Kamis, 23 Mei 2019 Tetap Bugar
Manfaat Diet Tidak Hanya Untuk Menurunkan Berat Badan Lho!

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara tepat ketika ingin menurunkan berat badan. Pengaturan pola makan ini sering disebut dengan diet. Di balik manfaatnya sebagai satu cara menguruskan badan secara efektif, diet mendatangkan sejumlah manfaat lain. Khususnya pada kesehatan tubuh.

Ada banyak penyakit yang memang membuat penderitanya harus menjalani diet agar proses pemulihannya lebih cepat. Atau pun agar tingkat keparahan penyakit tidak naik menjadi lebih parah. Misalnya penyakit stroke.

Sumber Makanan Diet Sehat yang Juga Baik Dikonsumsi Penderita Stroke

Jika bahan makanan rendah kalori dan rendah lemak merupakan bahan makanan umum dalam menu diet, berbeda dengan diet sehat bagi penderita stroke. Ada beberapa bahan makanan untuk stroke yang disarankan dikonsumsi lebih sering yaitu:

  1. Ikan Salmon

Seperti yang kita ketahui, ikan salmon adalah ikan tinggi akan kandungan Omega 3, DHA, dan EPA. Ikan ini bagus dimasukan dalam menu makanan sehari-hari penderita stroke karena berperan dalam menstabilkan kadar kolesterol di tubuh. Kandungan-kandungan sehatnya membantu melindungi sistem pembuluh darah, memperlancar proses sintesis lemak, juga mencegah terjadinya pembekuan darah.

  1. Oatmeal

Selain sering dipilih sebagai menu dalam cara menguruskan badan pada program diet, konsumsi oatmeal sangat disarankan untuk penderita stroke. Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang bisa menggantikan nasi. Kandungan seratnya tinggi, memaksimalkan sistem pencernaan.

  1. Beras Merah

Tidak begitu menyukai oatmeal dan masih ingin konsumsi nasi? Beras merah bisa dipilih dalam melengkapi sumber karbohidrat makanan untuk stroke cukup baik dibandingkan nasi putih biasa. Kandungan seleniumnnya yang tinggi akan mengurangi risiko stroke untuk kambuh. Terdapat juga kandungan serat, mangan, dan antioksidan.

  1. Brokoli

Jenis sayuran yang bisa jadi pilihan tepat ialah brokoli. Brokoli mengandung VitaminA, Vitamin B6, Vitamin C, kalium, antioksidan, dan serat. Konsumsi brokoli secara rutin bisa memaksimalkan sistem aliran darah pada organ jantung, mencegah pembekuan darah, serta mengatasi infeksi.

Menyajikan menu diet sehat, baik sebagai cara menguruskan badan ataupun sebagai asupan ketika proses pemulihan penyakit stroke bukan hanya dari segi bahan-bahannya saja. Tetapi perhatikan juga cara mengolah bahan-bahan tersebut.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus