Senin, 22 Juli 2019 Akomodasi
Sempat Alami Penurunan Kualitas, Inilah Beberapa Fakta Unik dari Kereta Api Bima

Teropongku.com – Kereta Api Bima adalah kereta api penumpang yang melayani Rute Gambir-Malang via Surabaya Gubeng dan sebaliknya. Kereta Bima mengambil jalur selatan yang melewati Purwoketo, berbeda dengan jenis kereta api lain mengambil jalur utara lewat kota Semarang. Hal ini bertujuan untuk melayani dan meningkatkan okupansi penumpang yang naik kereta api rute Jakarta-Malang yang melalui jalur selatan.

Sejak beroperasi pertama kali pada tahun 1967, tentunya Kereta Api Bima sudah melewati berbagai macam perjalanan dan membuat beberapa hal unik tentang dirinya sendiri. Mungkin beberapa hal unik tentang kereta api ini bisa menampah pengetahuanmu, setelahnya jika kamu tertarik yuk lihat jadwal tiket kereta bima.

Asal Muasal Nama Yang Sangat Tidak Ribet

Nama keren dari Kereta Api Bima ternyata didapatkan tidak dengan hal ribet. Cukup menjadikan akronim ‘Biru Malam’ yang mana warna biru merupakan warna utama gerbong kereta api dan malam merupakan jadwal kereta ini beroperasi.

Secara sederhana Bima berarti ‘Biru Malam’ yakni kereta api berwarna biru yang beroperasi di malam hari.

Selain akronim atau singkatan dari Biru Malam, nama Bima juga bisa merujuk kepada nama seorang tokoh dalam pewayangan Mahabarata yang terkenal begitu kuat, gagah, dan pemberani. Mungkin maksudnya agar Kereta Api Bima bisa selalu kuat, gagah, dan berani mengarungi setiap dinginnya malam.

Kereta Api Bima Punya Sleeping Train Pertama di Indonesia

Sejak pertama kali beroperasi pada Juni 1967, Kereta Api Bima sudah menggunakan kereta tidur. Kereta Tidur atau Sleeping Train adalah gerbong kereta yang di dalamnya bisa sambil tiduran. Oleh karena itu, kereta ini menjadi yang pertama menggunakannya dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

Kereta Api Bima juga Pertama Pakai AC di Indonesia

Selain merupakan jenis kereta api yang pertama melayani Sleeping Train, gerbong kereta api Bima juga dilengkapi dengan AC, sesuatu yang sangat mewah pada masa nya. Boleh dibilang kereta api Bima merupakan cikal bakal kereta yang berfasilitas pendingin ruangan modern yang kemudian diikuti oleh kereta api lainnya. Duh mewah banget deh kereta ini pada masa nya.

Awalnya Mewah, Sempat Mengalami Penurunan Kualitas

Pada masa-masa awal Kereta Api Bima diluncurkan, banyak penumpang yang menganggap bahwa kereta api ini sekelah hotel berbintang, terutama saat masih merupakan kereta tidur. Jadi bisa dibilang biaya yang dikeluarkan penumpang tidak murah.

Namun karena alasan sosial, pada tahun 1984 keatas gerbong dengan layanan kereta tidur digantikan dengan gerbong bertempat duduk dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi nampaknya penggantian ini kurang mendapat respon yang bagus dari costumer. Terbukti pada medio akhir 80-an Kereta Api Bima dianggap mengalami penurunan kualitas.

Setelah mengalami penggantian rangkaian kereta eksekutif lagi, terutama yang terbaru produksi tahun 2016, Kerta Api Bima mulai dilirik lagi dengai penilaian positif.

Saat ini, sebagai kereta api sekelas argo, Kereta Api Bima menyediakan fasilitas yang sangat memadai. Desain interior ditata dengan cantik dan rapi, selalu dibersihkan dengan cermat. Bisa dibilang kualitas interiornya lebih bagus dibanding kereta api lain.

Setiap gerbong dilengkapi AC, TV dan toilet yang juga tentunya sangat bersih. Tempat duduk penumpang dilengkapi selimut, bantal, meja lipat, bagasi, dan pijakan kaki. Bahkan di setiap tempat duduk disediakan stop kontak sendiri, jadi anda tak perlu khawatir gadget anda kehabisan daya selama perjalanan. Kursi duduk Kereta Api Bima juga bisa diputar dan sandaran punggungnya  bisa dinaik-turunkan sesuai selera. (arief)

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus