Thursday, 20 February 2020 Destinasi
5 Wisata di Solo yang Wajib Dikunjungi, Jangan Sampai Terlewatkan

Wisata di Solo mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Mulai dari sejarah budaya, wisata alam, edukasi juga hiburan yang tentu menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Berikut ulasan mengenai 5 Wisata di Solo yang wajib dikunjungi, jangan sampai terlewatkan.

Pandawa Water World Solo Baru

Tempat wisata di Sukoharjo ini diresmikan pada tahun 2007. Mengusung konsep cerita pewayangan dengan beberapa patung disetiap sudutnya. Terdapat patung berukuran besar yang menggambarkan tokoh-tokoh dunia pewayangan, yaitu Arjuna, Nakula, Sadewa, dan patung lainnya.

Wisata ini memiliki 27 wahana permainan seru yang layak untuk dicoba, seperti Wave Pool, Sight Tower, Slides, Warm Spa, Fantastic dan lainnya.

Lokasinya berada di jalan Pandawa Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah. Mulai dibuka setiap pukul 08.00-18.00 WIB.

Keraton Kasunanan Surakarta

Wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya yaitu Keraton Kasunanan Surakarta. Sampai sekarang keraton ini menjadi tempat tinggal Raja dan masih melaksanakan adat kerajaan secara turun temurun.

Terdapat museum benda-benda peninggalan kerajaan di bagian kompleks Kraton lainnya, yaitu hadiah dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, kereta kencana dan Gamelan. Sedangkan sumur yang konon digunakan raja untuk bersemedi terdapat di tengah Kraton.

Apabila ingin berkunjung ke sini harus mematuhi peraturan yang disediakan. Seperti tidak boleh mengenakan celana yang pendek, sendal jepit, kacamata hitam, topi, dan jaket.

Letak wisata Kraton ini di Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon. Wisata ini buka setiap hari Senin sampai Kamis pukul 09.00-14.00 WIB, kecuali untuk Sabtu sampai Minggu buka pukul 09.00-15.00 WIB dan Jum’at tutup.

Museum Batik Danar Hadi

 Tempat wisata selanjutnya yaitu Museum Batik Danar Hadi yang menampilkan aneka macam koleksi batik dalam berbagai corak yang berasal dari seluruh nusantara. Museum ini membolehkan pengunjung melihat bagaimana proses pembuatan batik secara langsung.

Salah satu wisata edukasi ini terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi, Sriwedari Surakarta.

Galabo Solo

Ke Solo kemana aja rasanya masih kurang lengkap bila melewatkan wisata kulinernya yang menggugah selera. Galabo Solo atau singkatan dari Gladak Langen Bogan adalah tempat kuliner khas Solo dijajakan pada malam hari.

Pedagang kuliner di tempat ini merupakan pedagang yang sudah terkenal dengan masakannya yang enak. Langsung pesan ke penjualnya makanan yang ingun kamu cicipi dan silakan menikmati makan malam dengan konsep outdoor di sepanjang Jalan Mayor Sunaryo.

Wisata kuliner ini berlokasi di timur bundaran Gladag, di sebelah Benteng Vastenburg atau di depan Pusat Grosir Solo (PGS) dan Beteng Trade Center (BTC).

Candi Cetho

Tempat wisata di Karanganyar ini di kelilingi oleh kebun teh hijau. Selain memiliki pemandangan indah dan udara sejuk, wisata ini termasuk salah satu monument peninggalan bersejarah.

Candi Cetho memiliki daya tarik tersendiri hingga dikenal ke berbagai pelosok. Hal ini terbukti dengan jumlah komunitas dan para wisatawan yang datang ke kawasan ini semakin banyak. Biasanya komunitas sepeda sering datang untuk memacu adrenalin dengan menaklukkan tanjakan cetho yang luar biasa.

Candi ini bertempat di Dusun Ceto, Desa Gumeng, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar, Kota Solo.

Di sini kamu bisa menikmati perjalanan mengelilingi Solo dengan kendaraan yang bisa kamu sewa via TRAC.  Caranya mudah, cepat dan praktis.  Hanya dalam hitungan menit kamu bisa mendapatkan kendaraan untuk berjalan-jalan di Solo. 

Demikian ulasan mengenai wisata di Solo yang wajib kamu kunjungi. Jangan sampai terlewatkan ya dan jangan lupa bagikan artikel ini supaya tambah bermanfaat.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus