Rabu, 28 Agustus 2019 Atur Duit
Hemat di Masa Muda, Nyaman di Masa Tua

Apa yang kamu lakukan ketika mendapatkan gaji pertama kali? Belanja dan makan sepuasnya? Atau kamu malah menabungnya?

Kalau kamu masih ingat menabung, berarti kamu termasuk orang yang beruntung. Karena, ketika seseorang berhasil memiliki penghasilan sendiri, biasanya ia akan kalap. Mulai dari belanja apa-apa yang tidak bisa ia beli saat sebelum bekerja, hingga mentraktir orang-orang terdekat makan sepuasnya.

Memang sih, itu sah-sah saja. Tapi, apa kamu ingat kalau dalam bekerja kamu memiliki resiko. Entah itu PHK, resign, atau bahkan dipecat. Kalau kamu tidak memiliki simpanan, otomatis saat resiko itu terjadi kamu enggak akan punya simpanan sama sekali. 

Jangan Minder Disebut ‘Bokek’

Bagi kamu, khususnya kaum muda yang baru memasuki dunia kerja, cobalah berpikiran jauh ke depan. Ketika mendapatkan penghasilan sendiri, bukan berarti kamu bisa puas menghabiskan uang itu semaunya. 

Ingat, kamu tidak akan muda selamanya! Kamu pasti akan mengalami yang namanya rumah tangga hingga akhirnya menjalani masa tua.

Cobalah belajar memanajemen keuangan ketika kamu menerima gaji pertamamu. Buat persentase untuk setiap pengeluaran yang akan kamu gunakan. Sedikitnya, 30% dari uang tersebut harus kamu pastikan masuk ke dalam tabunganmu.

Selain sebagai bagian dari manajemen resiko menghindari kamu tidak punya uang sama sekali jika tiba-tiba kamu berhenti kerja, tabunganmu akan menjadi pegangan penting di masa depan. Mungkin kamu akan membutuhkannya saat ingin membeli kendaraan, biaya menikah, hingga sebagai dana di masa pensiunmu nanti.

Gunakan cara paksa jika kamu termasuk susah menabung. Di hari pertama gajian, segera ambil jatah tabungan kamu. Bila perlu, kamu tidak perlu menyimpannya di rekening (menghindari godaan belanja online atau menarik dari ATM setiap saat). Masukan uang itu ke dalam celengan yang tidak memungkinkan kamu mengambilnya kapan saja. Lama-lama kamu pasti terbiasa untuk menabung.

Jadi, kalau ada yang bilang ‘bokek’ karena kamu lebih mengutamakan menabung dibanding, belanja dan makan-makan, kamu jangan minder! Toh mereka tidak akan menanggung masa depanmu, kok. 

Belajar Memutar Uang

Keberhasilan memanage keuangan sejak dini pada akhirnya akan membuat keuanganmu stabil. Saat tiba pada kondisi tersebut, mulailah untuk berpikir bagaimana caranya memutar uang. Entah itu mencari penghasilan tambahan dengan berwirausaha di samping pekerjaan yang sekarang atau berinvestasi.

Memang, pekerjaan sampingan ini beresiko, tapi wirausaha mana sih yang enggak ada resikonya? Demikian juga dalam berinvestasi. Sama seperti wirausha yang bisa kamu mulai dari yang kecil-kecilan, investasi pun bisa kamu pilih dari yang paling sedikit resiko kerugiannya. 

Walaupun masih sedikit keuntungannya, di langkah ini kamu akan banyak belajar untuk berani mengambil langkah yang lebih jauh dengan kemungkinan keuntungan yang lebih besar nantinya.

Jangan Lupakan Asuransi

Menabung memang bisa menjadi pilihan utama kamu dalam menyimpan uang. Tapi, tidak ada salahnya jika kamu juga mulai memikirkan untuk menabung dengan cara lain, yaitu asuransi.

Asuransi merupakan bentuk menabung yang lebih spesifik. Dengan menabung biasa, uangnya mungkin bisa kamu gunakan untuk apa saja. Tapi dengan asuransi, uang tersebut lebih jelas tujuannya. Ada asuransi kesehatan untuk tanggungan biaya kesehatan (meliputi biaya pemeriksaan, rawat inap, hingga kehamilan dan melahirkan) , asuransi jiwa untuk mengurangi beban finansial apabila terjadi kematian, asuransi kecelakaan untuk perlindungan terhadap resiko kecelakaan kerja hingga kendaraan yang digunakan, asuransi keluarga untuk melindungi seluruh anggota keluarga jika sudah berumah tangga, bahkan ada juga asuransi bisnis dan karyawan yang bisa kamu pilih ketika sudah memiliki bisnis dan karyawan sendiri.

Seperti biasanya, per bulan kamu hanya perlu menyisihkan sebagian penghasilan untuk membayar premi dari polis asuransi yang kamu ambil. Kamu tinggal pilih produk asuransi mana yang sesuai kebutuhanmu. Baik dari segi polis keuntungannya, premi per bulannya, maksimal pertanggungannya, serta syarat dan ketentuan dalam klaimnya.

Berkorban sedikit di masa muda dengan menabung hingga ikut asuransi tidak akan membuat kamu miskin, malah akan membuat kamu hidup tenang dan nyaman, kan? Dana pensiun terjamin, keluarga hingga bisnis pun terlindungi.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus