Tuesday, 12 May 2020 Dekorasi
10 Aplikasi Desain Rumah PC yang Cocok Untuk Pemula

Kamu yang berprofesi sebagai arsitek atau design interior pasti membutuhkan aplikasi desain rumah PC untuk kebutuhan kerja. Berbeda dengan dahulu ketika menggambar design rumah, mereka menggunakan kertas dan menggambar secara manual design rumah atau bangunan. Kini berbagai aplikasi design rumah untuk PC dan Laptop telah hadir memudahkan pekerjaannya. Seiring berkembangnya teknologi dan zaman, kini untuk mendesain rumah, kamu bisa menggunakan software. Kamu bisa merancang dengan format 2D dan 3D dengan menggunakan software-software tersebut.

Untuk kamu yang baru saja ingin memulai menggunakan aplikasi design rumah, tidak ada salahnya mulai mencoba dan belajar menggunakannya. Namun tentunya kamu pasti bingung karena banyaknya aplikasi design rumah yang hadir. Untuk itu kami akan memberikan rekomendasi 10 aplikasi design rumah PC untuk kamu coba. Sebelum itu, kami akan memberikan tips dalam memilih model dan desain rumah minimalis agar tidak salah pilih. Cekidot!

Tips Memilih Aplikasi Desain Rumah PC Offline

Ada banyak sekali aplikasi desain rumah offline yang tersedia dan dapat digunakan pada perangkat komputer / PC. Supaya kamu tidak salah pilih, simak tipsnya.

  • Pilih Aplikasi Populer

Tips pertama yaitu pilihlah aplikasi design yang populer. Biasanya aplikasi desain rumah PC offline yang populer merupakan aplikasi yang sering digunakan karena cara menggunakannya mudah. Aplikasi yang populer memang dianggap yang terbaik, karena bukan hanya terkenal, melainkan juga memiliki banyak hal yang kemungkinan besar dapat memudahkan pekerjaan kamu dalam mendesain rumah.

  • Pilih Aplikasi yang Menyediakan Fitur Lengkap

Tips kedua yaitu cari aplikasi yang menyediakan fitur lengkap karena aplikasi yang menyediakan fitur lengkap akan membuat pekerjaan kamu menjadi mudah dan efisien. Nanti kami akan jelaskan pada fitur 10 aplikasi desain rumah terbaik di bawah.

  • Pilih Aplikasi Berkualitas Terbaik

Aplikasi desain rumah yang terbaik pasti akan memberikan hasil desain yang tidak mengecewakan, yakni desain dengan warna yang jelas, mampu memberikan gambar yang tidak pecah-pecah ketika di-zoom, dapat disimpan ke dalam bentuk format apapun (gif, jpg, png, dll) serta tidak terjadi masalah ketika kamu menggunakan aplikasi tersebut.

  • Pilih Aplikasi Sesuai Kebutuhan

Tips terakhir yaitu pilihlah aplikasi sesuai kebutuhan. Ini bertujuan agar aplikasi sesuai dengan kemampuan kamu saat membuatnya. Karena jika kamu belum mahir dan menggunakan aplikasi untuk professional, maka yang terjadi kamu akan bingung menggunakan aplikasi tersebut.

Tanpa basa-basi lagi, berikut kami informasikan rekomendasi 10 aplikasi desain rumah terbaik untuk PC yang bisa kamu gunakan bahkan untuk pemula. Berikut rekomendasinya.

  1. ArchiCAD

Aplikasi desain rumah PC rekomendasi pertama adalah ArchiCAD. Software satu ini bisa dikatakan aplikasi yang memiliki fitur lengkap. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mendesain rumah atau bangunan dengan format 2D ataupun 3D. untuk kamu mahasiswa jurusan arsitektur, kamu bisa mencoba aplikasi ini karena aplikasi ini cukup mudah digunakan. Akan tetapi aplikasi ini juga cocok untuk arsitektur yang sudah mahir karena fiturnya mudah digunakan.

  1. AutoCAD Architecture

Aplikasi desain rumah PC yang kedua ini merupakan aplikasi ternama yang digunakan oleh banyak arsitek. Alasan aplikasi ini banyak digunakan oleh arstitek karena interfacenya sangat sederhana dan dapat dimengerti dan mudah digunakan bahkan pemula sekalipun. Untuk itu kamu bisa mencoba aplikasi ini secara gratis dan mencoba versi trial sebelum membeli aplikasi ini karena harga full versi aplikasi ini cukup mahal.

  1. Chief Architect

Aplikasi desain rumah PC selanjutnya adalah sebuah software profesional bernama Chief Architect. Walaupun banyak penggunanya menggunakan software ini untuk mendesain ruangan atau bangunan dengan format 3D, perangkat lunak ini juga digunakan dalam format 2D. Salah satu keunggulan dari software ini adalah fitur otomatis yang memudahkan proses mendesain dengan lebih cepat. Apabila kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa mencobanya dengan mengunduh versi trialnya. Atau apabila kamu ingin mendapatkan versi fullnya, kamu bisa membelinya dengan harga $200.

  1. Vectorworks Architecture

aplikasi Vectorworks Architecture adalah sebuah aplikasi yang bisa membantu design bangunan atau rumah dengan sangat detail. Untuk itu jika kamu mencari aplikasi design rumah dengan tingkat kedetail tinggi, kamu bisa mencoba aplikasi ini. Tentu saja aplikasi ini diperuntukan bagi desainer atau arsitek profesional. Dibalik kerumitan dan kedetilannya, Vectorworks akan membantu kamu mendapatkan hasil terbaik dan sempurna. Bagi kamu yang mau mencoba, kamu bisa mendownload versi trialnya selama sebulan.

  1. SketchUp

Bagi sebagian orang yang menggeluti dunia design rumah pasti sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Ya SketchUp adalah aplikasi terkenal karena perusahaan besar Google telah membeli hak cipta aplikasi ini. Software ini memiliki interface yang sederhana dan mudah dimengerti sehingga pengguna dapat mendesain 3D dengan lebih cepat. Bagi kamu yang masih mahasiswa dibidang arsitek ataupun desain interior, kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini sangat ramah sekali dengan pemula.

  1. Virtual Architect Ultimate Home Design

Software untuk mendesain rumah selanjutnya adalah Virtual Architect Ultimate Home Design. Aplikasi desain rumah PC satu ini membantu kamu dengan memberikan referensi beberapa ide desain rumah untuk kamu yang sedang mencari inspirasi. Dan juga aplikasi ini menyediakan toturial dan cocok untuk kamu sebagai pemula yang ingin mulai belajar mendesign rumah di PC atau laptop.

  1. Planner5D

Aplikasi design rumah selanjutnya yaitu Planner5D, ya sesuai namanya aplikasi ini bisa mendesign dan mendekor rumah dengan efek 5D yang memanjakan mata. Nah aplikasi ini juga bisa kamu unduh secara gratis untuk pengguna windows atau PC loh menarik sekali bukan? Yang kamu butuhkan hanya koneksi internet untuk membukanya. Bagi kamu pengguna iOS atau Android, kamu bisa mendownload aplikasi ini via AppStore atau Play Store.

  1. Revit Architecture

Revit Architecture adalah aplikasi desain rumah yang memiliki fitur yang lumayan lengkap. Hal ini karena Revit Architecture adalah software berbasis informasi yang mana ketika kamu mendesain perangkat lunak ini akan menginformasikan secara otomatis ke proyek yang kamu kerjakan. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini dengan gratis untuk versi betanya.

  1. Microstation

Aplikasi desain rumah selanjutnya adalah Microstation. Aplikasi ini sangat kami rekomendasikan juga untuk kamu gunakan yang ingin belajar atau pemula dalam hal aplikasi design rumah PC karena sangat mudah digunakannya. Namun ada kekurangan dalam aplikasi ini karena kompabilitasnya yaitu kamu tidak bisa membuka file dengan format AutoCAD ketika menggunakan aplikasi ini. Namun aplikasi ini bisa kamu ulik secara otodidak karena kemudahan penggunaanya.

  1. Softplan

Aplikasi design rumah terakhir yaitu Softplan. Aplikasi ini juga cocok untuk kamu gunakan sebagai pemula karena selain fitur lengkap, aplikasi ini juga tersedia informasi yang memberikan dokumentasi proyek yang sedang kamu kerjakan dengan lengkap. Kamu bisa mendesain rumah dengan format 3D dengan menggunakan Software. Akan tetapi software ini tidak gratis dan untuk menggunakan aplikasi ini kamu butuh untuk berlangganan setiap bulan yang biaya perbulannya sebesar $95.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi design rumah PC yang bisa kamu coba sebagai pemula. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, sebagai pemula kamu bisa mencoba aplikasi desain rumah yang mempunyai free trial untuk belajar agar ketika kamu mencoba aplikasi untuk professional, kamu sudah mahir dan tidak bingung saat menggunakannya. 

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus