Senin, 21 Oktober 2019 Akomodasi
Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Kereta Api, ini Hal-Hal Yang Harus Anda Persiapkan !

Bepergian jarak jauh, tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Hal ini tentunya dilakukan agar perjalanan Anda kali ini tetap terasa nyaman, dan pastinya tidak membosankan. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, antara lain :

Cek tujuan 

Pertama-tama tentukan tujuan perjalanan liburan kali ini, misalnya saja Anda akan berlibur ke Malang. Maka kali ini, Anda yang saat ini tinggal di Jakarta, akan menentukan dan mulai mencari tahu aneka jenis kereta api yang akan pergi ke Malang dari Jakarta.

Kereta api jurusan Jakarta Malang, ada 2 macam, yaitu Bima dan Gajayana, Keduanya adalah kereta api eksekutif yang dapat Anda pilih. Bedanya kereta api Gajayana ini hanya mempunyai 1 jenis kelas, yaitu kelas eksekutif.  Sedangkan Bima mempunyai 2 layanan, yaitu kelas ekonomi dan kelas eksekutif.

Anda yang ingin menikmati fasilitas kereta api yang nyaman, ada baiknya jika memilih kereta api Gajayana. 

Pesan tiket jauh hari 

Apabila Anda sudah mempunyai rencana yang matang untuk bepergian ke Malang, sebaiknya siapkan dan pesan tiket kereta api sejak jauh-jauh hari. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memesan tiket tersebut.

Yaitu, pilih waktu keberangkatan yang tidak terlalu ramai, misalnya ketika akhir pekan tiba atau ketika musim liburan tiba.

Karena bisa jadi tarif tiket yang harus dibayar sedikit membengkak. Apabila Anda memang akan berangkat pada waktu tersebut, sebaiknya pesan tiket, sejak jauh-jauh hari, misalnya 1 minggu sebelum atau bahkan 1 bulan sebelum keberangkatan. 

Pesan secara online

Agar lebih menghemat waktu Anda, dalam memesan tiket, sebaiknya pesan tiket kereta Gajayana eksekutif di Traveloka saja. Ini adalah cara praktis untuk memesan dan memperoleh tiket, terutama sejak jauh-jauh hari.

Dengan demikian, Anda akan secara leluasa dalam memilih posisi tempat duduk, gerbong, dan hal lainya. Proses pemesanan ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu memasukkan beberapa biodata tertentu, seperti nama lengkap, no KTP, alamat dan yang lainnya.

Pastikan biodata tersebut sesuai KTP, agar ketika boarding dan Anda memberikan KTP dan tiket pada petugas, tidak  terlalu lama. 

Bawa tas secara tepat

Umumnya ketika Anda bepergian, sebaiknya bawa tas secara tepat dan praktis. Hindari membawa terlalu banyak barang, selain merepotkan, juga tidak praktis.

Sebaiknya pisahkan tas menjadi 2 bagian, yaitu tas besar, untuk menyimpan berbagai macam perlengkapan umum.

Sedangkan tas, kecil, sebagai wadah untuk menyimpan perlengkapan yang paling sering dipergunakan selama bepergian, seperti charger, ponsel, dompet, dan berbagai identitas lainnya. 

Bawa bantal leher

Walaupun fasilitas yang tersedia di kereta api eksekutif ini terbilang sangat nyaman, karena Anda akan langsung memperoleh selimut dan bantal, begitu naik kereta.

Tapi tidak ada salahnya jika Anda juga membawa bantal leher. Seperti namanya, fungsinya untuk menyangga leher agar tidak mudah terasa kaku dan tegang, karena terlalu lama dalam posisi duduk, atau karena posisi kepala yang menegang.  

Siapkan perlengkapan hiburan

Agar perjalanan panjang Anda dari Jakarta ke Malang ini tidak terasa bosan, tidak ada salahnya jika mempersiapkan berbagai perlengkapan hiburan sejak awal.

Ada berbagai macam perlengkapan hiburan yang dapat Anda bawa kali ini, misalnya saja dengan mempersiapkan beberapa jenis permainan menarik di ponsel, atau bahkan mengunduh 1 serial film kesayangan Anda, yang dapat Anda tonton sepanjang jalan. Agar terasa nyaman bekali diri dengan earphone atau headphone.

Sehingga suara film atau game yang Anda mainkan tidak terdengar dan mengganggu orang sekitar. Tidak perlu khawatir charger, karena saat ini pada masing-masing kursi penumpang sudah tersedia charger, yang dapat langsung Anda gunakan.

Selain ponsel. Anda juga dapat membekali diri dengan beberapa camilan, yang siap menemani Anda selama perjalanan. Jika hal tersebut masih kurang nyaman atau Anda lupa mempersiapkannya, tidak masalah. Anda tetap dapat mengobrol dengan orang sekitar dengan menghadirkan berbagai topik menarik.  

Gunakan pakaian yang nyaman

Ketika bepergian jauh, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman, mudah menyerap keringat, tidak terasa panas, dan bahkan mampu mengusir rasa dingin. 

Persiapan yang matang, pastinya akan membantu Anda memperoleh kenyamanan dan keamanan yang baik, selama perjalanan.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus