Tuesday, 12 May 2020 Tetap Bugar
Merasa Lelah Setelah Berpuasa? Inilah Makanan dan Minuman Yang Baik Saat Berbuka

Tak terasa kini sudah memasuki bulan Ramadhan yang suci ini. Tentunya di bulan Ramadhan ini kita sebagai muslim diharuskan untuk berpuasa satu bulan penuh. Adapun beberapa pengecualian dalam syarat wajib puasa Ramadhan seperti saat sedang sakit, sedang haid (untuk wanita), dan sedang berpergian. 

Saat berpuasa tentunya kita harus memiliki asupan makanan dan minuman yang baik untuk mengganti energi seharian penuh, dalam artikel ini kami akan memberikan rekomendasi makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Tak perlu berlama-lama mari kita simak apa saja makanan dan minuman tersebut dibawah ini : 

Makanan dan Minuman Yang Baik Untuk Berbuka Puasa

Ketika berbuka puasa pertama kali untuk banyak cairan, rendah lemak, makanan kaya cairan dan makanan yang mengandung beberapa gula alami untuk energi (hindari mengkonsumsi banyak makanan atau minuman dengan tambahan gula). Di bawah ini adalah beberapa contoh-nya :

  • Minuman – air, susu, jus buah atau smoothie – air memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman yang berbahan dasar susu dan buah menyediakan gula dan nutrisi alami – ini juga baik untuk berbuka puasa tetapi hindari minum terlalu banyak minuman dengan gula tambahan setelah berbuka puasa karena ini dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori pada tubuh.
  • Kurma – secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad, kurma adalah menu yang bagus untuk berbuka puasa karena mereka menyediakan gula alami untuk energi, menyediakan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan dan merupakan sumber serat. Anda juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau prem, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.
  • Buah – cara tradisional untuk berbuka puasa dalam budaya Asia Selatan, buah memberikan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin dan mineral.
  • Sup – tradisional di banyak negara Arab, Sup merupakan cara ringan untuk berbuka puasa yang memberikan cairan. Sup tradisional didasarkan pada kaldu daging dan sering mengandung kacang-kacangan, seperti lentil dan kacang-kacangan, dan makanan bertepung seperti pasta atau biji-bijian, yang menyediakan nutrisi dan juga energi untuk tubuh.

Setelah berbuka puasa – makanan bervariasi antara budaya dan tradisi yang berbeda tetapi cobalah untuk memastikan makanan yang Anda makan memberikan keseimbangan bagi tubuh anda, termasuk gandum, buah dan sayuran, makanan susu dan makanan kaya protein seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan, seperti yang ditunjukan pada rekomendasi diatas. Misalnya, Anda dapat memiliki berbagai kari termasuk ikan, daging, sayuran dan kacang-kacangan, disajikan dengan nasi, chapatti dan juga yogurt.

Setelah berpuasa lama, wajar jika Anda ingin mengobati diri sendiri, tetapi cobalah untuk menjaga jumlah makanan berlemak dan manis dan minuman manis yang Anda miliki dalam jumlah kecil. Ingatlah bahwa Anda hanya memiliki waktu yang relatif singkat setiap hari untuk makan dan minum untuk memberikan tubuh Anda semua nutrisi penting dan cairan yang dibutuhkan untuk menjadi sehat, sehingga kualitas diet Anda sangat penting selama Ramadhan.

Jika Anda bisa, begitu Anda memiliki kesempatan untuk mencerna makanan Anda, Anda bisa mencoba melakukan latihan ringan seperti berjalan-jalan. Jika Anda menghadiri sholat Taraweeh (doa malam hari khusus untuk bulan Ramadhan) di malam hari, mungkin Anda bisa berjalan sepanjang atau sebagian perjalanan ke sana.

Mohon Tinggalkan Komentar Di Bawah Ini
BAGIKAN KE: Teropongku.com WA Teropongku.com LINE Teropongku Twitter Google Plus