Selasa, 18 Juni 2019 Tetap Bugar
Tips Olahraga saat Puasa agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga

Saat berpuasa performa tubuh akan menurun, karena kurangnya asupan makanan dan minuman dalam tubuh. Hal ini akan mempengaruhi kinerja tubuh, otak, bahkan mood, sehinga pekerjaan dan aktivitas Anda terganggu.

Salah satu cara untuk menjaga performa bekerja tetap optimal adalah dengan berolahraga dan menjaga pola makan yang benar. Agar tubuh tidak lemas saat berolahraga, Anda bisa mempelajari beberapa tips olahraga saat puasa dari thefamousfitnessplan.

Berolahraga saat berpuasa, akan membuat tubuh dehidrasi sehingga mudah merasa lemas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih waktu olahraga yang baik di bulan puasa.

Berolahraga sebelum atau setelah berbuka merupakan pilihan waktu berolahraga yang tepat saat berpuasa. Agar tubuh tetap sehat saat berpuasa, simak penjelasan berikut.

Hal yang terjadi pada tubuh saat berpuasa

Saat berpuasa tubuh akan kekurangan asupan makanan selama berjam-jam, hal ini akan menyebabkan tubuh beradaptasi dengan kondisi yang ada. Tubuh biasanya mendapatkan asupan energi utama dari glukosa atau gula darah.

Namun, saat berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak sebagai alternatif sumber energi utama, jika glukosa sudah habis. Inilah yang menyebabkan ketika berpuasa berat badan biasanya akan turun.

Selain itu, pada saat berpuasa tubuh akan memproduksi insulin lebih sedikit, sehingga tubuh akan lebih sensitif terhadap sinyal insulin dan gula akan lebih mudah masuk untuk memberikan energi.

Namun, jika saat berpuasa kondisi tubuh tidak diperhatikan dengan baik, maka akan menimbulkan beberapa masalah seperti dehidrasi, sakit kepala, stress, maag, bahkan sembelit.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dengan berolahraga saat berpuasa. Anda bisa mencari tips olahraga saat puasa, agar tubuh tidak lemas.

Tips menjaga kesehatan saat berpuasa

Walaupun sedang berpuasa, Anda harus memiliki performa yang optimal, sehingga dapat bekerja dan beraktivitas dengan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga.

Namun, banyak orang yang malas berolahraga saat berpuasa, karena takut lemas, sehingga justru dapat membatalkan puasa. Agar dapat berolahraga dengan baik saat berpuasa, berikut tips olahraga saat puasa yang dapat dipraktikkan.

  1. Menjaga asupan nutrisi

Asupan energi saat berpuasa diperloleh saat sahur dan berbuka. Sahur berfungsi sebagai penyedia energi selama berpuasa, sedangkan berbuka berfungi untuk mengembalikan energi dalam tubuh setelah berpuasa. Baik saat sahur maupun berbuka pilihlah makanan yang sehat dan bergizi.

Saat sahur, konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jenis makanan ini akan diserap oleh tubuh dalam waktu yang lama, sehingga tubuh tidak cepat lapar.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat juga sangat penting agar pencernaan menjadi lancar. Makanan tinggi serat juga akan membuat tubuh kenyang lebih lama.

Pada saat berbuka, sebaiknya hindari makan secara berlebihan. Perbanyaklah minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh. Selain itu, hindari langsung makan makanan berat, Anda bisa menggantinya dengan memakan kurma saat berbuka.

  1. Memilih jenis dan waktu olahraga yang tepat

Olahraga tetap harus dilakukan saat berpuasa agar tubuh tetap fit dan sehat. Namun, olahraga dapat menyebabkan tubuh dehidrasi, sehingga penting untuk memilih jenis olahraga yang tepat saat berpuasa, salah satunya adalah olahraga dengan intensitas rendah. Contoh olahraga dengan intensitas rendah adalah jalan kaki, yoga, dan sepeda santai.

Selain itu, memilih waktu olahraga yang baik di bulan puasa juga sangat penting untuk menghindari dehidrasi. Sebaiknya berolahraga 30-120 menit sebelum berbuka, agar energi dapat langsung digantikan saat berbuka. Hindari berolahraga di siang hari agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus