Saturday, 18 January 2020 Akomodasi
Apa Saja Keuntungan Membeli JR Pass Traveloka?

JR Pass TravelokaJR Pass (Japan Rail Pass) adalah tiket terusan ke sebagian besar bus atau kereta yang dioperasikan di bawah Japan Railways Group. JR Group adalah semacam perusahaan PT KAI yang ada di Jepang, hanya saja bedanya kepemilikan JR Group tidak sepenuhnya berasal dari pihak Pemerintah.

Sebenarnya jaringan yang dimiliki JR Group sendiri cukup merata dan luas, sehingga memiliki tiket terusan untuk mempermudah Anda naik turun kereta JR Group.

Baca juga: Bepergian Jarak Jauh Menggunakan Kereta Api, ini Hal-Hal Yang Harus Anda Persiapkan !

Bagaimana Bentuk JR Pass?

Bentuk JR pass berbentuk seperti kartu biasa. Untuk cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menunjukkan ke pihak petugas ketika melewati gerbang masuk lokasi keberangkatan. Kartu JR Pass sendiri hanya dapat dibeli sebelum wisatawan pergi ke Jepang, biasanya di negaranya masing-masing, karena diperuntukan untuk para turis asing. 

Sehingga WNI yang bekerja atau berkuliah di Jepang tidak dapat memakai JR Pass. Kartu ini hanya dapat dibali di beberapa agen travel secara online, salah satunya ialah di Traveloka. 

Apa Saja Keunggulan Memakai JR Pass?

Bagi Anda yang penasaran dengan kegunaan dan keunggulan JR Pass saat berwisata ke Jepang, ini dia ulasan lengkapnya :

  1. Membuat Perjalanan Anda Lebih Fleksibel dan Nyaman

Bagi Anda yang pergi ke Nara, Osaka, Kyoto, dan Tokyo dalam waktu seminggu, memakai kartu JR Pass tentu bisa mempermudah Anda mengganti itinerary. Misalnya saja, saat Anda berangkat dari kota Osaka menuju nara, Anda bisa menemukan tempat-tempat menarik yang mungkin sebelumnya tidak direncanakan, seperti berkunjung ke Kuil Horyuji yang terletak jauh dari kota Nara.

Selain itu, Anda tidak akan mendapatkan biaya tambahan transportasi secara signifikan. Sebab tiket keretanya pun sudah termasuk tiket terusan. Sehingga Anda bisa pindah transportasi menggunakan kereta tanpa perlu membayar kembali.

  1. Memperingkas Perjalanan Dengan Menaiki Shinkansen

JR pass bisa juga digunakan untuk naik shinkansen atau kereta cepat. Jika Anda berencana berkeliling di kota berbeda, tentu dengan menaiki shinkansen akan lebih menghemat waktu. Misalnya saja, Anda menginap di kota Osaka, lalu ingin pergi ke Tokyo. Dengan menaiki shinkansen dari kota Osaka ke Tokyo hanya menghabiskan perjalanan selama 3 jam saja.

Belum lagi biasanya tempat duduknya sepi, sehingga Anda bisa naik dengan nyaman selama di perjalanan. Berbeda dengan naik kereta lokal, tentu akan menghabiskan perjalanan selama 3 jam. Selain itu, Anda harus transfer terlebih dahulu di beberapa stasiun dan belum tentu pula bisa duduk dengan nyaman.

  1. Tidak Perlu Membeli Tiket Satuan

Biasanya mesin penjual tiket kereta di stasiun diatur memakai bahasa Jepang. Jika ingin menggunakan bahasa Inggris, tentu Anda harus mengubah terlebih dahulu bahasanya. Namun meskipun memakai bahasa Inggris, terkadang tetap membingungkan. Jika Anda memiliki tiket terusan, setidaknya Anda tidak perlu repot-repot memakai vending machine di tempat penjualan tiket.

Kapan Sebaiknya Memakai JR Pass?

Ada beberapa kondisi yang memungkinkan Anda untuk menggunakan JR Pass, berikut ini :

  1. Objek wisata yang Anda kunjungi dilalui jalur kereta di bawah naungan JR Group

Jika ingin lebih mudah, sebaiknya lakukan riset dahulu sebelum Anda melakukan travelling. Jadi, jika memang harus membeli kartu JR Pass, sebaiknya cari objek wisata yang lokasinya berdekatan dengan stasiun Japan Rail. Adapun contoh Kawasan yang berdekatan dengan jalur Japan Rail Imperial Palace  di Tokyo atau Kuil Fushimi Inari Taisha di Kyoto.

  1. Perjalanan yang dilalui shinkansen

JR pass bisa dikatakan cukup mahal. Jika hanya digunakan untuk transportasi kereta biasa, tentu akan rugi. Membeli JR pass akan menguntungkan jika Anda minimal satu kali menaiki shinkansen ke Osaka dari Tokyo, PP. Apabila Anda harus menaiki shinkansen ke lokasi yang jauh lagi tentu akan lebih menguntungkan.

Namun jika Anda membeli JR Pass tapi tidak digunakan naik shinkansen, akan rugi. Sebab harga tiket kereta total selama perjalanan jika membeli satuan kana lebih terjangkau daripada membeli JR Pass.

Jika Anda sudah mempertimbangkan itinerary untuk travelling ke Jepang dan sudah memutuskan untuk membeli JR Pass. Kini tinggal pesan JR pass Traveloka secara online tanpa ribet!

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus