Rabu, 28 Agustus 2019 Akomodasi
Agar Perjalananmu Tetap Nyaman Saat Naik Bus, Jangan Lupakan 7 Hal ini

Selain pesawat dan kereta api, bus menjadi moda transportasi umum pilihan orang Indonesia untuk melakukan berbagai macam perjalanan. Meskipun estimasi waktu yang dibutuhkan agak lama dibanding moda transportasi lain, nyatanya bus memiliki berbagai kelebihan yang membuatnya tak kehabisan peminat.

Selain karena harga tiket yang relatif lebih murah, dengan naik bus kita juga bisa menikmati pemandangan sepanjang perjalanan secara lebih intim dan dekat. Kamu bisa cek harga tiket bus Traveloka untuk menemukan harga tiket yang paling pas dengan kantong.

Agar perjalanan kamu tetap menyenangkan saat menggunakan bus, yuk perhatikan beberapa hal ini dulu deh.

1. Memilih Bus Harus Sesuai dengan Kepribadian

Jika kamu sudah punya jadwal perjalanannya, selanjutnya kamu harus menentukan bus mana yang akan kamu pergunakan. Ini sangat penting, terutama bagi kamu yang akan melakukan perjalanan jauh. Akan sangat menyusahkan jika anda salah pilih bus dari awal, karena percayalah, itu akan sangat menyiksa.

Selain memilih berdasarkan harga tiket, kamu juga harus mempertimbangkan fasililitas yang disediakan oleh bus tersebut.

Misalnya nih fasilitas pendingin ruangan atau AC, kamu harus tau kamu lebih suka bus yang punya AC atau tidak. Apakah tubuhmu bisa menahan hawa panas tanpa AC, atau bisa nyaman cukup dengan membuka jendela. Juga ada beberapa orang loh ya yang tak bisa pakai AC ketika berkendara, karena bisa menyebabkan mabuk perjalanan, apa kamu termasuk?

Fasilitas lain yang tak kalah penting adalah keberadaan toilet di dalam bus. Jika dalam perjalanan sangat jauh, ada baiknya kamu mempertimbangkan fasilitas ini. Karena tak semua bus akan berhenti ketika penumpangnya kebelet buang hajat.

Jika kamu tak punya kemampuan yang cukup baik untuk mengelola atau menahan gejolak di ‘saluran pembuangan’ perutmu, maka kamu wajib memilih bus yang menyediakan toilet di dalam.

Fasilitas penunjang lainnya seperti susunan tempat duduk dan wifi. Jika kamu orang yang tak bisa lepas dengan gadget, sebaiknya kamu juga memperhatikan hal ini agar kamu tak putus hubungan dengan jaringan sinyal yang pasti turun naik saat dalam perjalanan.

2. Cari Informasi Pemberhentian

Sebelum memutuskan memilih bus yang mana yang akan ditumpangi, tak masalah jika kamu menanyakan tentang teknis pemberhentian bus tersebut. Di mana saja ia akan berhenti selama perjalanan, berapa kali akan berhenti, dan sebagainya.

Kamu juga bisa menanyakan apakah bus tersebut bisa berhenti sebelum terminal utama karena biasanya ada penumpang yang tujuannya lebih dekat dibanding terminal tersebut.

3. Memilih Tempat Duduk

Kenyamanan selama perjalanan sangat tergantung dengan dimana tempat duduk yang kamu pilih. Jika kamu pergi sendirian, maka pemilihan tempat duduk menjadi makin lebih krusial lagi. 

Kamu bisa memilih tempat duduk tepat di samping jendela, agar lebih leluasa menikmati perjalanan dan mempunyai ‘kekuasaan lebih’ untuk membuka tutup jendela. Meskipun posisi ini akan cukup membuat repot jika kamu suka keluar masuk toilet karena akan melewati penumpang di sebelah.

Hindari memilih tempat duduk tepat di atas roda karena goncangan bus akan berkali-kali lipat lebih terasa. Hal tersebut cukup mengganggu dan peluang kamu akan mengalami mabuk perjalanan akan meningkat.

Selain itu, hindari juga memilih tempat duduk dekat pintu masuk dan dekat toilet. Hal ini karena di posisi tersebut akan banyak penumpang yang berlalu-lalang, akan sangat mengganggumu terutama buat kamu yang suka ketenangan.

4. Membawa Bantal Leher

Serius deh, jangan sepelekan bantal leher. Bukan hanya supir yang mengalami kelelahan, penumpang juga. Agar lehermu tidak tegang selama perjalanan, tak ada salahnya kamu langsung menggunakan bantal leher baik saat terjaga maupun saat ingin tidur dengan lelap. Hal ini mencegah pegal-pegal di leher dan punggungmu. Untuk kasus yang lebih parah, kamu bisa keseleo leher jika tak pakai alat ajaib tersebut.

5. Siapkan Gadget

Untuk menghindari kebosanan, kamu bisa mempersiapkan gadget secara maksimal, baik itu dengan mendownload aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan seperti music player, dan sebagainya.

Sediakan juga power bank, jangan sampai kamu kehabisan daya saat di perjalanan. Apalagi jika kamu harus menghubungi seseorang setelah sampai di terminal tujuan.

6. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Aman

Selain faktor bus yang kamu gunakan, nyatanya kenyamananmu dalam perjalanan juga ditentukan oleh apa yang kamu kenakan.

Gunakanlah baju yang nyaman dan mudah menyerap keringat, agar kamu tidak kegerahanan dan tetap pede dengan bau badan. Bawalah farfum agar tetap segar.

Kamu juga harus menyediakan pakaian hangat untuk jaga-jaga agar tidak tertusuk dinginnya udara malam. Kalau harus diletakkan di dalam tas, pastikan ia mudah dijangkau. Jangan sampai kamu ribet ngebongkar koper hanya untuk menemukan satu pakaian hangat.

Tapi, jangan gunakan perhiasan yang mencolok, apalagi berlebihan. Karena kita tak tahu dengan siapa saja kita menumpang bus hari itu. Perhiasan yang berlebihan bisa memancing tindak kriminal, setidaknya masih begitu di negara kita yang tercinta ini.

7. Bawa Air Mineral yang Cukup

Terserah kamu membawa snack atau tidak, tapi untuk air mineral, wajib hukumnya. Hal ini karena saat dalam perjalanan, kamu rawan sekali dehidrasi. Jangan sampai perjalananmu bikin kesehatan tubuhmu menurun.

Itulah tadi beberapa tips agar perjalanan kamu tetap menyenangkan saat naik bus. Gimana nih, sudah siap berangkat?

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus