Thursday, 2 April 2020 Kuliner
Masakan dan Makanan Khas dari Provinsi Kalimantan Tengah

Pulau kalimantan memang terkenal sekali dengan pesona alamnya yang begitu indah terutama di bagian provinsi kalimantan tengah yang memiliki pesona alam serta adat budaya yang begitu terjaga sampai sekarang.

Provinsi Kalimantan Tengah sendiri merupakan provinsi terbesar dari provinsi lain yang mendiami pulau kalimantan, selain terkenal akan kearifan alam yang di milikinya, ternyata Kalimantan Tengah juga memiliki sajian dan masakan khas yang sangat lezat dan mengugah selera, penasaran bukan makanan khas apa saja yang berasal dari kalimantan tengah menurut kumpulan artikel seputar kuliner, langsung saja kita ke yang pertama.

1. JUHU UMBUT ROTAN
Makanan khas kalimantan yang pertama adalah juhu umbut rotan, terbuat dari bahan dasar ujung rotan menjadikan makanan yang satu ini mirip sekali dengan rebung tetapi yang membedakanya adalah rempah rempah yang di pakai tidak sama dengan cara membuat rebung.

2. KERIPIK KELAKAI
Makanan khas yang kedua yang direkomendasikan kumpulan artikel resep kue adalah keripik kalakai, keripik kelakai adala makanan khas kalteng yang di buat langsung oleh suku dayak dengan memanfaatkan bagian dari daun kelakai yang masih muda. Dan nantinya daun tersebut akan diberi dengan bumbu bumbu dan langsung di goreng, makanan khas dari kalimantan tengah ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh oleh saat sedang berlibur di provinsi kalimantan tengah.

3. LEMANG
Nah kalau dengan makanan yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bukan? Yaitu lemang, lemang sendiri adalah makanan khas dari kalteng dengan proses pembuatanya yang unik, cara membuat lemang yaitu dengan menggunakan beras ketan yang digulung dengan daun pisang, lalu dimasak dengan sepilah bambu. Citarasa yang tersaji pun begitu khas dengan adanya rasa pedas, asam dan manis menjadikan makanan lemang sebagai primadona bagi para penduduk sekitar.

4. BANGAMAT
Jika anda tertarik dengan makanan yang bernuansa extrem atau tidak biasa, anda bisa menemukan nya di daerah kalimantan tengah makanan tersebut bernama bangamat. Bangamat sendiri adalah makanan yang berkuah seperti soto yang terbuat dari bumbu bumbu khusus dan daging kelelawar, citarasa bangamat sendiri sangat lah maknyus dengan rasa lebih dominan pedas gurih yang akan menambah selera makan anda.

5. TERONG MAPUI
Makanan khas dari kalimantan tengah selanjutnya adalah terong mapui, terbuat dari bahan dasar terong yang cukup besar lalu di campur dengan rempah rempah pilihan khas dari pulau kalimantan, menjadikan makanan ini sebagai salah satu makanan favorit bagi para pengunjung luar daerah kalimantan, karna memang citarasa yang tersaji sangatlah enak, gurih nya terong mapui pun sudah banyak di akui oleh para pengunjung yang sudah mencicipinya.

6. KALUMPE
dan makanan khas dari provinsi kalimantan tengah yang terakhir adalah kalumpe, secara bentuk nya makanan yang satu ini sangat mirip dengan masakan sayur daun singkong yang sudah sering kita temui di berbagai daerah di indonesia. Tetapi, cara mengolah kalumpe berbeda yaitu dengan cara, daun singkong yang ditumbuk hingga halus lalu di satupadukan dengan bahan dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, serai dan juga lengkuas, dan di racik langsung oleh penduduk asli dari kalimantan tengah.

Yaaa itu tadi sedikit contoh makanan yang merupakan makanan khas dari kalimantan tengah yang memiliki citarasa lezat dan pastinya memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, sebenarnya masih banyak sekali makanan atau sajian kuliner khas dari provinsi kalimantan tengah yang tidak kalah menarik dan pastinya enak jika di nikmati.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus