Jumat, 9 Agustus 2019 Akomodasi
Perbandingan Estimasi Biaya, Waktu, Untung-Rugi Perjalanan Surabaya-Jakarta Berbagai Moda Transportasi

Saat ini, perjalanan dari Surabaya menuju ke Jakarta atau sebaliknya menawarkan beragam pilihan. Kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi seperti pesawat, bis, mobil pribadi, bahkan kapal laut (meski tidak banyak yang memilih jalur laut). Semua perjalanan bisa dinikmati dengan nyaman apalagi semenjak dibangunnya Tol Trans Jawa yang menghubungkan kedua kota ini tanpa putus.

Untuk memilih moda transportasi mana yang cocok, bisa dibilang gampang-gampang susah. Semua tergantung berapa budget yang tersedia, waktu yang membatasi anda, juga hal-hal lainnya.

Di artikel ini kami mencoba untuk menjabarkan estimasi yang diperlukan untuk mengarungi perjalanan Surabaya-Jakarta dengan pesawat, bus, dan kendaraan pribadi, tentu juga mempertimbangkan untung-rugi nya. Kalau mau naik kereta dari surabaya ke jakarta booking di Traveloka saja.

Pesawat Unggul dari Segi Waktu

Kalau dari segi waktu, perjalanan dari Surabaya ke Jakarta akan jauh lebih cepat jika dilakukan dengan pesawat. Rata-rata, waktu yang ditempuh jika menggunakan moda transportasi udara hanya sekitar 1 jam 45 menit. Hal ini jauh lebih cepat jika dibanding dengan moda transportasi lain seperti kereta api yang harus ditempuh selama 11 jam.

Jika kamu memilih naik mobil pribadi dan memilih jalur tol trans jawa, kamu bisa menempuh perjalanan selama 10 jam. Tetapi itu dalam perjalanan normal loh ya, jika seandainya dalam perjalanan kamu terjebak macet, ya lain cerita.

Kereta api unggul dibanding mobil pribadi karena kepastian waktu dari moda transportasi ini lebih bisa dihitung dengan pasti, jarang terkendala delay ataupun macet dalam perjalanan.

Kereta Api Paling Murah Dibanding Moda Transportasi Lain

Kalau dari segi waktu memang pesawatlah juaranya, beda dengan estimasi biaya. Untuk tiket pesawat membutuhkan biaya sebesar Rp 550 ribu hingga Rp 1 juta 600 ribu per orang, bergantung maskapai yang kamu gunakan.

Tetapi mengingai turun naiknya tiket pesawat akhir-akhir ini, biaya pasti yang akan dikeluarkan untuk satu tiket pesawat juga tak bisa diperhitungkan dengan mudah, bisa-bisa jika tak mujur, biaya yang dikeluarkan jauh lebih membengkak. Terutama jika kamu pergi saat peak season.

Berbeda dengan Kereta Api yang cenderung stabil, harga tiketnya jarang mengalami kenaikan. Untuk kelas ekonomi, kamu bisa berangkat dengan tiket kisaran Rp 165 ribu. Kamu juga bisa memilih perjalanan yang lebih nyaman dengan kelas bisnis dengan kisaran harga Rp 340 ribu per orang. Jika kamu merupakan orang yang mengutamakan kenyamanan, kamu cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp 450 ribu untuk kelas eksekutif dan menikmati perjalanan dengan santai.

Jika kamu pilih menggunakan mobil pribadi, setidaknya kamu butuh sekitar Rp 1 juta 500 ribuan dengan rincian Rp 628.600 untuk tarif tol dan Rp 700 ribuan untuk BBM jenis pertamax, itupun tergantung merek mobil apa yang kamu gunakan.

Kalau kamu pilih gunakan pertalite, setidaknya kamu butuh Rp 1 juta 200 ribuan. Itu belum termasuk biaya perawatan mobil dan uang rokok supir loh ya.

Tapi, Naik Mobil Bisa Lebih Ekonomis Jika…

Jika kamu bepergian membawa lebih dari 1 orang, maka bisa jadi naik mobil pribadi jadi pilihan yang lebih ekonomis. Misalnya saja jika kamu harus membawa 7 penumpang, kamu bisa menggunakan mobil jenis MVP dan menyediakan budget Rp 1 juta 500 ribuan.

Tapi coba bayangkan jika ketujuh orang tersebut harus dipaksakan beli tiket pesawat atau kereta api, bisa tekor. Terutama buat kita yang sobat missqueen ini, beli kuota aja harus nahan laper dulu.

Rinciannya gini, anggap aja kamu menggunakan mobil jenis MVP untuk 7 orang. Rata-rata, mobil jenis ini mengkonsumsi 1 liter BBM untuk 10 kilometer perjalanan.

Jarak yang harus ditempuh dari Surabaya menuju Jakarta via Tol Trans Jawa sepanjang 759,61 km. Artinya, BBM yang harus dikonsumsi sebanyak 76 liter. Menilik harga sekarang, Pertamax seharga Rp 10.400 per liternya, berarti 76 x 10.400 = Rp 790.400 yang harus disediakan. Kalau menggunakan BBM jenis lain, ya hitung sendiri aja deh ya, hhe.

Mobil jenis MPV sendiri digolongkan ke dalam kendaraan golongan I. Untuk golongan I, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 628.600 untuk menggunakan Tol Trans Jawa dari Surabaya sampai Jakarta.

Jadi, total biaya yang dikeluarkan adalah Konsumsi BBM + Biaya Tol = Rp 1 juta 500 ribuan. Ini belum termasuk biaya konsumsi untuk perut penumpang.

Jadi gimana, sudah siap mengarungi perjalanan Surabaya-Jakarta? Mode transportasi mana yang akan kamu pilih?

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus