Senin, 17 Juni 2019 Kuliner Resep
Cara Memasak Shabu-Shabu & Kenali Suki Food yang Enak

Restoran jepang saat ini dapat ditemukan dengan mudah di setiap daerah. Salah satu makanan jepang yang menjadi favorit adalah shabu-shabu. Sama seperti suki food, shabu-shabu juga disajikan di dalam panci yang dipanaskan di atas kompor. Shabu-shabu biasanya berisi irisan daging, bakso, jamur, dan sayuran dan dilengkapi dengan kuah kaldu.

Biasanya shabu-shabu disajikan dan dimasak sendiri, sehingga Anda dapat menentukan tingkat kematangan daging, bakso, jamur, dan sayuran sesuai keinginan. Memasak shabu-shabu ternyata juga ada tata caranya. Supaya tidak bingung ketika akan memakan shabu-shabu, berikut cara memasak shabu-shabu dengan benar.

Memilih jenis kuah dan daging

Shabu-shabu biasanya dilengkapi dengan berbagai bahan makanan seperti daging, jamur, bakso, dan sayuran. Bahan-bahan tersebut akan dimasak dengan kuah di dalam panci dan dipanaskan secara terus menerus di atas kompor. Hal pertama yang Anda lakukan saat memesan shabu-shabu adalah memilih kuah. Biasanya kuah shabu-shabu terbuat dari ganggang laut atau kaldu ayam. Namun, banyak restoran yang menawarkan pilihan rasa yang lain, seperti kuah tomyam yang khas dari Thailand, sup mongolis, dan beraneka jenis kuah lainnya.

Shabu-shabu dengan kuah tomyam memiliki rasa yang hampir sama dengan suki food tomyam. Jika kurang familiar dengan berbagai rasa kuah tersebut, mintalah tester kepada pelayan supaya tidak salah pilih kuah. Setiap restoran shabu-shabu juga biasanya menyediakan berbagai jenis daging yang bisa dipilih. Harga dari setiap daging juga berbeda-beda, sesuai dengan jenis dan kualitas daging.

Memanaskan kuah shabu-shabu

Setelah memilih kuah yang diinginkan, pelayan akan memasukkannya di dalam panci dan langsung meletakkan di atas kompor. Kebanyakan restoran shabu-shabu telah menggunakan kompor elektrik. Jika belum mengetahui tentang penggunaan kompor, jangan ragu untuk bertanya kepada pelayan.

Tanyakan tentang cara menyalakan dan mematikan kompor, cara menaikan dan menurunkan suhu, serta berapa suhu yang tepat untuk memasak shabu-shabu. Sambil menunggu kuah shabu-shabu mendidih, Anda bisa mengambil bahan pelengkap, seperti sayuran, bakso, ataupun jamur. Selain itu, Anda juga bisa mengambil aneka mie dan aneka saus untuk daging sesuai selera.

Memasak shabu-shabu

Jika Anda mengambil bahan pelengkap seperti lobak dan wortel, masaklah terlebih dahulu, karena sayuran tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama untuk matang. Selain itu, udang dan bakso juga perlu dimasak terlebih dahulu supaya dapat matang bersamaan dengan bahan lainnya. Untuk jamur, bisa dimasukkan setelahnya, karena hanya membutuhkan waktu yang tidak lama.

Anda bisa memasak mie dan kwetiau dengan menuangkan kuah panas. Selain itu, mie dan kwetiau juga bisa dimasak langsung di dalam kuah.  Bahan yang sudah matang, dimasukkan ke dalam mangkok dan disajikan dengan kuah. Daging hanya dimasak selama kurang dari 10 menit atau sampai berubah warna. Daging dapat matang dengan cepat karena diiris dengan sangat tipis.

Celupkan daging ke dalam saus

Tahap terakhir dalam memakan shabu-shabu adalah dengan mencelupkan daging ke dalam saus yang telah dipilih. Selain itu, ada juga yang meletakkan daging di atas nasi dan memakannya langsung secara bersama-sama. Apapun cara yang digunakan, daging shabu-shabu tetap enak saat dimakan.

Suki Street, Sukiyaki Instant yang Lezat

Saat ini Anda tidak perlu repot saat ingin makan masakan jepang, terutama suki food, karena ada SukiStreet. Suki Street merupakan sukiyaki instan yang mudah di masak kapanpun dan dimanapun. Suki street juga aman dikonsumsi, karena tidak menggunakan bahan pengawet dan non MSG. Bahan yang digunakan Suki Street juga alami dan 100% organik.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus