakanlah teknikal. Tapi kalau kamu menganalisa grafik serta data informasi finansialnya, kamu gunakan fundamental. Kamu yang belum mengerti tentang kedua teknik ini harus mempelajarinya dulu sebelum bermain jual beli saham, karena keduanya sangatlah penting dilakukan.

  1. Hati-hati saat membeli

Harga rendah sering kali menjadi pilihan untuk orang-orang yang berkantong tipis. Tapi, kamu yang bermain saham, hal itu tidak berlaku. Harga pasarnya yang rendah bisa saja menjadi sebuah resiko yang tidak terduga, bahkan terlalu tinggi kalau kamu tidak menempatinya dengan tepat. Kamu yang kurang informasi, bisa saja kehilangan modal awal saat sistem tradingnya tidak tepat.

Ketika kamu melihat harga rendah, sebaiknya kamu pelajari dulu atau mencari tahu dulu mengenai harga tersebut. Jangan sampai kamu bertaruh dengan sesuatu hal yang tidak kamu yakini atau sudah pasti akan merugi. Pastinya modal kamu akan langsung habis dalam waktu dekat dan akan susah kembali lagi.

Kamu bisa bertanya pada pihak broker yang kamu gunakan. Tapi biasanya mereka yang melakukan kegiatan jual beli saham, sehingga kamu cukup bersantai saja menunggu hasilnya.

  1. Tidak emosi

Ketika kamu emosi, secara sadar atau tidak, nanti bisa mempengaruhi kegiatan berinvestasi kamu ke depannya. Karena itu, kamu harus bisa memisahkan emosi saat bermain saham, bahkan kalau perlu di singkirkan saja. Jangan pernah kamu jual beli saham dengan menggunakan emosi, karena tentu merugikan kamu nanti.

Pastikan kamu melakukannya dengan cara yang sehat, tidak terburu-buru, dan tidak memakai emosi. Emosi sesaat hanya akan membuat kamu memutuskan hal yang tidak perlu.

Tips-tips di atas perlu kamu terapkan agar tidak terjadi kesalahan saat melakukan jual beli saham. Kamu yang mungkin masih mencarinya, coba saja cek dulu mandirisekuritas.co.id. Sebagai perusahaan sekuritas, mereka sudah sangat dipercayai oleh perusahaan lainnya untuk bermain investasi secara global. Sistem tradingnya yang aman dan terpercaya tentu menjadi pertimbangan yang tidak usah kamu khawatirkan lagi, apalagi menggunakan broker yang handal.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus