Minggu, 17 November 2019 Gadget
Jenis-jenis Pillow Block Bearings

Apakah Anda sudah mengetahui apa itu Pillow Block Bearings? Belum ya? Memang sih, istilah Pillow Block Bearings masih jarang diketahui oleh masyarakat awam. Nah, untuk itu jangan beranjak dulu karena pada artikel ini akan menjelaskan apa itu Pillow Block Bearings disertai jenis-jenisnya yang beragam.

Tanpa membuang waktu lagi, mari simak ulasan mengenai Pillow Block Bearings berikut ini:

Pengertian Pillow Block Bearings

Pillow Block Bearings merupakan sebuah bearing atau bantalan yang berfungsi untuk mendukung kinerja dari poros dan sebagai penampung bantalan dengan beban yang rendah. Pillow Block Bearings ini tersusun atas blok alas atau blok bantalan yang umumnya dipasang dengan membautkannya ke sebuah pondasi agar pengamannya sempurna. Pemasangan Pillow Block Bearings tergolong mudah dan tidak membutuhkan keterampilan atau skill khusus. Namun pada pemasangannya harus baik dan benar agar dapat menekan kerja alat yang terlalu berat, sehingga alat tidak mudah rusak dan dapat digunakan hingga bertahun-tahun. 

Penggunaan Pillow Block Bearings

Pillow Block Bearings digunakan untuk berbagai kebutuhan, tinggal disesuaikan dengan keperluan penggunanya. Namun, biasanya Pillow Block Bearings digunakan pada mesin-mesin industri berat dan pada beberapa peralatan rumah tangga. Penggunaan Pillow Block Bearings pada mesin industri misalnya yaitu pada mesin-mesin berat untuk kegiatan penambangan.  

Keunggulan Pillow Block Bearings

Pillow Block Bearings memiliki keunggulan dapat digunakan pada berbagai macam peralatan. Selain itu, keunggulan lain dari Pillow Block Bearings adalah kemudahan dalam perawatan mesinnya. Penggantiannya pun dapat dilakukan dengan mudah, sehingga pengguna tidak perlu lagi khawatir apabila suatu saat memerlukan penggantian.

Jenis-jenis Bearing Unit

Terdapat berbagai jenis bearing unit atau housing style (bentuk) diantaranya adalah:

  1. Pillow Block Unit (UCP)

UCP merupakan unit Pillow Block Bearings yang paling umum digunakan. Jenis ini tersusun atas dua lubang baut, dimana sumbu dan poros bantalannya berlawanan arah. Pemasangan UCP dapat dilakukan secara normal, menyamping, maupun terbalik. 

  1. Flange Unit with 4 Bolts (UCF)

UCF madalah salah satu jenis Pillow Block Bearings yang memiliki empat lubang baut yang juga berlawanan arah dengan sumbu bantalan. Jenis ini biasanya digunakan dalam kontstruksi yang terdapat di mesin-mesin penyosohan gabah, box elevator, dan lain-lain.

  1. Flange Unit with 2 Bolts (UCFL)

Pillow Block Bearings yang berjenis UCFL memiliki kesamaan dengan jenis UCF. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah bautnya, yang hanya berjumlah dua baut. Selain itu, jenis Pillow Block Bearings ini digunakan untuk beban dengan beban yang lebih ringan.

  1. Piloted Round Flange Unit (UCFC)

UCFC adalah jenis lain dari UCFL namun flange bounder nya memiliki rumah sehingga lebih baik pengapliasannya.

  1. Take Up Unit (UCT)

Uct adalah Pillow Block Bearings yang slotnya berada di kanan dan kiri dan satu lubang baut. Sumbu dan porosnya searah dengan slot na,un melintang terhadap sumbu bantalan atau sumbu bearing. Jenis ini bagus digunakan dalam konstruksi as yang memiliki jarak sumbu yang perlu disetel dengan as lainnya.

Nh itulah sedikit ulasan mengenai Pillow Block Bearings. Salah satu distributor Pillow Block Bearings yang terdapat di Indonesia adalah Logam Makmur. Logam Makmur menyediakan bantalan atau bearing dengan tipe atau macam yang berbeda dan bervariasi. Kualitas produk yang bantalannya pun sangat baik dan mampu bersaing dengan distributor lainnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan mengunjungi situs resmi Logam Makmur. Selamat mencari

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus